[SALAH] Zumi Zola Jalan-Jalan Di Bandara Soekarno-Hatta

Akun @lambeturah memposting sebuah video pada 16 September 2018 yang diklaim sebagai video Zumi Zola, Gubernur Jambi Nonaktif, tengah berjalan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Video itu seolah-olah baru saja terjadi. Menanggapi hal tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah kalau Zumi Zola bisa keluar dari dalam sel dengan mudah untuk plesiran atau kelayapan. Dilansir dari suara.com, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegaskan, Zumi Zola tidak kelayapan dan video tersebut merupakan video lama karena pakaian yang digunakan olehnya merupakan pakaian saat ia menjadi saksi kasus suap DPRD Jambi. “Itu kayaknya video lama, ketika dia mau jadi saksi. Baju itu dipakai saat dia jadi saksi,” kata Saut.

 

=====

 

Kategori: Disinformasi

 

=====

 

Sumber: Media Sosial Instagram

 

https://www.instagram.com/p/BnyZNtohX0j/

 

=====

 

Narasi:

 

Dengan kekuatan hengpon jadul cekrek cekrek aplot

.

Yuhuuu minceu ketemu babang ganteng lg di airport

.

Duh tetep kliatan ganteng yess

Walopun msh banyak pikiran 🙏🏻

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Akun @lambeturah memposting sebuah video pada 16 September 2018 yang diklaim sebagai video Zumi Zola, Gubernur Jambi Nonaktif, tengah berjalan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Video itu menunjukkan seolah-olah baru terjadi dan Zumi Zola selaku tersangka kasus suap pengesahan R-APBD Provinsi Jambi Tahun Anggaran 2018 bisa keluar bebas walau sudah menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

 

Menanggapi hal tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah kalau Zumi Zola bisa keluar dari dalam sel dengan mudah untuk plesiran atau kelayapan. Dilansir dari suara.com, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menegaskan, Zumi Zola tidak kelayapan dan video tersebut merupakan video lama karena pakaian yang digunakan olehnya merupakan pakaian saat ia menjadi saksi kasus suap DPRD Jambi.

 

“Itu kayaknya video lama, ketika dia mau jadi saksi. Baju itu dipakai saat dia jadi saksi,” kata Saut.

 

Saut menjelaskan, ketika itu posisi Zumi Zola sedang melakukan sidang di daerah yang kemudian dikawal oleh tim KPK terbang dari Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Perihal posisi Zumi Zola saat ini, Saut memastikan, sang tersangka masih dalam penahanan KPK.

 

“Saat ini masih ditahan di rutan KPK, tidak bisa kelayapan,” ungkapnya.

 

Sejalan dengan pernyataan Saut Situmorang, dilansir dari cnnindonesia.com dan detik.com, Pengacara Zumi Zola, Muhammad Farizi, mengatakan, orang dalam video itu memang benar Zumi Zola, namun kejadiannya sudah sudah lama terjadi. Farizi mengatakan, saat itu Zumi Zola, yang berstatus tahanan KPK, baru saja tiba dari Jambi setelah menjadi saksi dalam persidangan anggota DPRD Jambi Supriono, yang ditangkap kemudian sebagai tersangka suap oleh KPK.

 

“Kalau saya lihat video itu, kalau tidak salah itu beberapa bulan yang lalu bersama saya juga untuk hadir sebagai saksi dalam persidangan atas nama terdakwa Supriono (anggota DPRD Jambi yang terkena OTT),” ujar Farizi.

 

Farizi juga menyebutkan, saat itu Zumi Zola didampingi oleh dua orang petugas KPK yang berjalan di samping kanan dan kirinya.

 

“Saat itu beliau sudah ditahan dan didampingi pengawal tahanan KPK naik pesawat pukul 06.00 WIB pagi dari Jakarta, sore langsung balik lagi ke tahanan. Itu yang dua orang, kan, orang KPK. Pak Jaksa juga tahu dan kami juga pengacara juga ikut,” aku Farizi.

 

Pengakuan yang sama juga dikemukakan oleh pengacara Zumi Zola lainnya, yakni Handika Honggowongso. Dilansir dari kompas.com, Handika mengatakan, orang dalam video itu memang Zumi Zola namun kejadiannya sudah lama terjadi. Saat kejadian, ujar Handika, Zumi Zola memang dikawal oleh petugas KPK.

 

“Faktanya adalah memang betul Pak Zumi Zola berada di Bandara Soetta dikawal oleh Pamdal KPK dalam rangka ke Jambi untuk mengikuti sidang di PN Tipikor Jambi sebagai saksi untuk tersangka anggota DPRD Jambi,” ujar Handika.

 

Perihal keberadaan Zumi Zola saat ini, Handika mengatakan, dirinya berada di rutan KPK. “Padahal kemarin, Pak Zumi Zola ada di rutan KPK,” kata Handika.

 

=====

 

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/748820635450474/

https://www.suara.com/news/2018/09/17/195759/viral-video-diduga-zumi-zola-bisa-pelesiran-ini-klarifikasi-kpk

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20180917111335-20-330740/pengacara-klarifikasi-video-zumi-zola-jalan-jalan-di-bandara

https://news.detik.com/berita/4214712/viral-video-zumi-zola-di-bandara-ini-penjelasan-pengacara

https://nasional.kompas.com/read/2018/09/17/10171491/klarifikasi-pengacara-soal-video-zumi-zola-di-bandara-soekarno-hatta