[SALAH] Video Balas Dendam Siswa Korban Bully

Video yang diklaim aksi balas dendam korban bully kepada teman satu sekolahnya ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut bagian dari serial American Vandal yang diproduksi Netflix. American Vandal merupakan serial satire yang meledek beberapa serial investigasi kriminal papan atas di Amerika Serikat, seperti True Crime.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/InternetFrontPage/videos/467268163795942/

https://www.facebook.com/della.rama.79/posts/872873609769898

 

=====

 

Narasi:

 

Seorang anak yang di bully satu sekolah , membalaskan ke teman2nya dengan memberi cairan laksatif kuda ke jus jeruk di sekolahannya , alhasil tai dimana2

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Video yang mempertontonkan peristiwa satu sekolah dilanda sakit perut massal sempat viral di bulan Oktober lalu. Dalam narasinya, disebutkan bahwa video itu merupakan kejadian balas dendam seorang anak kepada teman-teman satu sekolanya lantaran ia sering dibully. Dikatakan pula dalam narasi video tersebut, penyebab sakit perut masal tersebut adalah cairan laksatif kuda.

 

Faktanya, video tersebut bukanlah tentang aksi balas dendam seorang siswa korban bully. Video tersebut merupakan cuplikan adegan dari serial American Vandal: Season 2. Serial tersebut merupakan serial satire yang diproduksi oleh Netflix.

 

Sebagai serial satire, American Vandal bergenre mokumenter atau serial tv yang dikemas seolah-olah seperti hasil video dokumenter. Nyatanya, peristiwa yang ada dalam serial tersebut hanyalah hasil karya fiktif.

 

Bukti nyata bahwa video tersebut merupakan bagian dari serial American Vandal dapat dilihat dalam official trailler serial tersebut di Youtube. Beberapa adegan dalam video sumber dapat terlihat dalam cuplikan-cuplikan di trailler American Vandal: Season 2.

 

Melalui traillernya itu, dapat diketahui bahwa tema untuk American Vandal Season 2 itu ialah tentang “Turd Buglar.” Dikisahkan bahwa Turd Buglar merupakan pelaku yang meracuni makanan dan minuman di kantin suatu sekolah fiktif bernama St. Bernadine High School. Racun itu membuat seluruh siswa yang telah makan dan minum di kantin sekolah menjadi sakit perut atau diare dan ingin buang air besar.

 

Berikut cuplikan penjelasan tentang American Vandal: Season 2 yang dikutip dari express.co.uk:

 

[…] Is American Vandal season 2 based on a true story?

The short answer is no.

 

American Vandal is not based on a true story.

 

American Vandal is a satirical take on the huge genres that is True Crime.

 

It pokes fun at the overly serious tone of such series, with Making A Murderer and The Keepers being prime examples.

 

Season two follows the mysterious “Turd Burglar” who contaminates the food and drinks at the fictional St Bernadine High School, causing the pupils to all suffer from diarrhoea. […]

 

Berdasarkan hal itu, maka dapat disimpulkan bahwa klaim narasi video yang telah viral tidak benar. Dengan demikian, video tersebut masuk kategori disinformasi.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/772572639741940/

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3682060/cek-fakta-hoaks-video-murid-murid-buang-air-besar-di-lorong-sekolah

https://www.express.co.uk/showbiz/tv-radio/1018052/American-Vandal-season-2-is-it-based-on-a-true-story-satire-parody-documentary-Netflix

https://www.imdb.com/title/tt6877772/