[SALAH] UNDANGAN CFD MEMBIRU PRABOWO-SANDI

 

Beredar di media sosial undangan yang menyebut akan diadakannya acara pada hari minggu 28 Oktober 2018 di Bundaran HI Jakarta dengan tema CFD Membiru. Namun hal tersebut langsung mendapat bantahan dari pihak terkait yakni Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga.

Selengkapnya terdapat di penjelasan!

KATEGORI : HOAKS

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL

===

NARASI :

Undangan CFD Membiru

MINGGU, 28 OKTOBER 2018

TITIK KUMPUL : BUNDARAN HI JAKARTA

JAM : 6 PAGI

DRESSCODE

ATASAN BIRU, BAWAHAN BEBAS

[WARNA KREM JIKA ADA]

===

PENJELASAN : Beredar luas di media sosial undangan yang mengatasnamakan tim kemenangan Prabowo-Sandiaga. Dalam undangan yang beredar, disebutkan bahwa Minggu 28 Oktober akan dilaksanakan acara bertema CFD MEMBIRU di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Dalam undangan juga disebutkan agar para peserta datang dengan baju berwarna biru.

Melansir dari kompas.com, diketahui bahwa undangan yang tersebar itu adalah palsu alias hoaks. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Relawan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga, Ferry Mursyidan Baldan. Ferry menuturkan jika undangan tersebut adalah berita bohong alias hoaks.

Nggak ada, itu hoaks. Kan CFD ngga boleh dipakai untuk kegiatan politik itu kan ruang publik untuk rekreasi dan refreshing,” pungkasnya.

Senada dengan Ferry, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta dengan tegas mengatakan bahwa tidak diperbolehkan kegiatan berbau kampanye dan politik menghiasi Car Free Day (CFD). Pasalnya hal tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 12 Tahun 2016 tentang Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB). Menurutnya [ergub tersebutr secara tegas mengatur bahwa CFD hanya diperbolehkan untuk kegiatan olahraga, seni dan peningkatan kualitas udara.

Pihak Kepolisian melalui Dirlantas Polda Metro Jaya Komisaris Besar M yusuf mengatakan pihaknya belum melihat adanya izin dan pemberitahuan mengenai acara tersebut. Menurutnya hari di CFD pada hari minggu hanya ada kegiatan lomba lari Jakarta Marathon (Jakmar).

===

REFERENSI :

http://wartakota.tribunnews.com/2018/10/27/hoaks-kegiatan-cfd-membiru-prabowo-sandiaga-di-bundaran-hi

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/10/26/19494201/hoaks-undangan-cfd-membiru-prabowo-sandi-yang-disebar-di-medsos

https://kumparan.com/@kumparannews/tim-prabowo-sandi-acara-emak-emak-di-cfd-sudirman-hoaks-1540564408621626513