[SALAH] “Tentara Merah RRC Berkamuflase Jadi Banser”

Disinformasi dengan bahan daur ulang yang sudah diklarifikasi di 2017: “Kepala Satkorwil Banser Jatim Gus Abid Umar menegaskan, Lie Tjin Kiong ini merupakan salah seorang pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya yang telah mengikuti Diklatsar Banser.”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2QD1hN4, post ke grup “Tuan Guru Ustadz H. Abdul Somad عبد الصمد‎ Datuk Seri Ulama Setia Negara” oleh akun “Teuku Wong Mahli” (facebook.com/teuku.mahli), sudah dibagikan 44 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

(1) “TENTARA MERAH RRC..
BERKAMUFLASE JADI BANSER DAN ANSOR..
SASARANYA mengadu domba unat ISLAM..
WASPADA..
INI BERITA FIX dan bisa DI PERTANGGUNGJAWABKAN..
INDONESIA DLM BAHAYA ,
TENTARA MERAH RRC, CHINA
KOMUNIS-ATHEIS SKRG JADI
ANGGOTA BANSER !!”

——

(2) “Tentara merah RRC di rekrut jadi banser.
Kita hrs hati2 dan pantau gerakan mereka.”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) BeritaJatim @ 03 Mei 2017: “Lie Tjin Kiong Anggota Banser di Surabaya Hebohkan Medsos”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(3) NU Online @ 04 Mei 2017 : “Heboh Hoax Non-Muslim Tionghoa Jadi Anggota Banser”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2MHJTTY, BeritaJatim: “Lie Tjin Kiong Anggota Banser di Surabaya Hebohkan Medsos

Rabu, 03 Mei 2017 18:50:17 WIB
Reporter : Rahardi Soekarno J.Lie Tjin Kiong Anggota Banser di Surabaya Hebohkan Medsos

(foto)
Lie Tjin Kiong Anggota Banser yang menghebohkan

Surabaya (beritajatim.com) – Foto kartu tanda anggota (KTA) Barisan Ansor Serbaguna (Banser) NU bernama Lie Tjin Kiong dengan nomor anggota XII-01.26.06.160003, mendadak viral di medsos.

Beberapa group WhatsApp (WA) membahas foto KTA ini. Ini karena dikhawatirkan informasi hoax yang akhir-akhir ini bertebaran di medsos.

Dalam KTA Banser NU Satkoryon Tandes Surabaya ini tertera masa berlaku kartu hingga 20 Februari 2020.

Dia resmi menjadi anggota Banser sejak 24 April 2016 lalu. KTA ditandatangani Ketua PW GP Ansor Jatim H Rudi Triwahid dan Kepala Satkorwil Banser Jatim dr H Umar Usman.

“Siapakah Lie Tjin Kiong ini? Apakah benar KTA Banser ini?” tanya anggota Dewan Pendidikan Jatim Moch Isa Ansori di group WA Rek Ayo Rek (RAR), yang berisi sejumlah akademisi, politisi dan jurnalis ini.

Ada juga jurnalis Riko Abdiono yang turut menanyakan kebenaran KTA tersebut. Pasalnya, di medsos akhir-akhir ini banyak bertebaran berita-berita hoax dan foto hoax.

Beritajatim.com pun mengklarifikasi kepada Ketua PW GP Ansor Jatim Rudi Triwahid, sebagai salah satu pihak yang meneken KTA milik Lie Tjin Kiong ini.

“Benar KTA itu. Dia seorang mualaf. Dia ikut Diklatsar Banser pada tahun 2001. Siapapun boleh menjadi anggota Banser,” kata Rudi Triwahid.

Kepala Satkorwil Banser Jatim Gus Abid Umar menegaskan, Lie Tjin Kiong ini merupakan salah seorang pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya yang telah mengikuti Diklatsar Banser. “KTA memang benar diteken oleh Kasatkorwil Banser Jatim yang lama, dr Umar Usman. Banser juga punya yang Londho. Tapi mereka beragama Islam,” jelasnya. (tok/ted)”

——

(2) http://bit.ly/2NOLOL3, NU Online: “Heboh Hoax Non-Muslim Tionghoa Jadi Anggota Banser

Kamis, 04 Mei 2017 20:20 Anti-Hoaks

(foto)

Jakarta, NU Online
Belakangan ini menyebar berita rumor bahwa ada anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) yang non-Muslim. Berita fiktif tersebut menyebar di berbagai media sosial dan menjadi bahan cemoohan para pengguna media sosial.

Kabar itu dipublikasikan bersamaan menampilkan foto kartu tanda anggota (KTA) Banser bernama Lie Tjin Kiong dengan nomor anggota XII-01.26.06.160003. Lie Tjin Kiong dituding sebagai non-Muslim China yang resmi menjadi anggota badan semiotonom Gerakan Pemuda Ansor NU itu.

Salah satu akun anonim di Instagram yang turut mempublikasikan hoax tersebut adalah @divisihumorpolitik. Dengan nada provokatif akun ini mengimbuhi foto tersebut dengan pernyataan, “Karena banser bukan hanya untuk orang islam.. Ahok pun dapat gelar santri Shalat kaga, sunat kaga banser itu kumpulan orang yg ga ada otaknya, idiot semua.”

Berdasarkan isi KTA tersebut, Lie Tjin Kiong resmi menjadi anggota Banser mulai 24 April 2016. KTA ditandatangani Ketua PW GP Ansor Jatim H Rudi Triwahid dan Kepala Satkorwil Banser Jatim dr H Umar Usman.

Rudi Triwahid meluruskan seputar hoax yang menyebar luas di dunia maya itu. Ia membenarkan isi KTA Lie Tjin Kiong namun membantah bahwa Lie adalah non-Muslim. “Benar KTA itu. Dia seorang mualaf. Dia ikut Diklatsar Banser pada tahun 2001. Siapa pun boleh menjadi anggota Banser,” katanya sebagaimana dikutip Beritajatim.com.

Kepala Satkorwil Banser Jatim Gus Abid Umar menegaskan, Lie Tjin Kiong merupakan salah seorang pengurus Masjid Cheng Ho Surabaya yang telah mengikuti Diklatsar Banser. “KTA memang benar diteken oleh Kasatkorwil Banser Jatim yang lama, dr Umar Usman. Banser juga punya yang Londho. Tapi mereka beragama Islam,” jelasnya. (Mahbib)”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/748481705484367/