[SALAH] Jembatan Gadog Bogor Ambruk

Debunk ini berisi bantahan informasi yang beredar di media sosial yang menyebut bahwa jembatan gadog bogor ambruk pada jam 4 sore kemarin. menanggapi hal tersebut Kasubbag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Ita Puspita Lena saat dikonfirmasi memastikan bahwa informasi yang beredar tersebut tidak benar alias hoaks.
“Tidak benar terjadi ambruknya jembatan gadog, benar saat itu terjadi hujan lebat dan angin kencang, hanya seng-seng saja yang jatuh namun bisa berdiri kembali,” ujar Ita saat dikonfirmasi.
Ita menegaskan sampai sekarang ini jembatan yang berada di Jalur Puncak tersebut masih berfungsi dengan normal dan berada dalam tahapan revitalisasi.

======

[KATEGORI]: HOAKS

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini warga Bogor dihebohkan dengan informasi yang beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa jembatan Gadog di jalur puncak, kecamatan megamendung Kabupaten Bogor ambruk pada jam 4 sore kemarin.

informasi berupa foto setelah kejadian itu tersebar di aplikasi whatsapp dan juga media sosial facebook.

Dalam foto itu menggambarkan kerusakan jembatan dan antrian panjang mobil menuju jembatan. Foto tersebut dilengkapi waktu kejadian dan keterangan tertulis bahwa jembatan Gadog ambruk akibat hujan lebat.

menanggapi hal itu, Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama, memastikan bahwa informasi yang beredar ini adalah hoaks.

“Itu hoaks. Terjadinya Jembatan Gadog ambruk itu tidak benar,” kata Hasby saat dikonfirmasi TribunnewsBogor.com, Sabtu (8/12/2018).

Senada dengan Kasatlantas Polres Bogor, Kasubbag Humas Polres Bogor Ajun Komisaris Polisi Ita Puspita Lena menegaskan bahwa informasi yang menerangkan bahwa Jembatan Gadog ambruk karena hujan lebat itu sama sekali tidak benar.

“Berita itu tidak benar. Itu hoax. Pada saat itu memang hujan lebat disertai angin kencang. Hanya seng-seng saja yang jatuh. Jembatan itu masih berfungsi,” kata Ita saat dikonfirmasi, Minggu (9/12).

Ita menyampaikan bahwa, hingga saat ini jembatan yang berlokasi di Jalur Puncak itu masih dapat digunakan dengan baik dan sedang proses perbaikan.

“Jembatan Gadog sedang perbaikan, ada penambahan badan jembatan Gadog,” jelas Ita.

======

REFERENSI:

http://bogor.tribunnews.com/2018/12/08/jembatan-gadog-puncak-bogor-disebut-ambruk-polisi-pastikan-hoaks

https://www.jawapos.com/hoax-atau-bukan/09/12/2018/foto-jembatan-gadog-ambruk-ternyata-hoax