[SALAH] “orang Cina punya KTP Cilacap atas nama Karsono”

Sudah diperiksa oleh Kantor Imigrasi Cilacap, kartu identitas yang diserahkan adalah kartu ID (bukan KTP) dan nama yang bersangkutan bukan Karsono. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2Td6BYp, post oleh akun “Wahyu Dasuki” (facebook.com/wahyu.alipasha), sudah dibagikan 5.189 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(2) http://bit.ly/2CJkUNc, post oleh Page “Muslimina News” (facebook.com/musliminapress), sudah dibagikan 282 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

(1) “Ini kejadian di PLN PLTU Cilacap Bunton Adipala, orang Cina tidak bisa berbahasa Indonesia apalagi bahasa jawa Banyumasan tp punya KTP Cilacap atas nama Karsono, payah kie Camat dan Bupatine
Kalau bener2 terjadi…😭😭😭”.

——

(2) “Fenomena Unik: Evolusi Orang Indonesia

Ternyata sebagian dari warga negara Republik Indonesia, yang memiliki E-KTP, ada yang sudah lupa bahasa ibunya. Tidak lagi mahir berbahasa Indonesia atau bahasa daerahnya. Ini salah satu contohnya. Karsono namanya. Dari nama, kita tahu dia “orang Jawa”. Tapi, bagaimana Anda menyaksikannya?! Jangan-jangan dia bagian dari kerabat Anda. Ha ha … Perubahan bukan hanya dari aspek bahasanya. Bahkan dari fisiknya pun berubah pula. Sudah mengalami evolusi. Misalnya, matanya menjadi sipit. Atau, apakah evolusinya akan mengembalikannya ke wujud nenek moyangnya? Entahlah.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

  • Post-post SUMBER membagikan video tentang TKA yang ditegur petugas keamanan karena tidak mengenakan helm.
  • Post-post SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks sebenarnya dari video, yang diserahkan kartu ID tetapi dipelintir menjadi KTP. Selain itu memelintir konteks penyebutan nama “Karsono” yang tidak dipahami oleh yang bersangkutan, karena tidak bisa berbahasa Indonesia. Nama yang benar adalah Shan Licang, bukan Karsono.

——

(2) Tangkapan layar ketiga, sebagian halaman BAP hasil pemeriksaan oleh Kantor Imigrasi Cilacap. Selengkapnya di bagian REFERENSI.

——

(3) Foto keempat, foto dari cetakan dokumen Informasi Data Orang Asing.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2B1TeTS, salinan surat BAP hasil pemeriksaan.

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/824356197896917/