[SALAH] Peringatan Gempa & Tsunami Oleh Akun Bupati Bantaeng

Imbauan tentang akan terjadinya gempa dan tsunami di Bantaeng yang disebarkan oleh akun Facebook mengatasnamakan Ilham Azikin Solthan, Bupati Bantaeng, merupakan informasi yang tidak benar. Dilansir dari sindonews.com, rakyatku.com, dan tribunnews.com, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Bantaeng, Andi Sukmawati memastikan bahwa akun tersebut merupakan akun palsu dan Pemerintah Kabupaten Bantaeng tidak akan menyebarkan imbauan melalui akun yang tidak jelas. “Itu adalah akun palsu. Kami curigai itu akun yang dibuat orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas Andi.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Facebook

 

https://www.facebook.com/groups/1167523553334855/permalink/1907593962661140/

https://www.facebook.com/daeng.sanrejo.7

 

=====

 

Narasi:

 

Disampaikan kepada seluruh warga bantaeng, untuk meninggalkan area pesisir, karena tanda tanda gempa & tsunami sudah muncul, untuk info lebih lanjut!! Hubungi posko posko pemenangan PRABOWO SANDI.

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Sebuah akun mengatasnamakan Bupati Bantaeng, Ilham Azikin Solthan, menyebarkan imbauan bahwa akan terjadi gempa dan tsunami di daerah peisisr Kabupaten Bantaeng. Akun tersebut menggunakan foto Ilham saat menggunakan seragam KORPRI dengan lambang kenegaraan. Akan tetapi, pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng telah membantah bahwa akun tersebut milik Bupati Bantaeng.

 

Dilansir dari sindonews.com, rakyatku.com, dan tribunnews.com, Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pemkab Bantaeng, Andi Sukmawati memastikan bahwa akun tersebut merupakan akun palsu. Dia juga mengatakan, Pemkab Bantaeng tidak akan mengeluarkan imbauan melalui media sosial dengan akun yang tidak jelas.

 

“Itu adalah akun palsu. Kami curigai itu akun yang dibuat orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas Andi.

 

Untuk itu, Andi meminta kepada warga untuk tidak mudah percaya dengan informasi yang ada di media sosial. Menurut Andi, informasi itu harus melalui proses cek dan ricek untuk memastikan kebenarannya.

 

“Sebaiknya warga jangan mudah percaya dengan akun-akun yang mencatut nama Bupati Bantaeng. Ada baiknya melakukan cek dan ricek untuk memastikan kebenaran informasi itu melalui Humas Pemkab Bantaeng,” ujarnya.

 

Andi memberikan informasi bahwa akun media sosial resmi milik Bupati Bantaeng ialah fanpage dengan nama Ilham Azikin (@ilhamsah2018). Sedangkan, akun resmi Humas Pemkab Bantaeng bernama Humas Protokol Bantaeng (www.facebook.com/humasprotokol.bantaeng).

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/759029987762872/

https://makassar.sindonews.com/read/14928/4/imbauan-atas-nama-bupati-bantaeng-di-facebook-itu-hoax-1538910641

http://news.rakyatku.com/read/122407/2018/10/07/catut-nama-bupati-bantaeng-akun-ilham-azikin-solthan-sebar-berita-hoax

http://makassar.tribunnews.com/2018/10/08/akun-facebook-pakai-nama-bupati-bantaeng-tebar-hoaks-humas-jangan-percaya