[SALAH] Foto Spanduk “KAMI OPTIMIS PAK JOKOWI TAK AKAN BOHONG DAN INGKAR JANJI LAGI”

Foto yang tersebar merupakan hasil editan. Foto aslinya merupakan foto sembilan Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Politik (Parpol) koalisi pengusung Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Paslon Presiden dan Wapres) Nomor Urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, saat mendaftarkan paslon tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Agustus 2018.

=====

Kategori: Manipulated Content/Konten yang Dimanipulasi

=====

Sumber: Pertanyaan Anggota FAFHH (@Dina Yulianti) dan Media Sosial Facebook

Auto NGAKAK!😜😜😜😜😜

Người đăng: Sutan Dicaprio vào Thứ Hai, 28 tháng 1, 2019

Keren yah warganett, tulisanya..versi cebi..😎🙊 nyomot dari sebelah, yah semoga saja sih valid,bukan editan…..

Người đăng: Awit Maulana vào Thứ Hai, 28 tháng 1, 2019

https://www.facebook.com/groups/1901688366513686/permalink/2600698739945975/

Pantas Rocky Gerung… habis"an bilang DUNGU terus, dari tulisan yg ada di foto di bwh ini.. yg dengan tulisan warna…

Người đăng: Dharadjat Gumi vào Thứ Bảy, 2 tháng 2, 2019

Yg namanya dungu, akan selalu dungu. Setinggi apapun sekolah kalian, kedunguan tdk bisa di hilangkan.Sebab institusi sekolah hanya untuk memberantas kebodohan bukan kedunguan.

Người đăng: Lay Wongso vào Thứ Ba, 5 tháng 2, 2019

=====

Narasi:

1) Auto NGAKAK!😜😜😜😜😜

2) Keren yah warganett, tulisanya..versi cebi..😎🙊 nyomot dari sebelah, yah semoga saja sih valid,bukan editan.. 😁😁😁🙏

padahal kalau dari kosa kata..” kami optimis pak jokowi tak akan bohong dan ingkar janji lagi.” itu secara tersirat sedang mengakui kalau selama priode pertama ini pak jokowi itu…” bohong dan ingkar janji. ” 🙊😱

#2019GANTIPRESIDEN

#PilpresJujur

👆👆👆👆

3) Cebong mengakui selama ini nyata… Emg IQ kami sekolam apa ? Sekali bohong kami tak percaya apalagi srg dibohongi

4) Pantas Rocky Gerung… habis”an bilang DUNGU terus, dari tulisan yg ada di foto di bwh ini.. yg dengan tulisan warna merah mengatakan:

KAMI OPTIMIS

PAK JOKOWI TAK AKAN BOHONG

DAN INGKAR JANJI LAGI

dasar bener” DUNGU !!! berarti selama ini Mukidi mengakui bhw dia SELALU BOHONG DAN INGKAR JANJI TERUS wkwkwkwk bener” dungu dah !!

5) Yg namanya dungu, akan selalu dungu. Setinggi apapun sekolah kalian, kedunguan tdk bisa di hilangkan.

Sebab institusi sekolah hanya untuk memberantas kebodohan bukan kedunguan.

=====

Penjelasan:

Postingan dengan foto beberapa orang tengah memegang spanduk bertuliskan “KAMI OPTIMIS PAK JOKOWI TAK AKAN BOHONG DAN INGKAR JANJI LAGI.” Foto tersebut dibagikan sejumlah akun.

Melalui penelusuran Google Reverse Image, diketahui bahwa foto tersebut merupakan hasil editan dari foto sembilan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Politik (Parpol) pengusung  Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Paslon Presiden dan Wapres) Nomor Urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, saat mendaftarkan paslon tersebut ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Agustus 2018.

Adapun, kesembilan Sekjen itu ialah Hasto Kristiyanto (PDIP), Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP), Johnny G Plate (NasDem), Herry Lontung Siregar (Hanura), Ahmad Rofiq (Perindo), Verry Surya Hendrawan (PKPI), Raja Juli, Antoni (PSI), dan Abdul Kadir Karding (PKB yang kemudian sekarang sudah diganti Hanif Dhakiri).

Berikut pemberitaan dari detik.com mengenai sembilan sekjen parpol pengusung Jokowi-Ma’ruf saat mendaftarkan paslon mereka:

[…] Jokowi sampai Sekjen Koalisi Kompak Bergaya Moge

Jakarta – Para sekjen Koalisi Indonesia Kerja (KIK) menunjukkan kekompakan dalam beberapa kesempatan di depan publik. Kali ini sembilan sekjen KIK kompak bergaya moge mengikuti capres usungannya, Joko Widodo (Jokowi).

Kekompakan mereka ditunjukkan saat mendatangi gedung KPU, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018), untuk menyerahkan dokumen Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin untuk Pilpres 2019. Gaya para sekjen ini ditunjukkan setelah Jokowi menunggangi moge pada pembukaan Asian Games 2018, Sabtu (18/8).

Kesembilan sekjen KIK tidak mau kalah dengan Jokowi, yang saat pembukaan Asian Games mengenakan jas dan kemeja berdasi. Mereka juga ikutan ber-outfit formal dengan setelan kemeja putih dan dasi merah.

Saat menyambangi gedung KPU, terlihat Sekjen PKB Abdul Kadir Karding yang mengendarai sendiri motornya. Delapan sekjen lainnya, yakni Hasto Kristiyanto (PDIP), Lodewijk Freidrich Paulus (Golkar), Arsul Sani (PPP), Johnny G Plate (NasDem), Herry Lontung Siregar (Hanura), Ahmad Rofiq (Perindo), Verry Surya Hendrawan (PKPI), dan Raja Juli, Antoni (PSI) diboncengkan.

Moge-moge yang mereka tunggangi berharga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Sebut saja Kawasaki Z800, Ducati Monster 795, Ducati Hyperstrada/Hypermotard 821, Suzuki GSX R-1000, Kawasaki Er-6N, hingga Kawasaki Versys.

Hasto mengungkapkan alasan menaiki moge ke gedung KPU. Salah satu alasan menggunakan moge ini adalah mengikuti tren saat ini. Ide ini tercetus dari Johnny selaku sekjen NasDem.

“Ya riang gembira kita bersama-sama dan ini kan juga tren, tentang motor ini menjadi tren nasional dan kita mengikuti itu. Tapi Pak Johnny G Plate ini yang kemarin punya gagasan-gagasannya,” ujar Hasto.

Nah, selain itu, ternyata Jokowi memiliki relawan yang khusus menangani moge. Nama relawannya adalah Jokowi Riders.

“Kami juga punya relawan yang khusus menangani ini (moge), yaitu relawan Jokowi Riders,” ujar Hasto.

“Sehingga mereka mengorganisir desain kendaraan roda dua dengan berbagai merek untuk menampilkan mobilitas pergerakan dari rakyat itu sendiri,” kata Hasto.

Ini bukan kali pertama sembilan sekjen koalisi Jokowi berpenampilan kompak. Pertama kali mereka kompak mengenakan sneakers saat bertemu dengan Jokowi di Bogor, kemudian kompak berkemeja putih saat rapat di Posko Cemara. […]

Berdasarkan hal itu, maka foto editan itu masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi. Sebab, foto asli diedit sehingga makna sebenarnya dari foto itu berubah.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/832735140392356/

https://www.suara.com/news/2018/08/20/163445/berdasi-merah-dan-naik-moge-timses-jokowi-maruf-amin-ke-kpu

https://www.liputan6.com/pilpres/read/3641385/timses-jokowi-maruf-amin-terus-rampungkan-struktur-tim-kampanye-daerah

https://news.detik.com/berita/d-4175271/jokowi-sampai-sekjen-koalisi-kompak-bergaya-moge/komentar