[SALAH] Tangkapan Layar Post di Page Antaranews Hasil Suntingan

Tangkapan layar yang disertakan di post sumber adalah hasil suntingan dari post di Page Antara (facebook.com/antaranewsdotcom/), judul asli artikel adalah “Wagub terpilih: 95 persen penduduk Papua dukung Jokowi di 2019”. Terlihat perbedaan tipe huruf (font) di tulisan hasil suntingan, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2MQtnlI, post oleh akun “Ferdy Ampur” (facebook.com/ferdy.ampur), sudah dibagikan 704 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Khusus buat pasangan Mardani Ali Sera dan Neno Warisman Keselek, ini pak Wagub nantang lho. Berani gak????”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

——

(2) Tangkapan layar adalah hasil dari pratayang (preview) post dari Page Facebook Antaranews yang membagikan tautan dari situs web papua.antaranews.com.

——

(3) Judul asli artikel “Wagub terpilih: 95 persen penduduk Papua dukung Jokowi di 2019” di bagian “95 persen penduduk Papua dukung Jokowi di 2019” disunting menjadi “Berani deklarasi ganti presiden di Papua, kamu bakal pulang tanpa kepala”.

——

(4) Tulisan “Berani deklarasi ganti presiden di Papua, kamu bakal pulang tanpa kepala” terlihat berbeda tipe hurufnya dengan tipe huruf tulisan “Wagub terpilih:”, tipe huruf yang digunakan di hasil suntingan lebih tebal.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2nHl5S8, post yang membagikan artikel yang sama dari situs UC News.

——

(2) http://bit.ly/2vOTB1z, hasil pencarian di situs papua.antaranews.com menggunakan kata kunci “wagub terpilih papua”.

——

(3) Antaranews: “Wagub terpilih: 95 persen penduduk Papua dukung Jokowi di 2019”, selengkapnya di http://bit.ly/2nHom3S.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/725713864427818