[BENAR] “Tidak Semua Operator Seluler Menyediakan RBT ‘Jokowi Saja’”

Meme yang menginformasikan beberapa operator seluler menyediakan RBT berjudul ‘Jokowi Saja’ adalah tidak sepenuhnya benar. Setelah pihak Viva.co.id mencoba pada operator Telkomsel dan XL, nyatanya keduanya tidak menyediakan layanan tersebut. Tetapi ketika dicoba melalui operator Three (3), pihak Viva.co.id dapat mengaktifkan RBT tersebut dengan judul ‘Jangan Pernah Berubah’ yang bunyi liriknya ‘”Jokowi saja… Jokowi saja… Jangan Pernah Berubah”.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
1. “Program tersebut tidak ada,” ujar General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin, Senin (17/9).

2. “Tak sampai satu menit, muncul dua pesan balasan dari operator. Yang pertama berisi ucapan terima kasih karena berlangganan RBT. Yang kedua, pemberitahuan bahwa RBT berjudul ‘Jangan Pernah Berubah’ dengan artis Papa T. Bob Rega Ririe telah diaktifkan,” Viva.co.id.

=====

Penjelasan:
Beredar meme foto Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan informasi beberapa operator seluler menyediakan Ring Back Tone (RBT) berjudul ‘Jokowi Saja’. Beberapa operator tersebut ialah Telkomsel, Indosat, XL/Axis dan Three.

Dalam meme tersebut disebutkan yang menciptakannya adalah Papa T. Bob dengan vokal Papa T. Bob feat Rega, Rere dan music, Uchie Bagja.

Menanggapi itu General Manager External Corporate Communication Telkomsel, Denny Abidin menyatakan pihaknya tidak menyediakan program tersebut. “Program tersebut tidak ada,” katanya.

Media daring Viva.co.id yang mencoba mendaftarkan RBT ‘Jokowi Saja’ untuk dua operator, yaitu Telkomsel dan XL. Namun ketika mendaftarkan RBT tersebut jawabannya layanan tidak tersedia.

“Kode NSP tidak terdaftar. Hubungi *121# untuk NSP seru lainnya atau cek *121*1000 untuk pilihan NSP Serba 1000,” demikian jawaban Telkomsel.

“Maaf permintaan Anda tidak tersedia dan belum dapat dilayani,” demikian jawaban pusat layanan XL.

Namun ketika mencoba dengan operator seluler Three (3), pihak Viva.co.id berhasil menggunakan RBT tersebut.

“VIVA Digital pada Selasa, 18 September 2018, mencoba mengecek keberadaan RBT tersebut menggunakan nomor provider 3. Berbekal petunjuk yang tertera pada iklan, VIVA Digital mengetikkan enam digit nomor 777222, dikirimkan ke 1212”.

“Tak sampai satu menit, muncul dua pesan balasan dari operator. Yang pertama berisi ucapan terima kasih karena berlangganan RBT. Yang kedua, pemberitahuan bahwa RBT berjudul ‘Jangan Pernah Berubah’ dengan artis Papa T. Bob Rega Ririe telah diaktifkan”.

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sendiri menilai RBT tersebut tidak melanggar aturan yang berlaku. Pemerintah telah mengatur kerja sama antara penyedia konten dengan operator seluler melalui Peraturan Menteri Kominfo Nomor 9 Tahun 2017 tentang RBT tersebut.

Ferdinandus menambahkan pada Peraturan Menteri Kominfo itu yang dilarang pemerintah adalah Penyedia Konten menyediakan konten yang berbau penghinaan, perjudian, menimbulkan konflik sosial, pencemaran nama baik, melanggar HAKI dan bertentangan dengan Pancasila serta UUD NKRI 1995.

=====

Referensi:
1. https://www.viva.co.id/…/1075861-di-telkomsel-dan-xl-rbt-jo…
2. https://www.viva.co.id/…/1075721-telkomsel-dan-kominfo-bant…
3. http://kabar24.bisnis.com/…/kemkominfo-rbt-jokowi-saja-tida…
4. https://www.viva.co.id/…/1075864-ternyata-rbt-jokowi-saja-s…