[SALAH] “Mahasiswa Desak Parpol Bersatu Lengserkan Jokowi!”

Foto-foto yang digunakan di post sumber adalah foto peristiwa di tahun lalu, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2pd54UO, post oleh akun “Vino Affarel” (facebook.com/copper.fourteen), sudah dibagikan 1.521 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“”Mahasiswa Desak Parpol Bersatu Lengserkan Jokowi! Parpol Banci! …”, selengkapnya di (8) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) Seperti tema dan teknik disinformasi yang beredar beberapa hari ini, post SUMBER dibuat untuk membangun premis mengenai demo mahasiswa menggunakan materi yang sudah beredar sebelumnya. Selengkapnya di bagian REFERENSI.

——

(3) Hanya satu foto yang digunakan oleh post SUMBER yang memang benar terjadi di kemarin hari Selasa (11 Sep 2018), selengkapnya di (5) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) Teropongsenayan @ 10 Sep 2015: “Demonstrasi Desak DPR Impeachment Jokowi-JK”, selengkapnya di http://bit.ly/2MD5Wv2, salah satu sumber dari foto 1.

——

(2) RMOL @ 10 Sep 2015: “Mahasiswa Desak Parpol Bersatu Lengserkan Jokowi”, selengkapnya di http://bit.ly/2NhaDQz, salah satu sumber dari foto 2.

——

(3) Solopos @ 17 Mar 2015: “FOTO DEMO MAHASISWA : BEM UB Tuntut Pemerintah Perbaiki Kinerja”, selengkapnya di http://bit.ly/2OmuL02, salah satu sumber dari foto 3.

——

(4) Mahasiswakerakyatan @ 28 Mei 2016: “UANG KULIAH TUNGGAL, NEOLIBERALISME DAN Perjuangan Kita Kedepan”, selengkapnya di http://bit.ly/2D13a3o, salah satu sumber dari foto 4.

Tribun @ 4 Mei 2016: “Uang Kuliah Naik Mahasiswa UGM Demo”, selengkapnya di http://bit.ly/2D0qn5A, foto dari sudut pandang lain.

——

(5) RMOL @ 11 Sep 2018: “Ribuan Mahasiswa Turun Ke Jalan, Andrianto: Dejavu 1998”, selengkapnya di http://bit.ly/2xhKTta, salah satu sumber dari foto 5.

——

(6) SUARA(dot)com @ 20 Okt 2017: “Aksi Evaluasi 3 Tahun Jokowi-JK”, selengkapnya di http://bit.ly/2OnXH7T, salah satu sumber dari foto 6.

——

(7) Detik @ 10 September 2015: “Mahasiswa BEM Jabodetabek Demo Istana, Lalin Lancar”, selengkapnya di http://bit.ly/2MCp6S3, salah satu sumber dari foto 7.

——

(8) Narasi selengkapnya yang digunakan oleh post sumber: “Mahasiswa Desak Parpol Bersatu Lengserkan Jokowi! Parpol Banci!

dalam aksinya, sang orator menyayangkan sikap semua partai politik, baik yang tergabung dalam Komisi Indonesia Hebat (KIH) ataupun Koalisi Merah Putih (KMP), karena telah membiarkan kezhaliman dan kebodohan merajalela di Indonesia.

unam yg merupakan mahasiswa tingkat akhir Fakultas Ushuludin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menilai bahwa seharusnya partai politik membantu rakyat menurunkan kedzaliman dan kebodohan yang sudah dilakukan Presiden Jokowi. Bukan sebaliknya, partai politik berbondong-bondong bergabung membela pemerintah demi kepentingan sesaaat.

“Partai politik (parpol) sebagai elemen aspirasi rakyat seyogyanya bersikap pro rakyat. bukan malah bersikap pragmatis politis,” teriak Unam di hadapan rekan-rekannya.

lebih lanjut, LSC mendesak agar semua parpol yang mempunyai kader di parlemen untuk segera menggunakan hak interplasi dan hak angket untuk melengserkan Jokowi-JK. Ini, lanjut mereka, agar penderitaan rakyat Indonesia bisa segera diakhiri.”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/747714402227764/