[SALAH] “Mobil Terkait Letusan Gunung Sinabung Disebut Bangkai Esemka”

Foto bangkai mobil di semak – semak yang disebut Mobil Esemka oleh akun Facebook Zhal Yaz (@rizal.iswanto1) faktanya adalah foto bangkai mobil yang berhubungan dengan letusan Gunung Sinabung.

=====

Sumber: Facebook

=====

Kategori: Disinformasi

=====

Narasi :
“Mobil ESEMKA yg d jnjikN pak kowi..,” tulis akun Facebook Zhal Yaz (@rizal.iswanto1).

=====

Penjelasan:
Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyinggung tentang perkembangan Mobil Esemka di Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS, Kamis (2/8) lalu.

JawaPos.com pun menemukan postingan dari akun Facebook bernama Zhal Yaz (@rizal.iswanto1) yang menampilkan bangkai mobil di semak – semak yang disebutnya adalah bangkai Mobil Esemka.

Setelah dilakukan penelusuran oleh JawaPos.com, foto tersebut tersimpan di situs pencarian Yandex. Di sana muncul foto serupa yang diunggah sebuah blog. Faktanya bangkai mobil itu bukan Esemka, melainkan bangkai kendaraan di Desa Simacem di kaki Gunung Sinabung.

Bangkai mobil tua tersebut berhubungan dengan keganasan letusan Gunung Sinabung. Foto yang memperlihatkan setir mobil adalah milik Associated Press Images. Dijepret fotografer Binsar Bakkara pada 16 November 2015.

Dikabarkan produsen otomotif lokal Esemka sedang membangun pabrik yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah. Di lokasi itulah nantinya Esemka disebut-sebut akan memproduksi mobil untuk dipasarkan.

Presiden Jokowi sendiri menilai, tidak semua mobil punya desain bagus yang bisa diterima pasar. Belum lagi urusan harga jual.

“Harganya enggak kompetitif, masuk pasarnya juga sulit. Artinya terserah Esemka sendiri. Karena Esemka sekarang sudah diambil alih oleh industri,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, kalau nantinya Esemka sudah memproduksi mobil dan bersaing di industri, ia berjanji pemerintah akan mendukung. Sebab walau bagaimanapun juga Esemka adalah merek lokal yang perlu didukung untuk berkembang.

“Kalau memang nantinya Esemka pabriknya sudah jadi dan bisa memproduksi, silahkan. Karena itu kewajiban pemerintah untuk terus mendorong agar industri otomotif berkembang,” ucap Jokowi.

=====

Referensi:
1. https://www.jawapos.com/…/sebarkan-hoax-mobil-korban-sinabu…
2. http://www.apimages.com/…/bf41c8c23cba46a8bdc83d7ea440…/27/0
3. http://aceh.tribunnews.com/…/jokowi-kembali-ditanya-mobil-e…