[BENAR] Klarifikasi BPN Prabowo – Sandi tentang Situs ‘KTP Prabowo’

Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandi, Andre Rosiade menerangkan bahwa situs ktpprabowo.com yang bermaksud menggalang dukungan untuk Capres Prabowo bukan buatan timses dan infonya berasal dari relawan. Dan Andre pun menyatakan BPN tidak bertanggungjawab terhadap mereka yang mendaftarkan diri jika nantinya datanya disalahgunakan.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“KTP Prabowo itu bukan dari BPN Prabowo-Sandi. Itu tidak resmi dari kami, tim sukses. Infonya dari relawan,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/11/2018).

=====

Penjelasan:
Sempat ramai di media sosial tentang situs ktpprabowo.com. Dalam keterangan situs tersebut, dijelaskan maksud pembuatannya untuk menghimpun dukungan kepada Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto.

Mereka yang ingin mendukung Prabowo dan mendapatkan Kartu Tanda Pendukung (KTP) Prabowo akan dimintai beberapa data. Seperti nama lengkap, nomor e-KTP, alamat tinggal, alamat email dan nomor telepon serta Whatsapp.

Selain permintaan data di atas, situs ktpprabowo.com juga mengajukan beberapa pertanyaan bagi yang berminat, yaitu apakah bersedia rumahnya dijadikan posko pendaftaran relawan atau menjadi saksi di TPS? Kemudian, apakah bersedia membiaya ongkos kirim kartu pada alamat yang dituju? Dan apa pilihan warna kartunya, biru tua, biru muda, pink, hijau tua, kuning, silver atau hitam?

Adanya situs ktpprabowo.com dengan kontennya yang sudah dijelaskan mendapat respon dari netizen di media sosial, diantaranya dari akun Twitter #RelawanProSandi Official (@RelawanProSandi) dan joe.sam (@joesam03).

Berikut respon yang diberikan @RelawanProSandi :

“#KTPPrabowo HOAX Pembuat situs : Yudi Cahya Perwira Alamat : http://KTPPRABOWO.COM Alamat entry : Permata Pemulang E19 No.1 Tangsel Website tsb tdk TERDAFTAR di BPN Yuks fokus #2019GantiPresiden #PrabowoSandi,” tulis akun @RelawanProSandi, Selasa (27/11).

Berikut Respon yang diberikan @joesam03 :

“Rezim sontoloyo, Genderuwo, Tukang Tabok pd panik smp nyebar fitnah kek gini.. Dah basi tuh gorengan.. Kaga perlu pake KTP Prabowo segala.. Cukup perbuatan kita ngedukung No.2 ama do’a yg kenceng ke Allaah.. Dah Itu Ajah.. Smp sini paham?? #2019PrabowoSandi #AdilMakmur #CBW,” tulis @joesam03, Senin (26/11).

Meski dikatakan hoaks oleh kedua akun tersebut, situs ktpprabowo.com yang masih dapat diakses saat tulisan ini dibuat, juga memberikan klarifikasinya. Situs ktpprabowo.com membantah jika keberadaannya untuk mendukung Prabowo dikatakan bohong atau hoaks.

“TENTANG BERITA HOAX KTP – PRABOWO. ID KTP Prabowo merupakan produk semacam gift yang berfungsi sebagai penanda pendukung prabowo. Dicetak dan dikeluarkan oleh inisiator gerakan Ganti KTP beserta orang-orang yang mendukung gerakan ganti ktp. Program ini murni dilakukan oleh pendukung Prabowo yang bertempat di DKI Jakarta. KTP Prabowo bukan saluran hoax seperti yang diberitakan sebelumnya. Ini adalah gerakan diluar struktur BPN ataupun Partai Koalisi tetapi masih dalam satu koridor pemenangan Prabowo. Kita semua mendukung Prabowo – Salam Prabowo Presiden,” tulis situs ktpprabowo.com.

Menanggapi isu ini, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo – Sandi, Andre Rosiade menerangkan bahwa situs ktpprabowo.com bukan buatan tim sukses (timses) dan infonya berasal dari relawan.

“KTP Prabowo itu bukan dari BPN Prabowo-Sandi. Itu tidak resmi dari kami, tim sukses. Infonya dari relawan,” kata juru bicara BPN Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, saat dimintai konfirmasi, Selasa (27/11/2018).

Andre mengimbau para pendukung yang mendaftarkan diri ke situs tersebut berhati-hati. Ia menyebut BPN Prabowo-Sandi tidak bertanggung jawab seandainya terjadi penyalahgunaan data di kemudian hari.

“Tentu pihak kami tidak bisa bertanggung jawab terhadap hal-hal yang terjadi jika seandainya data disalahgunakan. Karena itu tidak resmi,” ujar Andre.

=====

Referensi:
1. https://ktpprabowo.com/
2. https://twitter.com/RelawanProSandi/status/1067193764148535296
3. https://twitter.com/joesam03/status/1067014052969308161
4. https://news.detik.com/…/viral-ktp-prabowo-timses-prabowo-t…
5. https://www.suara.com/…/viral-situs-web-ktp-prabowo-andre-i…

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/789731428026061/