[SALAH] Tangkapan Layar Artikel “Web KPU Diretas, Temuan Mengejutan!! Jokowi Angkat Isu PKI”

Tangkapan layar yang digunakan oleh cuitan SUMBER adalah hasil suntingan, VIVA tidak pernah membuat artikel seperti yang diklaim. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2DYC8rP & http://bit.ly/2ULxIdc (threaded posts), cuitan oleh akun “JokowiMa’rufUntukNKRI” (twitter.com/HasoloanManuru1).

======

NARASI

“Baca lengkapnya nih”.

“Ramai-ramai website KPU diretas akun oposisi (
@opposite6890
)
Bener ga ya ini? yg bersangkutan sih udah bilang bukan dia, tapi kita ga bisalah kita percaya gitu aja sama kubu mereka.

#KPUTakAman

#KPUDiretas

#HoaxKPUTakAman

#OrangBaikDukungJokowi”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

  • Cuitan SUMBER menggunakan gambar tangkapan layar yang sudah disunting.

——

(2) Hasil pemeriksaan:

  • http://bit.ly/2TyyIkQ, hasil indeks situs VIVA di 6 Februari 2019. Tidak ada artikel di jam 05:06.
  • http://bit.ly/2RKeLGa, hasil pencarian menggunakan kata kunci “Situs resmi milik komisi pemilihan umum (kpu) telah diretas seseorang. Hasil dari tindakan peretasan tersebut pun juga mengejutkan”. Tidak ada situs berita yang memuat artikel seperti yang diklaim oleh SUMBER.

——

(3) Klarifikasi dari VIVA: “VIVA Dicatut untuk Cuitan ‘Web KPU Diretas'”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2ShA4UG VIVA: “VIVA Dicatut untuk Cuitan ‘Web KPU Diretas’

Renne R.A Kawilarang
Rabu, 6 Februari 2019 | 15:39 WIB

(foto tangkapan layar)
Photo :Twitter/@HasoloanManuru1
Cuitan hoax yang mencatut logo VIVA

VIVA – Senin siang, Rabu 6 Februari 2019, muncul cuitan di Twitter dari akun @HasoloanManuru1 yang menampilkan tautan sebuah berita seolah-olah berasal dari platform situs VIVA dengan judul “Web KPU Diretas, Temuan Mengejutan!! Jokowi Angkat Isu PKI”.

Tautan dengan judul demikian seolah-olah dimuat di situs VIVA pada Rabu 6 Februari 2019 pukul 05.06 WIB. Namun jika dicermati, ada perbedaan penulisan format tanggal penayangan. Format tanggal dan bulan dalam cuitan tersebut ditulis 06 Febuari 2019. Sementara untuk tanggal di bawah 10, VIVA tidak pernah mendahului dengan angka 0 (nol), sedangkan untuk penulisan bulan, bukan Febuari melainkan Februari.

Redaksi VIVA menyatakan, VIVA tidak pernah memuat artikel dengan judul “Web KPU Diretas, Temuan Mengejutan!! Jokowi Angkat Isu PKI”, seperti yang ditampilkan di cuitan itu. Baik dalam sistem internal maupun indeks di situs web VIVA, tidak ada judul artikel demikian pada Rabu 6 Februari 2019 pukul 05.06 WIB.

(cuitan di https://twitter.com/HasoloanManuru1/status/1093031247172038656)

(cuitan di https://twitter.com/HasoloanManuru1/status/1093035422614241281)

Dengan demikian, tidak benar VIVA memuat artikel tersebut. Selain itu, artikel juga tidak sesuai dengan standar jurnalistik yang diterapkan VIVA.

Bisa dipastikan artikel yang beredar tersebut merupakan ulah pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan logo dan format platform mirip dengan yang dipakai VIVA untuk maksud tertentu. (umi)”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/832750543724149/