[SALAH] Lingkaran Merah Di Tabung LPG Berubah Warna Hitam Penanda Tabung Akan Meledak

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Jateng DIY Andar Titi Lestari menjelaskan, lingkaran merah di tabung gas LPG merupakan sebuah standar SNI melambangkan bahwa benda tersebut mudah terbakar. “Lingkaran merah pada tabung gas LPG merupakan standar SNI yang melambangkan benda mudah terbakar,” terangnya.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/photo.php?fbid=345837246217916&set=a.105577876910522&type=3&permPage=1

https://www.facebook.com/resepmenuresto/posts/336221980442168

https://www.facebook.com/lailatul.hanafutri/posts/338237383623204

 

=====

 

Narasi:

 

1) Assalamu’alaikum wr wrb.

Selamat sore sahabat q.

 

Perlu Kita perhatikan :

Fungsi Lingkaran Merah Pada Tabung Gas.

Mungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja. Jika dugaan kamu seperti itu jawaban kamu salah besar ! lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG , lingkaran merah itu berfungsi untuk rambu rambu menandakan ledakan.. Bagai mana cara kerjanya ? simak penjelasan berikut.

 

Bila pada saat kamu memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor , yang perlu kamu lakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut , jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk di lepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung lpg sudah tidak aman ,dan kamu harus cepat cepat lari karena tabung akan segera meledak.

 

Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang di buat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.

 

Silahkan dishare buat teman yg lain semoga bermanfaat.

Aamiin ya Robbal’alamiin.

 

2) Fungsi Warna Lingkaran Merah Pada Tabung Gas

(Indikator Ledakan).

 

Mungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja.

Ternyata lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG, berfungsi sebagai rambu rambu ledakan pada tabung LPG.

 

Bagaimana cara kerjanya ?

Bila pada saat anda memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor yang perlu dilakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut, jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk dilepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung LPG sudah tidak aman, dan anda harus cepat-cepat menyelamatkan diri pergi sejauh mengkin karena tabung dalam kondisi status berbahaya.

 

Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang dibuat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.

 

Semoga Bermanfaat 🙏

 

3) Sekilas invo bagi pengguna gas LPG tlng di perhatikan.

👉 Fungsi Lingkaran Merah Pada Tabung Gas

Mungkin Anda mengira lingkaran merah yang terdapat di tengah tabung LPG itu hanya variasi warna saja atau desain warna tabung saja. Jika dugaan kamu seperti itu jawaban kamu salah besar ! lingkaran merah itu memiliki fungsi yang penting bagi pengguna LPG , lingkaran merah itu berfungsi untuk rambu rambu menandakan ledakan.. Bagai mana cara kerjanya ? simak penjelasan berikut.👇

Bila pada saat kamu memasak terjadi kebocoran gas dan api keluar dari selang yang bocor , yang perlu kamu lakukan adalah melihat lingkaran merah tersebut , jika lingkaran merah tersebut masih berwarna merah berarti tabung itu masih aman untuk di lepas regulatornya saat terjadi kebocoran gas untuk mematikan apinya, namun sebaliknya jika lingkaran merah itu sudah berubah warna menjadi warna hitam berarti tabung LPG sudah tidak aman ,dan kamu harus cepat cepat lari karena tabung akan segera meledak.

Nah seperti itulah fungsi lingkaran merah pada tabung LPG yang di buat oleh pertamina untuk keamanan pengguna.👍

Semoga Bermanfaat🙏

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Beredar informasi tentang fungsi lingkaran berwarna merah di tabung gas LPG. Menurut informasi tersebut, lingkaran warna merah itu merupakan indikator tabung akan meledak. Masih dalam informasi itu, disebutkan kalau warna merah berubah menjadi warna hitam maka tabung akan meledak.

 

Akan tetapi, PT. Pertamina membantah dan menyatakan bahwa informasi itu tidak benar. Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV Jateng DIY Andar Titi Lestari. Ia menjelaskan, lingkaran merah di tabung gas LPG merupakan sebuah standar SNI melambangkan bahwa benda tersebut mudah terbakar.

 

“Lingkaran merah pada tabung gas LPG merupakan standar SNI yang melambangkan benda mudah terbakar,” terangnya.

 

Andar pun menjelaskan, ada beberapa ciri disfungsi tabung gas LPG yang bisa diperhatikan. Pertama, tercium bau LPG menyengat. Lalu, terdapat bunga es pada titik kebocoran di tabung LPG. Ciri selanjutnya, terdengar bunyi mendesis pada regulator. Dan, muncul gelembung udara dari titik kebocorang jika diusap dengan air sabun.

 

Andar mengimbau kepada konsumen agar memastikan kondisi tabung baik saat dibeli. Selain itu, konsumen harus mengecek segel masih terkunci rapat.

 

“Kalau prtlu masukkan ke air, apakah ada gelembung udara tidak. Bila ada langsung tukarkan. Jadi pastikan penempatan tabung harus aman,” paparnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/798327457166458/

http://solo.tribunnews.com/2018/12/13/beredar-isulingkaran-tabung-hitam-di-lpg-sebabkan-ledakan-pertamina-mor-iv-jateng-diy-itu-hoaks

http://jateng.tribunnews.com/2018/12/13/pertamina-luruskan-hoax-soal-tabung-gas-elpiji-mudah-terbakar