[SALAH] Simbol Jari Telunjuk dan Jempol adalah Dukungan Secara Tak Sadar dari Kampret untuk Jokowi

Simbol dua jari yakni telunjuk dan jempol yang biasa digunakan pendukung Prabowo – Sandi mempunyai arti tersendiri. Cawapres Sandi mengatakan jari telunjuk mempunyai arti tauhid dan jempol bermakna universal. Sedangkan Capres Jokowi yang bernomor urut 01, menggunakan jari jempol sebagai simbol kampanyenya.

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: False Context / Disinformasi

=====

Narasi :

“Tanpa kampret sadari mereka ikut mendukung jokowi 2 periode… Lanjut pret,” tulis akun Facebook Harris Ahmad (@harris.asing), Rabu (9/1).

=====

Penjelasan:

Akun Facebook atas nama Harris Ahmad (@harris.asing) menyebarkan meme dua jari yakni telunjuk dan jempol. Pada meme itu, jari jempol dituliskan angka 1, kemudian jari telunjuk dituliskan angka 2 dan periode, serta pola jari jempol dan telunjuk yang menyerupai huruf J diartikan sebagai Jokowi.

Selain meme itu, akun @harris.asing juga menambahkan narasi yang berbunyi “Tanpa kampret sadari mereka ikut mendukung jokowi 2 periode… Lanjut pret,” tulis akun Facebook Harris Ahmad (@harris.asing), Rabu (9/1).

Simbol dua jari yakni telunjuk dan jempol yang biasa digunakan oleh pendukung Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Prabowo Subianto – Sandiaga Uno disebut mempunyai makna tersendiri. Sandiaga menyebut jari telunjuk sebagai simbol tauhid, sementara jari jempol merupakan simbol universal.

“Tentunya simbol itu bisa satu dua. Saya juga pernah tertangkap begini juga (acungkan satu jari) karena simbol Tauhid. Ini (jempol) juga jadi simbol universal,” kata Sandi di Kebayoran Baru, Jakarta, Minggu (6/1/2018).

Sedangkan pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin juga mempunyai simbol jari sebagai tanda nomor urut 01 yang didapatnya. Simbol jari yang digunakan adalah jempol.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto mengatakan, posisi tangan dengan jempol terangkat dan jari sisanya ditekuk akan menjadi salam seluruh pendukung Jokowi-Ma’ruf. “Itu salam yang diperkenalkan dalam Rakernas tadi, salam jempol,” ujar Hasto, Minggu (28/10/2018).

Jokowi, lanjut Hasto, juga memperkenalkan ‘tos’ baru bagi sesama pendukung Jokowi. Jadi, apabila sesama pendukung Jokowi-Ma’ruf bertemu, salam yang digunakan adalah pertemuan antara tangan dengan posisi salam jempol. “Ini salam penuh sentuhan persaudaraan, bagaikan elemen utama untuk memenangkan, di mana ada parpol dan relawan yang menyatu, semua berjuang untuk kebaikan,” kata Hasto.

Di sisi lain diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan diduga melanggar aturan kampanye karena berpose dua jari—simbol capres dan cawapres nomor 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor akan memutuskan hasil rapat terkait pose dua jari oleh Anies pada sore ini.

=====

Referensi:
1. https://www.facebook.com/groups/hallopresiden/permalink/1067384586804540/
2. https://www.inews.id/…/pose-1-jari-bima-arya-sandi-t…/421837
3. https://nasional.kompas.com/…/jokowi-perkenalkan-salam-jemp…
4. https://www.merdeka.com/…/jokowi-perkenalkan-kampanye-salam…
5. https://news.okezone.com/…/bawaslu-putuskan-pose-dua-jari-a…