[SALAH] Foto Jari Membentuk Simbol “L” dari Kader PSI Bersama Relawan Jokowi, Disebut Mulai Stres

Politisi PSI, Gun Romli menyatakan beredarnya foto dirinya bersama relawan Jokowi dengan menunjukan simbol L melalui jari telunjuk dan jempol mempunyai arti lanjutkan 2 periode. Dan foto itu diambil sebelum pengundian nomor urut Capres serta Cawapres, pada 20 Agustus 2018.

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: Disinformasi

=====

Narasi :

“PARTAI SILIT ITEM MULAI STRESSSSS AKUT,” tulis akun Instagram @laskarjihad_prabowosandi, Kamis (27/12).

=====

Penjelasan:

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), baik nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, masing – masing mempunyai simbol jari untuk mewakili nomor urutnya. Seperti pendukung Jokowi – Ma’ruf yang menggunakan jari telunjuk atau jempol sebagai simbol nomor urut 01, dan Prabowo – Sandi yang menggunakan jari telunjuk sekaligus jempol untuk menandakan sebagai nomor urut 02.

Namun di media sosial tersebar foto salah satu kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Gun Romli dengan beberapa orang lainnya yang menunjukan simbol jari yang dipakai pasangan Prabowo – Sandi. Akun Instagram @laskarjihad_prabowosandi merespon foto ini dengan menilai PSI yang digawangi oleh Grace Natalie dan ikonnya Tsamara Amany, mulai stress. Berikut narasi lengkapnya:

“PARTAI SILIT ITEM MULAI STRESSSSS AKUT,” tulis akun Instagram @laskarjihad_prabowosandi, Kamis (27/12).

Gun Romli sendiri melalui akun Twitternya @GunRomli telah memberikan klarifikasi atas foto tersebut. Ia menyatakan foto tersebut artinya lanjutkan 2 periode untuk Jokowi. Dan foto itu diambil sebelum pengundian nomor urut yang dilakukan di KPU. Berikut narasi lengkapnya.

“Foto tanggal 20 Agustus 2018 bersama Relawan Jokowi itu Simbol L artinya Lanjutkan 2 Periode. (Tiba2 simbol Prabowo Sandi mirip dgn simbol ini) sekarang foto ini diframing Monaslimin buat nyerang | @muannas_alaidid,” tulis @GunRomli, Rabu (26/12).

=====

Referensi:
1.https://www.instagram.com/p/Br2QFBTH6ME/…
2. https://twitter.com/GunRomli/status/1077934454285361152
3. https://www.cnnindonesia.com/…/beda-gaya-jokowi-dan-prabowo…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/807723596226844/