[BENAR] VIRAL FOTO TEBING ULUWATU BALI RETAK, PIHAK PENGELOLA BERIKAN KLARIFIKASI



Viral melalui media sosial, sebuah foto yang didalamnya nampak terlihat bahwa tebing Uluwatu Bali Retak. Melihat viralnya foto tersebut, pihak terkait pun akhirnya memberikan klarifikasi.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI: KLARIFIKASI

===

SUMBER: MEDIA DARING

===

NARASI:

Manajer Pengelola Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana: “Kami lihat sendiri di lapangan. Kondisi sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang terlihat di foto yang viral itu,”.

===

PENJELASAN: Viral melalui media sosial, sebuah foto yang didalamnya menunjukkan bahwa tebing di Pura Luhur Uluwatu tengah retak. Sontak foto tersebut membuat banyak masyarakat terkejut dan bertanya-tanya mengenai kebenaran hal tersebut. Foto yang beredar melalui media sosial itu terlihat diambil dari ketinggian yang menunjukkan Pura Uluwatu sehingga memperlihatkan sisi atas.

Melansir dari tempo.co, Manajer Pengelola Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana menyatakan bahwa apa yang nampak di foto tersebut sangat berbeda dengan kondisi di lokasi saat ini. Namun tidak dipungkiri jika rekatan memang benar-benar ada.

“Kami lihat sendiri di lapangan. Kondisi sebenarnya tidak sesuai dengan apa yang terlihat di foto yang viral itu,” ujar I Wayan Wijana di Badung, Bali, Rabu 9 Januari 2019. Di foto tersebut, menurut dia, tumbuhan di tebing tampak kering. Sedangkan kondisi saat ini, tebing ditumbuhi pepohonan yang subur secara alami.

Sebagai langkah antisipasi, pengelola objek wisata kawasan luar Pura Uluwatu mengatur pola persembahyangan saat pelaksaan ritual Piodalan di Pura tersebut

“Pura Uluwatu memang merupakan ikon wisatanya. Namun kami melarang wisatawan masuk ke pura dan yang kami tawarkan untuk pariwisata adalah kawasan luar Pura Uluwatu. Jadi keretakan ini juga tidak akan banyak berpengaruh pada sektor pariwisata,” ujarnya.

Terkait keretakan tebing tersebut, menurut Wayan Wijana, setiap tahun ada evaluasi yang dilakukan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Badung. Ada pula masterplan penataan kawasan Uluwatu yang telah dirancang.

Sementara Plt Sekretaris BPBD Provinsi Bali, Made Rentin menyebut bahwa retakan tersebut sudah lama ada dan belum diketahui penyebabnya. Made menambahkan, berdasarkan keterangan dari pemangku Pura Uluwatu, tidak terdapat penambahan peregangan pada retakan.

Made juga menambahkan, bahwa sudah pernah dilakukan penindakan dari pemerintah daerah dengan melakukan penambalan pada celah tebing. Namun masih terdapat sejumlah titik yang kurang ditambah sehingga retakan tersebut masih terlihat dengan jelas dari luar.

Sementara itu mengutip dari jawapos.com, Bendesa Adat Pecatu, Jro Sumerta bahwa Pemerintah Kabupaten Badung berencana akan menganggarkan dana sebesar Rp 29 Miliar untuk Pura Uluwatu. Dana puluhan miliar tersebut rencananya akan disiapkan untuk penataan ulang keseluruhan area Pura Uluwatu.

“Semua sudah pernah kami bahas. Termasuk perbaikan retakan tebung Pura Uluwatu. Mudah-mudahan penataan tahun ini berjalan,” pungkas Sumerta.

===

REFERENSI:

https://travel.tempo.co/read/1163649/viral-foto-tebing-pura-uluwatu-bali-retak-benar-tapi-salah

http://pesonanews.com/jawa/bali/pengelola-wisata-uluwatu-tanggapi-foto-tebing-retak/?utm_source=feedburner&utm_medium=twitter&utm_campaign=Feed:+pesonanews/yOYq+(Pesona+Belajar)

http://berita.dreamers.id/article/77305/jangan-panik-dulu-pahami-fakta-tentang-viralnya-tebing-pura-uluwatu-bali-yang-retak

https://hello.id/pengelola-wisata-uluwatu-tanggapi-foto-tebing-retak/

https://radarbali.jawapos.com/read/2019/01/09/112697/tebing-retak-badung-siapkan-dana-rp-29-m-untuk-penataan-pura-uluwatu