[SALAH] Video Kecelakaan Dua Pelajar Tergilas Bus di Cileungsi Bogor

Kanit Laka Lantas Polres Bogor, Ipda Ade Kamsa memastikan bahwa kabar tersebut adalah hoaks. Ade mengaku bahwa sejak video ini beredar, pihaknya langsung melakukan pengecekan di lokasi kecelakaan yakni di Jalan Raya Narogong, Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. “Kami sudah memeriksa pihak yang memiliki CCTV tersebut. Kejadiannya ternyata di bulan Maret 2018 lalu,” kata Ade

=====

Kategori: False Context

=====

Sumber: Media Sosial Facebook, dan Portal Daring

Chek and RichekPERISTIWAKecelakaan, 2 orang Meninggal di Gilas BusDua pelajar Wanita Berboncengan Mengalami Kecelakaan yang Merenggut Nyawanya.Kejadian hari ini di Bekasi arah jalan ke Cileungsi jam 11 siang tadi.

Người đăng: Animaziner Channel vào Thứ Ba, 26 tháng 2, 2019

Ngilu! Detik-detik Dua Pelajar Tergilas Bus di Jalan Cileungsi-Cianjur

Người đăng: tintahijau.com vào Thứ Hai, 25 tháng 2, 2019

http://www.tintahijau.com/megapolitan/peristiwa/15455-ngilu-detik-detik-dua-pelajar-tergilas-bus-di-jalan-cileungsi-cianjur

=====

Narasi:

Chek and Richek

PERISTIWA

Kecelakaan, 2 orang Meninggal di Gilas Bus

Dua pelajar Wanita Berboncengan Mengalami Kecelakaan yang Merenggut Nyawanya.

Kejadian hari ini di Bekasi arah jalan ke Cileungsi jam 11 siang tadi.

=====

Penjelasan:

Sebuah video memperlihatkan kecelakaan dua pelajar mengendarai sepeda motor dengan sebuah bus beredar di media sosial pada tanggal 26 Februari 2019. Dikatakan, peristiwa kecelakaan itu baru saja terjadi di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Dikatakan pula, kecelakaan itu merenggut korban jiwa. Dua pelajar yang berkendara dengan sepeda motor dikatakan meninggal di tempat.

Namun, informasi tentang kecelakaan itu tidak benar. Sebab, menurut Kanit Laka Lantas Polres Bogor, Ipda Ade Kamsa, kabar tersebut adalah hoaks.

Ade mengaku bahwa sejak video ini beredar, pihaknya langsung melakukan pengecekan di lokasi kecelakaan yakni di Jalan Raya Narogong, Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor. “Kami sudah memeriksa pihak yang memiliki CCTV tersebut. Kejadiannya ternyata di bulan Maret 2018 lalu,” kata Ade

Ia juga menerangkan, peristiwa kecelakaan pada Maret 2018 lalu tersebut juga tidak menimbulkan korban jiwa hanya luka-luka. Sepeda motor yang dikendarai oleh kedua pelajar tersebut masuk ke dalam kolong bus.

“Hanya motor yang rusak. Kalau pengendaranya selamat. Dan kasus ini tidak ditangani unit Laka Lantas. Jadi kami pastikan, video yang beredar bahwa ada kejadian baru adalah tidak benar,”ujarnya.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/845488105783726/

http://poskotanews.com/2019/02/26/viral-di-medsos-dua-pelajar-tewas-digilas-bus-ternyata-hoaks/

http://bogor.tribunnews.com/2019/02/26/beredar-video-mengerikan-dua-pelajar-terlindas-bus-di-cileungsi-polisi-pastikan-hoaks