[SALAH] Pesawat Jatuh di Sidomukti, Probolinggo Jawa Timur

Informasi tentang pesawat jatuh di daerah Sidomukti, Probolinggo, Jawa Timur yang menyebar di media sosial merupakan informasi yang salah. Sebab, dilansir dari timesindonesia.co.id, wartabromo.com, radarbromo.co.id, dan pantura7.com, Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad menegaskan, informasi pesawat jatuh merupakan hoaks atau berita bohong. “Gak ada pesawat jatuh, info itu hoaks. Saya harap masyarakat tidak sembarangan untuk membuat informasi yang tidak akurat,” tegasnya.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Media Sosial

 

(pertama kali disebarkan oleh akun Fatimah Bin Agil, namun sudah dihapus yang bersangkutan. Tangkapan layar postingan akun tersebut sudah diambil oleh redaksi timesindonesia.co.id)

https://www.facebook.com/dodik.irawan.1848/posts/2217779488489390

 

=====

 

Narasi:

 

1) #IKL_NUSANTARA

#INFORMASI

#MASIH_ANGET

 

PESAWAT JATUH LOKASI SIDOMUKTI

KRAKASAAN PROBOLINGGO JATIM

#JAM11_SIANG

SELASA_21_AGUSTUS_2018

 

2) Kejadian tdi pagi pesawat jatuh di pakuniran paiton probolinggo

 

=====

 

Penjelasan Lengkap:

 

Di media sosial tersebar informasi bahwa telah terjatuh pesawat di daerah Sidomukti, Probolinggo, Jawa Timur. Informasi itu pertama kali disebarkan akun Fatimah Bin Agil di dalam grup Facebook Info Kriminal & Lalu Lintas (Nusantara). Setelah itu, ada satu akun lainnya menyebarkannya.

 

Namun, informasi tersebut tidaklah benar karena sudah dibantah oleh Kapolres Probolinggo. Dilansir dari timesindonesia.co.id, wartabromo.com, radarbromo.co.id, dan pantura7.com, Kapolres Probolinggo, AKBP Fadly Samad menegaskan, informasi pesawat jatuh merupakan hoaks atau berita bohong.

 

“Gak ada pesawat jatuh, info itu hoaks. Saya harap masyarakat tidak sembarangan untuk membuat informasi yang tidak akurat,” tegasnya.

 

Samad pun menuturkan, foto yang disebarkan oleh akun tersebut pun juga tidak benar. “Foto-foto pesawat terbakar ataupun terjatuh itu hoaks,” ujarnya.

 

Atas beredarnya informasi tersebut, Samad mengatakan, pihaknya belum mengambil langkah lanjutan terhadap penyebar berita bohong itu. Meski begitu, ia mengimbau kepada masyarakat, khususnya warganet untuk selektif menyebarkan atau mengunggah sebuah foto dan peristiwa.

 

“Kita belum mengambil langkah lanjutan, kita lihat perkembangan selanjutnya. Saya berharap masyarakat tidak sembarangan untuk membuat informasi yang tidak akurat,” pungkasnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.timesindonesia.co.id/read/180794/20180821/144644/hoaks-pesawat-jatuh-di-kabupaten-probolinggo/

http://www.wartabromo.com/2018/08/21/pesawat-jatuh-di-probolinggo-hoax/

https://radarbromo.co.id/2018/08/21/kabar-pesawat-jatuh-di-probolinggo-dipastikan-hoax/

https://www.pantura7.com/2018/08/21/hoax-pesawat-latih-tni-jatuh-di-probolinggo/