[BENAR] Klarifikasi Terkait Isu Kelangkaan Gas LPG 3 Kg di Bangka Belitung

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Bangka Belitung (Babel) memberikan klarifikasi terkait isu kelangkaan gas LPG 3 Kg di daerah Babel. Kepala Disperindag Babel Sunardi mengatakan tidak ada laporan dari masyarakat tentang kelangkaan gas, apalagi pihaknya juga memiliki tim pengawas yang terus menerus melakukan pemantauan terhadap beberapa komoditas strategis kebutuhan masyarakat, termasuk gas Elpiji.

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Isi Klarifikasi Lengkap:

Atas beredarnya isu telah terjadi kelangkaan pasokan gas LPG 3 Kg di Bangka Belitung (Babel), pihak Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Babel pun memberikan klarifikasinya. Kepala Disperindag Babel Sunardi mengatakan tidak ada laporan dari masyarakat tentang kelangkaan gas, apalagi pihaknya juga memiliki tim pengawas yang terus menerus melakukan pemantauan terhadap beberapa komoditas strategis kebutuhan masyarakat, termasuk gas Elpiji.

“Tidak ada kendala di lapangan, itu yang sudah kami lakukan oleh teman-teman yang ada di lapangan yang setiap hari melakukan pengawasan dan katanya sudah ada penambahan kurang lebih 30.000 tabung gas Elpiji tiga kilogram,” kata Sunardi

Perihal kuota gas LPG 3 Kg di Babel, Sunardi menyebutkan, pihaknya hanya bertugas mengawasi distribusi gas, sedangkan untuk alokasi kuota bukan kewenangan dinasnya. “Soal kouta itu ESDM yang tau, kami enggak mengatur. Kami hanya mengawas dari sisi pendistribusian perdagangan,” ucapnya.

Sunardi menyatakan, jika pun ada kelangkaan yang disebabkan ulah dari spekulan, maka pihaknya akan memberi sanksi tegas sesuai aturan yang berlaku. “Kalau pun ada kelangkaan, mungkin karena faktor cuaca. Namun jika ada pelanggaran kita hanya memberikan teguran kepada mereka yang nakal, untuk proses hukum itu ranahnya penegak hukum,” pungkasnya.

Senada dengan Sunardi, Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Yan Megawandi. Ia mengaku belum mendengar soal kelangkaan gas Elpiji yang terjadi di Bangka Belitung, namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung tetap akan menurunkan tim untuk melakukan pemantauan ke lapangan.

“Selain Pertamina, kita punya tim juga dan belum tahu mekanisme seperti apa yang kemarin menyebabkan ada informasi kelangkaan gas Elpiji tiga kilogram tersebut,” kata Yan.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/844970922502111/

https://www.beritasatu.com/nasional/540009-disperindag-bangka-belitung-bantah-kelangkaan-gas-elpiji-tiga-kilogram.html

http://bangka.tribunnews.com/2019/02/25/kadisperindag-babel-klaim-tak-ada-kelangkaan-gas-lpg-3-kg

https://kumparan.com/babelhits/disperindag-babel-bantah-kelangkaan-gas-melon-1551091679892946756