[SALAH] “Hayo Nusron Kamu Bisa, Bawa Pasukan Banser”

“Catut JawaPos.com, Penyebar Hoax Pelintir Pernyataan Nusron Wahid”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2BYMiro, post ke grup “GERAKAN 2019 GANTI PRESIDENT” (facebook.com/groups/1023488111142308) oleh akun “Ali Muhammad” (facebook.com/profile.php?id=100024657002101), sudah dibagikan 284 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Hayo Nusron Kamu Bisa, Bawa Pasukan Banser”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

Situs JawaPos.com diambil tangkapan layar, disunting, dan ditambahkan narasi “Nusron Wahid Purnomo; Saya tidak terima Banser dilecehkan OPM, sayalah orang pertama di barisan depan bila di kirim ke Papua.”

——

(2) JawaPos(dot)com: “Catut JawaPos.com, Penyebar Hoax Pelintir Pernyataan Nusron Wahid”, selengkapnya di bagian REFERENSI.

——

(3) merdeka(dot)com: “Nusron Wahid: Kalau tak dukung Ahok apa kata dunia”, situs sumber foto asli. Selengkapnya di http://bit.ly/2L4jTTV.

======

REFERENSI

http://bit.ly/2RDh9iM, JawaPos(dot)com: “Catut JawaPos.com, Penyebar Hoax Pelintir Pernyataan Nusron Wahid

HOAX ATAU BUKAN 07 Desember 2018, 16:31:48 WIB | Editor: Ilham Safutra

(foto)
Ilustrasi (Kokoh Praba/JawaPos.com)

JawaPos.com – Nusron Wahid menjadi korban penyebaran hoax yang mencatut namanya. Dia disebut marah lantaran Banser dilecehkan OPM. Kabar palsu tersebut diunggah akun Facebook Dyan Alkarna (fb.com/dyan.alkarna) dengan cara merekayasa screenshot berita, kemudian diberi label JawaPos.com.

Berita palsu itu diberi judul Nusron Wahid Purnomo; Saya tidak terima Banser dilecehkan OPM, sayalah orang pertama di barisan depan bila di kirim ke Papua. Berita tersebut diberi tanggal 11 September 2018.

Tangkapan layar berita itu sebenarnya sudah mencurigakan. Nama tokoh GP Ansor yang sebenarnya hanya Nusron Wahid diberi embel-embel Purnomo. Saat ditelusuri, situs Jawapos.com sama sekali tidak pernah memuat berita seperti itu.

(foto tangkapan layar)
tangkapan gambar hoax (Facebook)

Melalui pelacakan sumber gambar, Dyan akhirnya ketahuan mencomot foto Nusron Wahid yang sedang wawancara doorstop itu dari media situs Merdeka.com. Judul berita asli dari foto tersebut, Nusron wahid: kalau tak dukung Ahok apa kata dunia.

(*)”

======

Sumber: https://www.facebook.com/MafindoID/posts/1328628470610121, https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/793982467600957/