[SALAH] “Kedatangan TKA dengan model rambut cepak”

Pelintiran konteks, yang sedang dilakukan oleh penumpang di video yang digunakan oleh post SUMBER adalah antri checkin di loket KEBERANGKATAN. Jika memang “datang” seperti yang disebutkan di narasi, seharusnya di terminal KEDATANGAN, bukan KEBERANGKATAN. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

http://bit.ly/2XpZA95 http://archive.today/CNjct, post oleh akun “Arida Nurwijayanti” (facebook.com/arida.nurwijayanti), sudah dibagikan 17.350 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Kedatangan TKA dengan model rambut cepak di Batam dan Suta sudah ditunggu dengan E-KTP Dan Vidio Tata Cara Memilih Paslon Presiden 2019-2024 Dengan Menggunakan Bahasa Mandarin.
Ini Bertanda Orang Luar Ikut Campur Menentukan dan Memilih Calon Presiden RI, Dan Apakah Ini ” WELLCOME INDOCHINA “
Kalian Pribumilah Jawabannya….”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Post SUMBER membagikan video penumpang yang sedang antri di loket KEBERANGKATAN.
  • Post SUMBER menambahkan narasi untuk memelintir dan membangun premis yang salah dari konteks video yang sebenarnya, jika memang DATANG seperti klaim yang dinarasikan seharusnya di terminal KEDATANGAN, bukan KEBERANGKATAN.

——

(2) Lokasi video yang digunakan oleh post SUMBER adalah Terminal 1 keberangkatan bandara Soekarno Hatta, salah satu artikel referensi: KOMPAS(dot)com: “Antrean Panjang di Konter Lion Air, “Check In” Sejam Sebelum Berangkat Dianggap Telat”, selengkapnya di http://bit.ly/2SqZ5be.

——

(3) Mengenai klaim “vidio tata cara memilih menggunakan bahasa mandarin”, Liputan6(dot)com: “Video ajakan mencoblos Jokowi-Ma’ruf Amin berbahasa mandarin ternyata tidak benar. Video itu tidak diproduksi oleh Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf.”, selengkapnya di http://bit.ly/2VmbNcW.

——

(4) Sumber foto yang digunakan oleh post SUMBER:

  • Merdeka(dot)com @ 10 Apr 2012: “1 Juta lebih penduduk Bandung segera pegang e-KTP”, selengkapnya di http://bit.ly/2T7aP84.
  • ANTARA News @ 10 Jun 2011: “BRI: Sistem “Online” Ungkap Pemalsu Dokumen Kredit”, selengkapnya di http://bit.ly/2H4mM6U.

======

REFERENSI

AFP Indonesia: “No, these images do not show Indonesian identity cards issued to Chinese guest workers”, selengkapnya di http://bit.ly/2Tiagap.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/845274409138429/