[SALAH] “Mike Pompeo tidak temui Jokowi tanda kuat bakal wasalam”

Kunjungan Menlu AS Mike Pompeo adalah dalam rangka memenuhi undangan dari Menlu Retno, bukan undangan dari kepala negara. Pertemuan antar menteri, bukan pertemuan menteri dengan kepala negara. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) https://tinyurl.com/yawrkzp7, mention ke akun @turnbackhoax (twitter.com/turnbackhoax).

——

(2) https://tinyurl.com/y8h89yyv, cuitan oleh akun “Batak Modern” (twitter.com/albertpanjaitn), sudah dibagikan 624 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Baru tahu tadi bahwa Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo sabtu 4 Agustus 2018 datang ke Jakarta tapi tidak temui Presiden Jokowi

Tanda kuat Jokowi bakal wasalam …

Beda banget dengan situasi tahun 2011-2014 lalu
Pejabat tinggi AS bolak balik temui Jokowi

Sekarang? Nehi !”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) Liputan6: “Sementara itu, Retno menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Mike Pompeo karena telah memenuhi undangan yang diberikan saat keduanya bersua di Washington DC.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(3) Detik: “Menlu RI menyampaikan undangan kepada Menlu AS untuk melakukan kunjungan ke Indonesia dalam rangka melakukan pertemuan Annual Ministerial Strategic Dialogue”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) https://tinyurl.com/yckbafep, Liputan6: “Penuhi Undangan Menlu Retno Marsudi, Menlu AS Mike Pompeo Tiba di Jakarta

Afra AugestiAfra Augesti
04 Agu 2018, 19:45 WIB

(foto)
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengisi buku tamu di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu 4 Agustus 2018. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Liputan6.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo tiba di Jakarta hari ini, Sabtu (4/8/2018), dalam rangka kunjungan kerjanya ke negara-negara Asia Tenggara.

Sebelumnya, menteri luar negeri Amerika Serikat tersebut telah mengunjungi Singapura dan Malaysia. Menurut pantauan Liputan6.com, Pompeo datang di Kementerian Luar Negeri RI sekitar pukul 18.00 WIB dengan pengawalan ketat. Ia langsung bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi.

Menurut sebuah sumber, kedua menlu ini sempat berbincang sesaat terkait pertemuan mereka saat Retno bertandang ke Washington DC, 5 Juni 2018.

“Kami baru beberapa hari lalu bertemu dan itu adalah pertemuan yang bermanfaat. Kami berbagi pemikiran, semoga ke depannya akan lebih baik,” ujar sumber tersebut.

Sementara itu, Retno menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Mike Pompeo karena telah memenuhi undangan yang diberikan saat keduanya bersua di Washington DC.

“Kami di ASEAN berterima kasih kepada Pompeo karena sudah bertemu. Tahun depan adalah tahun yang penting untuk kedua negara (AS-Indonesia) karena kita akan merayakan 60 tahun hubungan diplomatik, ada banyak kerjasama yang sudah dibuat,” tutur menlu Retno.

Usai bertemu secara tertutup selama sekitar 10 menit, Mike Pompeo langsung meninggalkan Gedung Pancasila Kemenlu RI. Ia dijadwalkan singgah di Indonesia pada 4-5 Agustus 2018.

Pertemuan 2 Menlu di Washington DC

(foto)
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi bersama Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo di Washington DC (5/6) (Kementerian Luar Negeri RI)

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu AS Mike Pompeo di Washington DC, pada Selasa 5 Juni 2018.

Menlu Pompeo menyambut Menlu Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri AS di Washington, DC.

Menlu Pompeo dan Menlu Marsudi menegaskan kembali Kemitraan Strategis AS-Indonesia, menyetujui bahwa Amerika Serikat dan Indonesia harus terus bekerja sama sebagai dua negara demokrasi besar, mengembangkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Menlu Pompeo dan Menlu Marsudi juga membahas masalah-masalah regional, seperti Korea Utara dan Laut Cina Selatan, dan komitmen untuk memperdalam kerja sama kontra-terorisme.”

——

(2) https://tinyurl.com/ya2mlu9d, Detik: “Rabu 06 Juni 2018, 23:48 WIB

Bertemu Menlu AS, Retno Bahas Penanggulangan Terorisme

Faiq Hidayat – detikNews

(foto)
Menlu Retno LP Marsudi bertemu dengan Menlu AS. (Foto: dok. Kemlu)

Jakarta – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Richard Pompeo di Kemlu AS, Washington, DC. Pertemuan itu membahas kerja sama ekonomi, penanggulangan terorisme, dan pertahanan.

“Dalam kaitan ini, Menlu RI menyampaikan undangan kepada Menlu AS untuk melakukan kunjungan ke Indonesia dalam rangka melakukan pertemuan Annual Ministerial Strategic Dialogue, sebagai salah satu implementasi kemitraan strategis,” demikian keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima detikcom, Rabu (6/6/2018).

Pertemuan itu dilakukan di Kementerian Luar Negeri Amerika, Washington, DC, Selasa (5/6). Retno menekankan pentingnya isu pemberdayaan perempuan dalam upaya pemberantasan terorisme. Kunjungan Retno ke Amerika Serikat juga dalam rangka pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

“Dalam kaitan ini, Menlu RI mengharapkan dukungan AS pada pemilihan di Majelis Umum PBB pada 8 Juni 2018 yang akan datang,” sambungnya.

Selain isu-isu bilateral, kedua Menlu membahas perkembangan berbagai isu kawasan dan global, termasuk isu Palestina. Retno menyampaikan kembali posisi Indonesia yang mendukung perjuangan Palestina. Indonesia mengharapkan AS dapat menjadi teman dan memperhatikan kepentingan dunia Islam.

Dalam pertemuan itu, kedua menlu juga membahas isu lain, antara lain situasi di Semenanjung Korea, Indo-Pasifik. Indonesia mengharapkan rencana KTT AS-Korea Utara dapat membuahkan hasil menuju denuklirisasi Semenanjung Korea. Perdamaian di Semenanjung Korea akan berkontribusi terhadap stabilitas di kawasan lebih luas, termasuk di Asia Tenggara.

Kedua menlu juga menegaskan pentingnya terus di jalan komunikasi mengenai pengembangan Indo-Pasifik yang inklusif, mengedepankan kerja sama dan penghormatan terhadap hukum internasional.
(fai/ams)”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/724662217866316/