[SALAH] CNN Indonesia Buat Berita Berjudul ‘SERTIFIKAT GANDA KERJA REZIM JOKOWI’

Berdasarkan penelusuran melalui mesin pencari, tidak ditemukan berita yang berjudul ‘SERTIFIKAT GANDA KERJA REZIM JOKOWI’ yang ditayangkan CNN Indonesia. Foto yang digunakan dalam screenshot akun Facebook Suprapto ditemukan dalam berita lain yang ditayangkan CNN Indonesia dengan judul ‘Demo Tani: Reforma Agraria Bukan Sekedar Sertifikasi Tanah.’

=====

Sumber: Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Manipulated Content / Disinformasi

=====

Narasi :

“CNN INDONESIA

SERTIFIKAT GANDA KERJA REZIM JOKOWI
10 November 2018

Program Larasita Pemerintah Jokowi tentang Sertifikasi tanah untuk Masyarakat ternyata berbuntut kekecewaan dan Kemarahan warga di berbagai daerah di Indonesia, di Sumbawa, Sumatera, Sulawesi tengah dan NTT.

Pasalnya Sertifikat yang dibagikan adalah Sertifikat Bodong alias Palsu. Hal ini deketahui Warga setelah ada Wna Cina yang menguasai fisik Tanah tersebut dengan membawa bukti Sertifikat Juga dengan lokasi yang sama.

Jumlah Sertifikat yang tumpang tindih ini diperkirakan mencapai 15 ribu Sertifikat atas nama warga sekaligus atas nama Wna Cina illegal,” posting akun Facebook, Suprapto, Selasa (29/1).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook dengan nama akun Suprapto membuat postingan dengan membagikan screenshot berita media daring CNN Indonesia. Pada screenshot tersebut terdapat logo CNN Indonesia dengan judul berita ‘SERTIFIKAT GANDA KERJA REZIM JOKOWI’, tertanggal 10 November 2018 dengan tempelan foto aksi sekelompok orang yang memegang spanduk bertuliskan ‘INDONESIA DARURAT AGRARIA’.

Screenshot yang diposting tersebut ditambahkan dengan narasi berikut, “Gak akan pernah berhenti bohong sebelum jasad dikalang tanah”.

Namun setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencarian, tidak ditemukan judul berita ‘SERRTIFIKAT GANDA REZIM JOKOWI’ yang diberitakan CNN Indonesia.

Adapun kesamaan foto yang dilampirkan dari screenshot akun Facebook Suprapto, ditemui dalam pemberitaan CNN Indonesia dengan judul ‘Demo Tani: Reforma Agraria Bukan Sekedar Sertifikasi Tanah’ yang ditayangkan pada Rabu 27/09/2017.

Selain itu, temuan yang menarik adalah ketika disamakan hasil screenshot akun Facebook Suprapto dengan karakter tulisan berita CNN Indonesia cukup berbeda. Seperti tulisan judul berita dari screenshot akun Facebook Suprapto menggunakan huruf kapital semua, sementara di CNN Indonesia, penggunaan huruf kapital hanya dibuat diawal kata.

=====

Referensi:

1. https://www.facebook.com/prapto.prapto.79230/posts/2312038555738963
2. https://www.cnnindonesia.com/…/demo-tani-reforma-agraria-bu…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/832124487120088/