[SALAH] “Mari kita lihat siapa di balik Prabowo – Sandiaga Uno”

Mencampurkan sumber kredibel dengan sumber opini, menambahkan “Sebuah sumber terpercaya membocorkan” “Konon diduga kuat” dan teori konspirasi ke narasi, tidak membuat sebuah informasi menjadi valid. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2OCvPg2, page “KataKita” (facebook.com/pageKataKita), sudah dibagikan 3.325 kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Mari kita lihat siapa di balik Prabowo – Sandiaga Uno. Sebuah sumber terpercaya membocorkan kepada saya bahwa di balik pencapresan Prabowo selama ini sebetulnya ada kekuatan asing yang pengen “melahap” Indonesia. Kekuatan Asing itu adalah Rothschild Family. Siapa itu? Anda bisa simak sendiri di sini: …”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) Tautan ke Kompas dan Detik memang sumber-sumber yang kredibel, tetapi Kompasiana dan Kaskus isinya tulisan opini.

——

(3) Menambahkan “Sebuah sumber terpercaya membocorkan” dan “Konon diduga kuat” ke narasi tanpa menyertakan informasi ke sumber yang bisa diperiksa kredibilitasnya adalah tipikal penggunaan teknik “Appeal to Authority”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) Narasi lengkap yang digunakan di post: “Mari kita lihat siapa di balik Prabowo – Sandiaga Uno. Sebuah sumber terpercaya membocorkan kepada saya bahwa di balik pencapresan Prabowo selama ini sebetulnya ada kekuatan asing yang pengen “melahap” Indonesia. Kekuatan Asing itu adalah Rothschild Family. Siapa itu? Anda bisa simak sendiri di sini:

https://ekonomi.kompas.com/read/2012/11/22/16301656/tandingi.bakrie.rothschild.gandeng.keluarga.prabowo

https://finance.detik.com/bursa-dan-valas/d-2173923/pengakuan-hashim-djojohadikusumo-dukung-rothschild-singkirkan-bakrie-di-bumi

https://www.kompasiana.com/ratu.adil/54f7cbd3a33311f8498b4730/prabowo-pintu-lain-rothschild-kuasai-tambang-di-indonesia

https://www.kaskus.co.id/thread/53b53efb529a45ec0f8b484a/dendam-prabowo-hashim-dan-cengkeraman-rothschild/

Konon,diduga kuat di balik itu juga ada keluarga Cendana, mafia Petral, juga mafia freeport dan juga Trump. Tidak percaya, simak saja bagaimana Amerika sedang ingin menggugat Indonesia di sini:

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4155778/trump-gugat-ri-rp-5-t-darmin-kita-sudah-komunikasi

Nah, dari sekian temuan-temuan di atas, Kita harus dukung Jokowi guna menghadapi kekuatan-kekuatan tersebut biar harga diri bangsa ini tetap tegak, tidak dikooptasi asing. Jokowi tidak boleh sendirian. Satu-satunya jalan ialah memastikan koalisi terjaga tetap solid, kalau perlu membangun pula kekuatan sipil di luar parlemen. Kalau kita semua kompak, solid, dan lupakan dulu egoisme pribadi maupun golongan, kekuatan asing mana yang bisa melawan kita??”.

——

(2) http://bit.ly/2H4PMJM, teknik “Appeal to Authority”: “Dalam kerja jurnalistik pernyataan narasumber lazimnya diverifikasi terlebih dahulu dan diberi penjelasan dalam kapasitas apa narasumber memberikan pernyataannya. Pernyataan tersebut mestinya diuji dengan pertanyaan-pertanyaan seperti, apa bukti dari pernyataan tersebut? Dalam konteks bagaimana narasumber bisa mendapat informasi tersebut? Serta, apa kemungkinan bias motif politik narasumber dalam menyampaikan pernyataan tersebut?”.

——

(3) Kompas @ 22 Nov 2012: “Tandingi Bakrie, Rothschild Gandeng Keluarga Prabowo?”, selengkapnya di http://bit.ly/2P9y1g4.

——

(4) Detik @ 19 Feb 2013: “Pengakuan Hashim Djojohadikusumo Dukung Rothschild Singkirkan Bakrie di Bumi”, selengkapnya di http://bit.ly/2Mo86CJ.

——

(5) Kompasiana @ 31 Mar 2014: “Prabowo, Pintu Lain Rothschild Kuasai Tambang di Indonesia”, selengkapnya di http://bit.ly/2KU6dZY.

——

(6) Kaskus @ 21 Mei 2014: “Dendam Prabowo, Hashim dan Cengkeraman Rothschild”, selengkapnya di http://bit.ly/2KZ2sCA.

——

(7) Detik @ 08 Agu 2018: “Trump Gugat RI Rp 5 T, Darmin: Kita Sudah Komunikasi, selengkapnya di http://bit.ly/2wcG3fI.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/724116711254200/