[SALAH] “Patung Ahok di museum lilin Madame Tussauds Hongkong”

Daur ulang disinformasi yang pernah beredar di 2017 lalu. Foto yang digunakan oleh post sumber adalah foto “Action Figure”, bukan patung lilin. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Salah.

======

SUMBER

(1) Pesan berantai Whatsapp.

——

(2) http://bit.ly/2AVYkRu, post oleh akun “Zen Assegaf” (facebook.com/zensom), sudah dibagikan 21.221 kali per tangkapan layar dibuat.

——

(3) http://bit.ly/2AVgh2w, akun-akun lain yang membagikan di Facebook.

======

NARASI

“AHOK Sang Saka Merah Putih

Patung Ahok di museum lilin Madame Tussauds Hongkong, sebagai salah satu gubernur terbaik dunia. Gubernur pertama yang dibuatkan patungnya di sana.

Bangsa Indonesia bangga punya Ahok (y)”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

Post SUMBER membagikan foto “Action Figure Ahok”, bukan patung lilin.
Post SUMBER menambahkan narasi yang tidak sesuai dengan konteks asli dari foto yang dibagikan, untuk membangun premis.

——

(2) Salah satu sumber foto, http://bit.ly/2FJ1DiL Tokopedia: “Ahok Action Figure 1/6 THE GOVERNOR”.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2FJXpaF detikNews: “Senin, 26 Feb 2018 10:22 WIB

Mendulang Rupiah dari Jualan Action Figure Ahok Hingga Gusdur

Trio Hamdani – detikFinance

(foto)
Foto: Trio Hamdani

Jakarta – Ada yang menarik dari gelaran Jakarta 14th Toys & Comics Fair 2018, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (25/2/2018) kemarin. Muncul action figure tokoh nasional, mulai dari Gubernur DKI Jakarta hingga Presiden Indonesia.

Pantauan detikFinance di salah satu booth pameran terpajang action figure yang sudah familiar di masyarakat. Dia adalah Abdul Rahman Wahid yang akrab disapa Gusdur hingga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Rickie Saputra salah satu tim Simbiosix Studio yang memproduksi figure tersebut mengatakan masing-masing tokoh rata-rata dihargai Rp 3 juta. Ukurannya 1/6 dari ukuran tokoh yang asli.

“Figur (ukuran) 1/6, sekitar Rp 3 jutaan. sekitar 30 cm-an,” kata dia kepada detikFinance di lokasi kemarin.

Namun usaha ini baru dirintis beberapa tahun. Dia mengatakan omzetnya belum seberapa. Jika dirata-rata sekitar Rp 10-20 juta dalam sebulan. Tapi jika ada tokoh publik yang sedang digandrungi di masyarakat, omzet bisa melejit tiba-tiba.

“Yang paling sold out saja itu pak Ahok harganya Rp 3 juta, sold out 100 pics dalam 2 bulanan, itu saja total sudah Rp 300 jutaan,” ujarnya.

(foto)
Foto: Trio Hamdani

Seluruh action figure yang dijual kata dia buatan tangan. Proses dari awal hingga siap dijual membutuhkan waktu sekitar 3 bulan.

“Kalau untuk masternya sendiri kan kita pakai digital sclupting, jadi 3D. 3D sendiri sebulan mungkin bisa bikin 2 sampai 3. Tapi masih dalam bentuk 3D. Sampai finishing bisa 2-3 bulan prosesnya,” jelasnya.

Namun dirinya belum menjual figure Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pihaknya baru membuat sampel saja untuk mengetes respon pasar apakah tertarik atau tidak.

“(Action figure) Jokowi belum produksi, baru sample saja. Kita jual tergantung request sih. Ready stock jarang. Makanya kita di media sosial, ada yang suka baru kita produksi,” sebutnya.

(foto)
Foto: Trio Hamdani

Ada pula tokoh-tokoh ternama lainnya, seperti Presiden dan Wakil Presiden pertama Indonesia yakni Soekarno dan Mohammad Hatta. Adapula Walikota Bandung Ridwan Kamil. Rencananya akan dibuat juga Walikota Surabaya Tri Rismaharini. (dna/dna)”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/822998574699346/