[SALAH] “Bahan vaksin dari darah babi, …”

Vaksin dibuat dari virus yang dilemahkan agar tidak cukup kuat untuk membuat sakit, untuk membentuk antibodi. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Hoaks.

======

SUMBER

Tangkapan layar yang beberapa hari ini viral, komentar dari akun “Ipah Latifah” (facebook.com/ifahnotlatifah).

======

NARASI

“Ada majalah tabloid islam bekam, bahwa bahan vaksin dr darah babi, sari pati monyet, darah pelacur, darah narapidana digabungkan jd satu jadi vaksin,,tujuannya hancurkan generasi islam,,siasat yahudi hancurkan generasi islam, supaya otak anak melemah , anakku kmren di sekolah gak ku izinkan di suntik imunisasi”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”

——

(2) “Vaksin Campak dan Vaksin Rubella dibuat dari virus hidup yang dilemahkan, sehingga virus hidup yang sudah lemah ini apabila disuntikkan ke dalam tubuh manusia tidak bisa membuat, tidak cukup kuat, untuk membuat si anak sakit, hanya bisa membuat anak membentuk kekebalan, membentuk antibodi. Cara membuatnya Vaksin Campak ditanam dibiakkan di embrio atau janin ayam, di telur ayam yang steril, sedangkan Virus Rubella ditanam di Sel Puncak atau Stem Cell manusia”. Selengkapnya di http://bit.ly/2vhSYNq, iNews @ 2/9/2017 “Halalkah Imunisasi Vaksin Campak Rubella? – Special Report 02/08”.

——

(3) “Antibodi (bahasa Inggris: antibody, gamma globulin) adalah glikoprotein dengan struktur tertentu yang disekresikan oleh sel B[1] yang telah teraktivasi menjadi sel plasma,[2] sebagai respon dari antigen tertentu dan reaktif terhadap antigen tersebut.[3] Sistem imunitas manusia ditentukan oleh kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi untuk melawan antigen.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(4) “Dalam keadaan biasa, tubuh manusia merespon invasi virus dalam beberapa cara berbeda. Imunitas umum untuk virus dapat dikembangkan oleh sel-sel dalam tubuh yang menjadi sasaran invasi virus. Dalam situasi ini, virus dicegah dari mendapatkan akses ke sel tuan rumah. Perlindungan yang lebih umum adalah kemampuan tubuh untuk mengembangkan darah dan sel-sel limfa yang menghancurkan atau membatasi kemanjuran virus yang menyerang. Seringkali, tubuh manusia yang terinfeksi akan “belajar” bagaimana menanggapi virus tertentu di masa depan, sehingga infeksi tunggal, terutama dari virus yang relatif jinak, biasanya mengajarkan tubuh bagaimana menanggapi invasi tambahan dari virus yang sama. Flu biasa, misalnya, disebabkan oleh satu dari beberapa ratus virus. Setelah sembuh dari flu, kebanyakan orang resisten terhadap virus tertentu yang menyebabkan pilek tertentu, meskipun virus flu yang serupa masih akan menyebabkan gejala yang sama atau identik. Untuk beberapa virus yang tidak berbahaya, seseorang bahkan dapat mengembangkan kekebalan tanpa terlihat sakit.”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

——

(5) “RINGKASAN

Baik subsistem imun bawaan dan adaptif diperlukan untuk memberikan respon imun yang efektif apakah untuk agen patogen yang sebenarnya atau untuk imunisasi. Selanjutnya, imunisasi yang efektif harus menginduksi stimulasi jangka panjang dari kedua lengan humoral dan sel-mediated dari sistem adaptif oleh produksi sel efektor untuk infeksi saat ini dan sel-sel memori untuk infeksi masa depan dengan agen patogen. Setidaknya ada tujuh jenis vaksin yang saat ini digunakan atau dalam perkembangan yang menghasilkan kekebalan yang efektif ini dan telah berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit menular di seluruh dunia.”, selengkapnya di (3) bagian REFERENSI.

——

(6) “Imunisasi dan Vaksin

Imunisasi , atau dikenal juga sebagai vaksin, aman dan efektif menggunakan sejumlah kecil virus atau bakteri yang dilemahkan atau dibunuh atau sedikit protein buatan lab yang meniru virus untuk mencegah infeksi oleh virus atau bakteri yang sama.

Ketika Anda mendapatkan imunisasi , Anda disuntik dengan bentuk lemah (atau sebuah fragmen) suatu penyakit. Ini memicu respons kekebalan tubuh Anda, menyebabkannya menghasilkan antibodi terhadap penyakit tertentu atau mendorong proses lain yang meningkatkan kekebalan.

Kemudian, jika Anda pernah lagi terkena organisme penyebab penyakit yang sebenarnya, sistem kekebalan Anda siap untuk melawan infeksi. Vaksin biasanya akan mencegah timbulnya penyakit atau mengurangi keparahannya.”, selengkapnya di (4) bagian REFERENSI.

——

(7) Mengenai sertifikasi halal, selengkapnya di (5) (6) (7) dan (8) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) Wikipedia: “Antibodi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Antibodi (bahasa Inggris: antibody, gamma globulin) adalah glikoprotein dengan struktur tertentu yang disekresikan oleh sel B[1] yang telah teraktivasi menjadi sel plasma,[2] sebagai respon dari antigen tertentu dan reaktif terhadap antigen tersebut.[3] Sistem imunitas manusia ditentukan oleh kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi untuk melawan antigen. Antibodi dapat ditemukan pada darah atau kelenjar tubuh vertebrata lainnya, dan digunakan oleh sistem kekebalan tubuh untuk mengidentifikasikan dan menetralisasikan benda asing seperti bakteri dan virus. Molekul antibodi beredar di dalam pembuluh darah dan memasuki jaringan tubuh melalui proses peradangan.[3] Mereka terbuat dari sedikit struktur dasar yang disebut rantai. Tiap antibodi memiliki dua rantai berat besar dan dua rantai ringan.[4]

Terdapat beberapa tipe berbeda dari rantai berat antibodi, dan beberapa tipe antibodi yang berbeda, yang dimasukan ke dalam kelas atau isotipe yang berbeda berdasarkan pada tiap rantai berat. Lima kelas antibodi yang berbeda diketahui berada pada tubuh mamalia dan memainkan peran yang berbeda dan menolong mengarahkan respon imun yang tepat untuk tiap tipe benda asing berlainan yang masuk ke dalam tubuh,[5] yaitu: IgG, IgM, IgA, IgD dan IgE.”, selengkapnya di http://bit.ly/2AHTmKB.

——

(2) Made How: “Vaksin ( Latar Belakang

Pengembangan vaksin untuk melindungi terhadap penyakit virus adalah salah satu keunggulan pengobatan modern. Vaksin pertama diproduksi oleh Edward Jenner pada tahun 1796 dalam upaya untuk memberikan perlindungan terhadap cacar . Jenner memperhatikan bahwa pemerah susu yang telah mengidap cacar sapi, infeksi yang relatif tidak berbahaya, tampaknya tahan terhadap cacar, penyakit manusia yang secara teratur mencapai tingkat epidemi dengan tingkat kematian yang sangat tinggi.

Jenner berteori (benar) bahwa cacar sapi, penyakit hewan, mirip dengan cacar. Dia menyimpulkan bahwa reaksi manusia terhadap suntikan virus cacar sapi akan entah bagaimana mengajarkan tubuh manusia untuk menanggapi kedua virus, tanpa menyebabkan penyakit besar atau kematian. Hari ini, cacar benar-benar diberantas. Hanya dua sampel beku virus ganas ini ada (satu di Amerika Serikat, yang lain di Rusia), dan pada pertengahan 1995 ada perdebatan ilmiah yang serius tentang apakah akan menghancurkan sampel, atau menyimpannya untuk studi laboratorium lebih lanjut.

Virus adalah sedikit RNA ( Ribonucleic acid ) dan / atau DNA (deoxyribonucleic acid), bahan di semua sel hidup yang menginstruksikan sel bagaimana tumbuh dan berkembang biak. Virus tidak dapat bereproduksi sendiri, tetapi hanya dengan mengambil alih inti sel inang dan menginstruksikan sel untuk membuat virus tambahan. Ketika virus berhasil menyerang suatu organisme, ia mengambil alih proses pertumbuhan sel di host.

Dalam keadaan biasa, tubuh manusia merespon invasi virus dalam beberapa cara berbeda. Imunitas umum untuk virus dapat dikembangkan oleh sel-sel dalam tubuh yang menjadi sasaran invasi virus. Dalam situasi ini, virus dicegah dari mendapatkan akses ke sel tuan rumah. Perlindungan yang lebih umum adalah kemampuan tubuh untuk mengembangkan darah dan sel-sel limfa yang menghancurkan atau membatasi kemanjuran virus yang menyerang. Seringkali, tubuh manusia yang terinfeksi akan “belajar” bagaimana menanggapi virus tertentu di masa depan, sehingga infeksi tunggal, terutama dari virus yang relatif jinak, biasanya mengajarkan tubuh bagaimana menanggapi invasi tambahan dari virus yang sama. Flu biasa, misalnya, disebabkan oleh satu dari beberapa ratus virus. Setelah sembuh dari flu, kebanyakan orang resisten terhadap virus tertentu yang menyebabkan pilek tertentu, meskipun virus flu yang serupa masih akan menyebabkan gejala yang sama atau identik. Untuk beberapa virus yang tidak berbahaya, seseorang bahkan dapat mengembangkan kekebalan tanpa terlihat sakit.

( Keluarga Virus

Biasanya ada beberapa variasi atau strain dari virus tertentu. Tergantung pada jumlah varietas, seorang ahli biologi mungkin mengelompokkan virus sebagai tipe atau strain. Vaksin sering dibuat dari lebih dari satu kelompok virus terkait; Reaksi preventif terhadap vaksinasi multivalen mungkin akan menyebabkan kekebalan terhadap hampir semua varian kelompok, atau paling tidak varian yang mungkin dihadapi seseorang. Pilihan anggota kelompok tertentu untuk digunakan dalam vaksin dibuat dengan hati-hati dan musyawarah.

( Proses Manufaktur

Membuat vaksin anti-virus hari ini adalah proses yang rumit bahkan setelah yang sulit tugas menciptakan vaksin potensial di laboratorium. Perubahan dari pembuatan vaksin potensial dalam jumlah kecil ke pembuatan galon vaksin yang aman dalam situasi produksi dramatis, dan prosedur laboratorium sederhana mungkin tidak bisa menerima situasi “peningkatan”.

Biji

1 Manufaktur dimulai dengan sejumlah kecil virus tertentu (atau biji). Virus harus bebas dari kotoran, termasuk virus serupa lainnya dan bahkan variasi dari jenis virus yang sama. Selain itu, benih harus disimpan dalam kondisi “ideal”, biasanya beku, yang mencegah virus menjadi lebih kuat atau lebih lemah dari yang diinginkan. Disimpan dalam gelas kecil atau wadah plastik, berjumlah sekecil hanya 5 atau 10 sentimeter kubik, tetapi mengandung ribuan jika tidak jutaan virus, pada akhirnya akan menyebabkan beberapa ratus liter vaksin. Freezerdipertahankan pada suhu tertentu; grafik dan / atau memanggil di luar freezer menyimpan catatan suhu yang terus menerus. Sensor akan memicu sinyal alarm yang terdengar dan / atau alarm komputer jika suhu freezer di luar jangkauan.

Menumbuhkan virus

2 Setelah mencairkan dan menghangatkan virus benih di bawah kondisi yang ditentukan dengan cermat (yaitu, pada suhu kamar atau dalam penangas air), sejumlah kecil sel virus ditempatkan ke dalam “pabrik sel”, sebuah mesin kecil yang, dengan tambahan media yang tepat, memungkinkan sel-sel virus berkembang biak. Setiap jenis virus tumbuh paling baik di media khusus untuk itu, didirikan di prosedur laboratorium pra-manufaktur, tetapi semua mengandung protein dari mamalia dalam satu bentuk atau lainnya, seperti protein yang dimurnikan dari darah sapi. Media juga mengandung protein dan senyawa organik lain yang mendorong reproduksi sel-sel virus. Sejauh menyangkut virus, medium di pabrik sel adalah tuan rumah untuk reproduksi. Dicampur dengan media yang sesuai,

3 Selain suhu, faktor-faktor lain harus dipantau, termasuk pH campuran. pH adalah ukuran keasaman atau kebasaan, diukur pada skala dari 0 hingga 14, dan virus harus disimpan pada pH yang ditentukan dalam pabrik sel. Air biasa, yang Vaksin tidak asam atau basa (netral) memiliki pH 7. Meskipun wadah di mana sel-sel tumbuh tidak terlalu besar (mungkin ukuran 4-8 liter pot), ada sejumlah katup, tabung, dan sensor terhubung. Sensor memantau pH dan suhu, dan ada berbagai koneksi untuk menambahkan media atau bahan kimia seperti oksigen untuk menjaga pH, tempat untuk menarik sampel untuk analisis mikroskopis, dan pengaturan steril untuk menambahkan komponen pabrik sel dan menarik produk antara ketika siap.

4 Virus dari pabrik sel kemudian dipisahkan dari medium, dan ditempatkan dalam medium kedua untuk pertumbuhan tambahan. Metode awal 40 atau 50 tahun yang lalu menggunakan botol untuk menahan campuran, dan pertumbuhan yang dihasilkan adalah satu lapisan virus yang mengambang di media. Segera ditemukan bahwa jika botol itu berubah ketika virus tumbuh, bahkan lebih banyak virus dapat diproduksi karena lapisan virus tumbuh di semua permukaan bagian dalam botol. Penemuan penting pada tahun 1940-an adalah pertumbuhan sel sangat dirangsang oleh penambahan enzim ke media, yang paling umum digunakan adalah tripsin. Enzim adalah protein yang juga berfungsi sebagai katalis dalam memberi makan dan pertumbuhan sel.

Dalam praktik saat ini, botol tidak digunakan sama sekali. Virus yang berkembang disimpan dalam wadah yang lebih besar dari tetapi mirip dengan pabrik sel, dan dicampur dengan “manik-manik,” di dekat partikel-partikel mikroskopik yang dapat menempelkan virus. Penggunaan manik-manik menyediakan virus dengan area yang jauh lebih besar untuk melekatkan diri pada, dan akibatnya, pertumbuhan virus yang jauh lebih besar. Seperti di pabrik sel, suhu dan pH dikontrol secara ketat. Waktu yang dihabiskan untuk menumbuhkan virus bervariasi sesuai dengan jenis virus yang diproduksi, dan, dalam setiap kasus, merupakan rahasia yang dijaga ketat oleh pabrikan.

Pemisahan

5 Ketika ada jumlah virus yang cukup, mereka dipisahkan dari manik-manik dengan satu atau lebih cara. Kaldu mungkin dipaksa melalui filter dengan bukaan yang cukup besar untuk memungkinkan virus melewatinya, tetapi cukup kecil untuk mencegah manik-manik melewatinya. Campuran tersebut mungkin disentrifugasi beberapa kali untuk memisahkan virus dari manik-manik dalam wadah dari mana mereka dapat ditarik. Masih ada alternatif lain untuk membanjiri campuran manik itu dengan medium lain yang mencuci virus dari manik-manik.

Memilih ketegangan

Vaksin akhirnya akan terbuat dari virus yang dilemahkan (dilemahkan), atau virus yang terbunuh. Pilihan satu atau yang lain tergantung pada sejumlah faktor termasuk kemanjuran vaksin yang dihasilkan, dan efek sekundernya. Vaksin ru, yang dikembangkan hampir setiap tahun sebagai tanggapan terhadap varian baru dari virus penyebab, selalu merupakan vaksin yang dilemahkan. Virulensi virus dapat menentukan pilihan; vaksin rabies, misalnya, selalu vaksin yang terbunuh.

6 Jika vaksin dilemahkan, virus biasanya dilemahkan sebelum melewati proses produksi. Strain yang dipilih dengan hati-hati dikultur (tumbuh) berulang kali di berbagai media. Ada strain virus yang benar-benar menjadi lebih kuat saat mereka tumbuh. Strain ini jelas tidak dapat digunakan untuk vaksin yang dilemahkan. Strain lain menjadi terlalu lemah karena mereka dikultur berulang kali, dan ini juga tidak dapat diterima untuk penggunaan vaksin. Seperti bubur, kursi, dan tempat tidur yang disukai Goldilocks, hanya beberapa virus “tepat”, mencapai tingkat atenuasi yang membuat mereka dapat diterima untuk penggunaan vaksin, dan tidak berubah dalam kekuatan. Molekul terbaru teknologi telah memungkinkan redaman virus hidup dengan manipulasi molekuler, tetapi metode ini masih jarang.

7 Virus ini kemudian dipisahkan dari media di mana ia telah tumbuh. Vaksin yang memiliki beberapa tipe (seperti umumnya) digabungkan sebelum dikemas. Jumlah aktual vaksin yang diberikan kepada pasien akan relatif kecil dibandingkan dengan media di mana diberikan. Keputusan tentang apakah akan menggunakan air, alkohol, atau beberapa solusi lain untuk vaksin suntik, misalnya, dilakukan setelah tes berulang untuk keamanan, kemandulan, dan stabilitas.

( Kontrol kualitas

Untuk melindungi kemurnian vaksin dan keselamatan pekerja yang membuat dan mengemas vaksin, kondisi kebersihan laboratorium diamati selama prosedur. Semua transfer virus dan media dilakukan di bawah kondisi steril, dan semua instrumen yang digunakan disterilisasi dalam autoclave (mesin yang membunuh organisme dengan panas, dan yang mungkin sekecil kotak permata atau sebesar elevator) sebelum dan sesudahnya. menggunakan. Pekerja yang melakukan prosedur mengenakan pakaian pelindung yang meliputi gaun tyvek sekali pakai, sarung tangan, sepatu boot, jaring rambut, dan masker wajah. Ruang-ruang produksi itu sendiri dikondisikan khusus sehingga ada sejumlah kecil partikel di udara.

( Proses Persetujuan

Agar resep obat yang akan dijual di Amerika Serikat, produsen obat harus memenuhi persyaratan lisensi ketat yang ditetapkan oleh hukum dan diberlakukan oleh Food and Drug Administration (FDA).

Semua obat yang diresepkan harus menjalani tiga fase pengujian, meskipun data dari fase kedua terkadang dapat digunakan untuk memenuhi persyaratan fase ketiga. Pengujian fase 1 harus membuktikan bahwa obat aman, atau setidaknya tidak ada efek yang tidak diinginkan atau tidak diharapkan akan terjadi dari administrasinya. Jika obat melewati pengujian Tahap I, maka harus diuji keampuhannya — obat itu harus melakukan apa yang seharusnya dilakukan; obat tidak dapat dijual yang tidak berguna, atau yang membuat klaim untuk efek yang tidak ada. Akhirnya, pengujian Fase III dirancang untuk mengukur efektivitas obat atau obat. Meskipun vaksin diharapkan memiliki keefektifan mendekati 100%, obat-obatan tertentu mungkin dapat diterima bahkan jika mereka memiliki efektivitas terbatas,

Seluruh proses manufaktur ditinjau dengan hati-hati oleh FDA yang memeriksa catatan prosedur serta mengunjungi situs manufaktur itu sendiri. Setiap langkah dalam proses manufaktur harus didokumentasikan, dan pabrikan harus menunjukkan “keadaan kontrol” untuk proses manufaktur. Ini berarti bahwa catatan teliti harus disimpan untuk setiap langkah dalam proses, dan harus ada instruksi tertulis untuk setiap langkah proses. Kecuali dalam kasus kesalahan memilukan, FDA tidak menentukan apakah setiap langkah dalam suatu proses benar, tetapi hanya bahwa itu aman dan didokumentasikan cukup untuk dilakukan sebagai produsen menetapkan.

( Masa depan

Memproduksi vaksin antivirus yang dapat digunakan dan aman melibatkan banyak langkah yang sayangnya tidak selalu dapat dilakukan untuk setiap virus. Masih banyak yang harus dilakukan dan dipelajari. Metode baru manipulasi molekuler telah menyebabkan lebih dari satu ilmuwan percaya bahwa teknologi vaksin baru sekarang memasuki “zaman keemasan”. Penyempitan vaksin yang ada dimungkinkan di masa depan. Vaksin rabies, misalnya, menghasilkan efek samping yang membuat vaksin tidak memuaskan untuk imunisasi massal; di Amerika Serikat, vaksin rabies sekarang digunakan hanya pada pasien yang telah tertular virus dari hewan yang terinfeksi dan mungkin, tanpa imunisasi, untuk mengembangkan penyakit mematikan.

Virus HIV, yang diyakini oleh para ahli biologi sebagai penyebab AIDS, saat ini tidak dapat menerima metode produksi vaksin tradisional. Virus AIDS dengan cepat bermutasi dari satu strain ke strain lain, dan setiap strain yang diberikan tampaknya tidak memberikan kekebalan terhadap strain lain. Selain itu, efek imunisasi terbatas baik dari virus yang dilemahkan atau dibunuh tidak dapat ditunjukkan baik di laboratorium atau pada hewan uji. Belum ada vaksin HIV yang dikembangkan.

( Di mana Untuk Mempelajari Lebih Lanjut

Buku-buku
Dulbecco, Renato, dan Harold S. Ginsberg. Ilmu pengetahuan virus. Edisi kedua. JB Lippincott Company, 1988.
Plotkin, Stanley A. dan Edward A. Mortimer, Jr., eds. Vaksin. WB Saunders Company, 1988.
– Lawrence H. Berlow

Baca juga artikel tentang Vaksin dari Wikipedia”.

(Google Translate Chrome extension, tautan ke laman dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2Occ7r4).

——

(3) NCBI: “Dasar-dasar Imunologi Vaksin

Angela S Clem
Informasi penulis ► Hak cipta dan Informasi lisensi ► Penafian
Artikel ini telah dikutip oleh artikel lain di PMC.

Abstrak

Dari tinjauan literatur literatur saat ini, artikel ini memberikan pengenalan imunologi vaksin termasuk primer pada komponen sistem kekebalan tubuh, imunisasi pasif vs aktif, mekanisme (s) dimana imunisasi merangsang (s) kekebalan, dan jenis vaksin yang tersedia. Baik subsistem imun bawaan dan adaptif diperlukan untuk memberikan respon imun yang efektif terhadap imunisasi. Lebih lanjut, imunisasi yang efektif harus menginduksi stimulasi jangka panjang dari kedua lengan humoral dan cell-mediated dari sistem adaptif oleh produksi sel efektor dan sel memori. Setidaknya ada tujuh jenis vaksin yang saat ini digunakan atau dalam perkembangan yang menghasilkan kekebalan yang efektif ini dan telah berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit menular di seluruh dunia.

Kata kunci: Imunitas adaptif, sistem kekebalan, imunisasi, Vaksin

PENGANTAR

Pada awal abad ke-15, baik orang Cina maupun Turki berusaha untuk menimbulkan kekebalan terhadap cacar menggunakan kerak kering dari lesi cacar dengan menghirup lesi yang hancur atau memasukkannya ke luka kecil. Upaya kasar awal ini pada imunisasi menyebabkan eksperimen lebih lanjut dengan imunisasi oleh Lady Mary Wortley Montagu pada 1718 dan Edward Jenner pada 1798. Percobaan Edward Jenner dengan cacar sapi untuk merangsang kekebalan cacar lebih dikenal daripada upaya-upaya awal imunisasi. [ 1 ]

Upaya awal ini telah menyebabkan kebanyakan vaksin yang tersedia saat ini. Meskipun upaya ini berhasil memberikan kekebalan, proses mendasar yang diperlukan untuk menghasilkan kekebalan ini tidak diketahui.

Dari tinjauan literatur literatur saat ini, artikel ini akan memberikan pengenalan imunologi vaksin termasuk primer pada komponen sistem kekebalan tubuh, imunisasi pasif vs aktif, mekanisme (s) dimana imunisasi merangsang (s) kekebalan, dan jenis vaksin yang tersedia.

KOMPONEN SISTEM KEKEBALAN

Sistem kekebalan dapat dibagi menjadi dua subsistem utama, sistem resistensi bawaan / umum dan sistem adaptif. Baik sistem bawaan maupun sistem adaptif terus berinteraksi satu sama lain untuk memberikan respons imun yang efektif.

Sistem imun bawaan atau resistansi umum mencakup berbagai tindakan protektif yang terus berfungsi dan menyediakan garis pertahanan pertama terhadap agen patogen. Namun, tanggapan ini tidak spesifik untuk agen patogen tertentu. Sebaliknya, sel-sel imun bawaan adalah spesifik untuk pola-pola molekuler yang dilestarikan yang ditemukan pada semua mikroorganisme. Ini mencegah sistem kekebalan tubuh bawaan dari secara tidak sengaja mengenali sel inang dan menyerangnya. Namun, ini mencegah respon imun bawaan dari meningkatkan reaksi mereka dengan paparan berulang-ulang ke agen patogen yang sama. Dengan kata lain, sistem kekebalan tubuh bawaan tidak memiliki memori.

Pertahanan pelindung sistem kekebalan tubuh bawaan dimulai dengan hambatan anatomi seperti kulit utuh dan selaput lendir yang mencegah masuknya banyak mikroorganisme dan agen beracun. Kulit juga memiliki lingkungan asam pH 3-5 yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu, mikroorganisme atau flora normal, yang menghuni kulit dan selaput lendir bersaing dengan mikroorganisme lain untuk nutrisi dan tempat pelekatan. Lebih lanjut, lendir dan silia pada selaput lendir membantu menangkap mikroorganisme dan mendorong mereka keluar dari tubuh. [ 1 ]

Selanjutnya, sistem kekebalan tubuh bawaan termasuk hambatan fisiologis seperti suhu tubuh normal, demam, keasaman lambung, lisozim, interferon, dan kolektin. Kisaran suhu tubuh normal menghambat berbagai mikroorganisme; dan, perkembangan demam dapat lebih menghambat banyak organisme patogen ini. Keasaman lambung perut juga cukup efektif dalam menghilangkan banyak mikroorganisme yang dicerna. Lisozim, yang merupakan enzim hidrolitik yang ditemukan dalam air mata dan sekresi lendir, dapat membelah lapisan peptidoglycan dari dinding sel bakteri sehingga melisiskan mikroorganisme. [ 1 ] Interferon (s), yang termasuk (s) sekelompok protein yang dihasilkan oleh sel yang terinfeksi virus, dapat berikatan dengan sel yang tidak terinfeksi dan menghasilkan keadaan antivirus umum. [ 1] Kolektin adalah protein surfaktan yang terdapat dalam serum, sekresi paru-paru, dan pada permukaan mukosa. Mereka dapat secara langsung membunuh mikroorganisme patogen tertentu dengan mengganggu membran lipid mereka atau secara tidak langsung oleh mikroorganisme penggumpalan untuk meningkatkan kerentanan mereka terhadap fagositosis. [ 1 , 2 ]

Jalur pelengkap juga merupakan bagian dari langkah pertahanan sistem kekebalan tubuh bawaan. Ada tiga jalur pelengkap. Jalur klasik dipicu ketika antibodi IgM atau subclass antibodi IgG tertentu mengikat penanda permukaan / antigen pada mikroorganisme. Jalur alternatif atau properdin dipicu oleh pengendapan protein pelengkap, C3b, ke permukaan mikroba dan tidak memerlukan antibodi untuk aktivasi. Jalur ketiga, lektin jalur, dipicu oleh lampiran plasma mannose-binding lectin (MBL) untuk mikroba dan tidak memerlukan antibodi untuk aktivasi. Ketiga jalur ini bergabung menjadi jalur umum yang mengarah pada pembentukan kompleks serangan membran yang dapat membentuk pori-pori dalam membran sel yang ditargetkan.3 ]

Respon inflamasi adalah bagian penting dari respon imun bawaan. Respons peradangan adalah reaksi tubuh terhadap invasi oleh agen infeksi, tantangan antigenik, atau jenis kerusakan fisik apa pun. Respons peradangan memungkinkan produk sistem kekebalan masuk ke area infeksi atau kerusakan dan ditandai oleh tanda-tanda kardinal kemerahan, panas, nyeri, bengkak, dan hilangnya fungsi. [ 1 ]

Selain mekanisme anatomi dan fisiologis, ada juga reseptor pengenalan pola atau PRR yang berkontribusi pada respon imun bawaan. Reseptor pengenalan pola tidak spesifik untuk patogen atau antigen tertentu, tetapi dapat memberikan respon cepat terhadap antigen. PRR diklasifikasikan sebagai protein membran karena mereka terkait dengan membran sel; dan, mereka dapat ditemukan di semua membran sel dalam sistem kekebalan tubuh bawaan. Meskipun ada beberapa ratus varietas, semua gen PRR disandi di dalam germline untuk memastikan variabilitas terbatas dalam struktur molekulnya. Contoh PRR termasuk MBL, protein surfaktan paru, protein C-reaktif, reseptor tol seperti (TLRs), C-Type lectin, NOD, dan MX. PRRs mengenali PAMPs atau patogen terkait pola molekuler yang dapat memicu pelepasan sitokin. Contoh PAMP termasuk LPS (endotoksin), peptidoglikan (dinding sel), lipoprotein (kapsul bakteri), DNA hypomethylated (CpG ditemukan pada bakteri dan parasit), DNA untai ganda (virus), dan flagellin (flagella bakteri). Antigen ini diproduksi oleh sel-sel mikroba dan bukan oleh sel manusia. Pengenalan PAMPs oleh PRRs mengarah untuk melengkapi aktivasi, opsonisasi, pelepasan sitokin, dan aktivasi fagosit. [1 , 4 – 6 ]

Akhirnya, fagosit mononuklear dan sel granulositik juga penting untuk respon bawaan dan membantu menghubungkan respon imun bawaan dengan respon imun adaptif. Fagosit mononuklear termasuk monosit yang beredar di dalam darah dan makrofag yang berada di jaringan. Monosit dan makrofag sangat penting dalam presentasi antigen, fagositosis, produksi sitokin, dan aktivitas antimikroba dan sitotoksik. [ 7 ]

Setelah matang monosit, monosit beredar dalam darah selama sekitar 8 jam, kemudian bermigrasi ke jaringan dan berdiferensiasi menjadi makrofag jaringan tertentu atau ke sel dendritik. Ada beberapa jenis sel dendritik yang terlibat dalam berbagai aspek fungsi kekebalan. Banyak sel dendritik penting dalam menyajikan antigen ke sel T-helper. Namun, sel dendritik folikel hanya ditemukan di folikel limfatik dan terlibat dalam pengikatan kompleks antigen-antibodi di kelenjar getah bening. [ 1 , 6 , 7 ]

Sel granulocytic termasuk neutrofil, eosinofil, dan sel basofil / mast. Neutrofil adalah sel fagositik yang sangat aktif dan umumnya tiba lebih dulu di tempat peradangan. Eosinofil juga sel fagositik; Namun, mereka lebih penting dalam resistensi terhadap parasit. Basofil dalam darah dan sel mast di jaringan melepaskan histamin dan zat lain dan penting dalam perkembangan alergi. [ 1 , 7 ]

Sistem bawaan mungkin dapat membasmi agen patogen tanpa bantuan lebih lanjut dari sistem adaptif; atau, sistem bawaan dapat merangsang sistem imun adaptif untuk terlibat dalam memberantas agen patogen. [ 1 , 4 ]

Berbeda dengan sistem imun bawaan, tindakan sistem imun adaptif khusus untuk agen patogen tertentu. Respons ini akan memakan waktu lebih lama daripada respons bawaan. Namun, sistem imun adaptif memiliki memori yang berarti bahwa sistem kekebalan adaptif akan merespon lebih cepat terhadap patogen tertentu dengan setiap paparan berturut-turut. [ 4 ]

Respon imun adaptif terdiri dari B-sel / antibodi dan sel-T. Ini adalah dua lengan dari sistem kekebalan adaptif. B-sel dan antibodi membentuk imunitas humoral atau kekebalan yang dimediasi oleh antibodi; dan, T-sel membentuk imunitas seluler. Sebagai catatan, sel pembunuh alami juga berasal dari garis keturunan limfosit seperti sel B dan sel T; Namun, sel pembunuh alami hanya terlibat dalam respon imun bawaan. [ 1 , 7 ]

Lengan pertama dari sistem kekebalan adaptif adalah imunitas humoral, fungsi melawan agen patogen ekstraseluler dan racun. Sel-B diproduksi di sumsum tulang dan kemudian melakukan perjalanan ke kelenjar getah bening. Dalam kelenjar getah bening, sel B naif terus matang dan terpapar dengan agen patogen yang terperangkap di kelenjar getah bening tertentu. Tidak seperti T-sel, sel-B dapat mengenali antigen dalam bentuk asli mereka yang berarti bahwa sel-B dapat mengenali antigen tanpa memerlukan bahwa antigen diproses oleh sel antigen-presenting dan kemudian disajikan oleh sel T-helper. [ 4] Antigen ini disebut antigen T-independen karena aktivasi sel-T tidak diperlukan untuk mengaktifkan sel-sel B. Contoh dari antigen T-independen ini termasuk lipopolisakarida, dekstran, dan flagellin polimerik bakteri. Antigen ini biasanya adalah molekul polimerik besar dengan determinan antigenik yang berulang. Antigen-antigen ini juga dapat menginduksi banyak sel B untuk diaktifkan; namun, respons imun lebih lemah dan induksi memori lebih lemah dibandingkan dengan aktivasi sel T-helper. Sebaliknya, aktivasi sel B dengan aktivasi sel T-helper menghasilkan respons imun yang jauh lebih baik dan memori yang lebih efektif. Respons imun jangka panjang yang efektif ini adalah jenis reaksi yang merupakan tujuan imunisasi. [ 1] Dengan pengikatan antigen ke wilayah Fab pada reseptor sel-B dan pensinyalan sekunder dari sitokin yang dilepaskan oleh sel T-helper, sel B mulai mengalami hypermutation somatik di wilayah Fab yang selanjutnya meningkatkan kesesuaian yang sesuai antara wilayah Fab dan antigen. Proses ini kemudian menstimulasi sel B (s) untuk matang menjadi sel plasma yang kemudian memulai produksi antibodi tertentu dengan kesesuaian yang sesuai dengan antigen. [ 1 ]

Dari sel-sel B yang distimulasi ini, klon-klon B-sel dengan spesifisitas untuk antigen tertentu akan muncul. Sel-sel ini dapat menjadi sel-sel plasma yang memproduksi antibodi atau sel-sel memori yang akan tetap berada di kelenjar getah bening untuk merangsang respon imun baru terhadap antigen tertentu. Ini terjadi selama respon imun primer ketika sistem kekebalan tubuh pertama kali terkena antigen tertentu. [ 4 ]

Proses seleksi dan perluasan klonal ini akan memakan waktu beberapa hari; dan, terutama melibatkan produksi IgM. IgM adalah antibodi pertama yang diproduksi selama respon imun primer. [ 7 ]

Ketika respon imun berlangsung, sel plasma yang diaktifkan akan mulai memproduksi IgG khusus untuk antigen tertentu. Meskipun IgM adalah antibodi pertama yang diproduksi dan merupakan antibodi yang jauh lebih besar, IgG adalah antibodi penetralisir yang lebih baik. IgG mengikat lebih efektif ke antigen dan membantu dalam opsonisasi. [ 1 ]

Sebagai catatan, antibodi lain dapat diproduksi oleh sel plasma. Antibodi ini termasuk IgD, IgA, dan IgE. IgD terutama ditemukan sebagai reseptor yang terikat pada permukaan sel B matang. Sementara, IgA adalah antibodi yang ditemukan dalam sekresi seperti lendir, air liur, air mata, dan ASI; dan, IgE adalah antibodi yang terlibat dalam reaksi alergi dan infeksi parasit. Namun, antibodi terpenting untuk vaksin adalah IgG. [ 7 ]

Dengan sel-sel memori yang telah diproduksi dengan respon imun primer, setiap eksposur yang terjadi pada antigen akan menghasilkan respons imun sekunder yang lebih cepat dan efektif. Dengan respon imun sekunder ini, reaksinya akan lebih cepat, lebih besar, dan terutama terdiri dari IgG. [ 7 ]

Adapun lengan kekebalan adaptif lainnya, imunitas seluler, berfungsi terutama terhadap patogen intraseluler. T-sel matang di timus dan kemudian dilepaskan ke aliran darah. Ada dua jenis utama sel-T, sel CD4 dan sel CD8. [ 1 , 4 ]

Sel CD4 atau sel T-helper memiliki co-reseptor CD4 dan hanya mengenali protein major histocompatibility complex (MHC) II. Protein MHC II ditemukan pada semua sel kekebalan dan bertindak sebagai penanda sel kekebalan.

Sel CD4 sangat penting untuk kekebalan yang dimediasi antibodi dan dalam membantu sel B mengontrol patogen ekstraseluler. Ada dua himpunan bagian dari sel CD4, Th1 dan Th2. Sel Th1 membantu mempromosikan imunitas seluler; dan, sel Th2 membantu mempromosikan kekebalan yang dimediasi antibodi. [ 1 , 4 ]

Sel CD8 atau sel T-sitotoksik memiliki reseptor CD8 dan hanya mengenali protein major histocompatibility complex (MHC) I. Protein MHC I ditemukan pada semua sel tubuh berinti kecuali eritrosit matang dan bertindak sebagai penanda sel-sel tubuh. Sel CD8 sangat penting untuk imunitas seluler dan dalam membantu mengendalikan patogen intraseluler. [ 1 , 4 ]

Tidak seperti sel-B, T-sel hanya dapat mengenali antigen yang telah diproses dan disajikan oleh sel-sel antigen-presentasi. Ada dua jenis pemrosesan antigen. [ 4 , 7 ]

Pengolahan antigen tipe pertama melibatkan pelekatan antigen intraseluler bersama dengan protein MHC I ke permukaan sel pemrosesan antigen. Ini terjadi dengan antigen virus dan sel tumor. [ 1 ]

Pengolahan antigen jenis lainnya melibatkan pelekatan antigen ekstraseluler bersama dengan protein MHC II ke permukaan sel yang menyajikan antigen. Ini terjadi dengan antigen bakteri dan parasit. [ 1 ]

Setelah sel-T telah diaktifkan oleh sel antigen-penyajian, sel itu mulai menjalankan fungsinya tergantung pada apakah sel CD4 atau sel CD8. Seperti halnya sel B, sel T yang diaktifkan juga mengalami ekspansi klonal yang menghasilkan tambahan T-sel efektor untuk infeksi saat ini dan memori T-sel untuk infeksi masa depan dengan antigen ini. [ 1 ]

JENIS IMUNISASI

Imunisasi dapat berasal dari cara pasif atau aktif. Sarana ini bisa berasal dari sumber alami atau buatan. Sumber alami adalah karena paparan lingkungan, manusia, dan hewan. Sebaliknya, sumber buatan adalah karena intervensi medis.

Imunisasi pasif terjadi dengan transfer ke antibodi preformed kepada individu yang tidak diimunisasi. Individu ini kemudian akan mengembangkan kekebalan sementara terhadap organisme atau toksin tertentu karena adanya antibodi yang terbentuk sebelumnya. Setelah antibodi preformed ini telah dihancurkan, individu tidak akan lagi memiliki kekebalan terhadap mikroorganisme atau toksin ini. [ 8 ]

Imunisasi pasif dapat terjadi secara alami atau artifisial. Contoh yang sangat baik dari imunisasi pasif alami adalah lewatnya antibodi maternal melalui plasenta ke janin dan perjalanan antibodi maternal ini ke bayi melalui kolostrum dan susu. [ 1 , 9 ]

Contoh yang sangat baik dari imunisasi pasif buatan termasuk pemberian gabungan gamma globulin imun manusia dan antivenin. Gamma globulin dan antivenin ini memberikan kekebalan sementara terhadap penyakit atau racun tertentu. Bersamaan dengan efek-efek imunitas sementara ini dari antibodi yang terbentuk sebelumnya, tubuh individu itu sendiri kemungkinan berada pada tahap awal pengembangan respon imun aktifnya sendiri. [ 1 ]

Imunisasi aktif terjadi dengan paparan individu yang tidak diimunisasi ke agen patogen. Sistem kekebalan tubuh individu ini kemudian memulai proses mengembangkan kekebalan terhadap agen ini. Berbeda dengan imunisasi pasif, imunisasi aktif biasanya menghasilkan kekebalan jangka panjang karena stimulasi sistem kekebalan individu. Proses merangsang sistem kekebalan tubuh melawan agen patogen akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini. [ 9 ]

Imunisasi aktif dapat terjadi secara alami atau artifisial. Contoh yang sangat baik dari imunisasi aktif alami adalah paparan influenza. Tubuh kemudian memulai proses mengembangkan kekebalan jangka panjang terhadap virus influenza.

Contoh yang sangat baik dari imunisasi aktif buatan termasuk berbagai jenis imunisasi yang akan dibahas dalam artikel ini. Imunisasi ini meniru stimulasi yang diperlukan untuk perkembangan kekebalan namun tidak menghasilkan penyakit aktif. [ 1 , 9 ]

STIMULASI IMUNITAS DENGAN VAKSIN

Seperti halnya tantangan terhadap sistem kekebalan, tubuh harus terlebih dahulu mendeteksi ancaman apakah itu agen patogen atau imunisasi. Deteksi awal ini biasanya dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh bawaan; meskipun, B-sel juga dapat melakukan fungsi ini. Proses deteksi ini dimulai ketika sistem kekebalan mengenali epitop pada antigen. Epitop adalah subregion kecil pada antigen yang mensimulasikan pengenalan kekebalan.

Beberapa komponen dari sistem kekebalan tubuh bawaan akan merespon tantangan ini. Komponen-komponen imunitas bawaan ini akan membasmi atau mengikat pada agen dan membantu dalam lukanya oleh sel-sel yang menyajikan antigen seperti makrofag atau monosit. Sel-sel yang menyajikan antigen ini kemudian akan memproses antigen dari agen patogen ini dan memasukkan antigen yang diproses bersama dengan protein MHC ke permukaan pada sel yang menyajikan antigen. [ 10 ]

Jika itu adalah antigen virus, antigen akan terikat dengan protein MHC I dan disajikan oleh sel antigen-presenting ke sel CD8 yang kemungkinan akan memicu imunitas seluler. Jika itu adalah antigen bakteri atau parasit, antigen akan terikat dengan protein MHC II dan disajikan oleh sel antigen-presenting ke sel CD4 yang kemungkinan akan memicu kekebalan antibodi-mediated. [ 1 ]

LANCAR / PENGEMBALIAN JENIS VAKSIN BAWAH

Ada berbagai jenis vaksin yang sedang digunakan atau dalam pengembangan untuk pencegahan penyakit menular. Dalam kondisi yang ideal, vaksin harus memicu sistem imun bawaan dan kedua lengan dari sistem imun adaptif. [ 11 ] Namun, setiap jenis vaksin memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat mempengaruhi rangsangan sistem kekebalan tubuh dan dengan demikian membatasi kegunaan vaksin ketik. [ 12 ]

Pertama, vaksin hidup yang dilemahkan seperti yang dicontohkan oleh vaksin terhadap campak, gondong, dan cacar air mengandung versi yang dilemahkan oleh laboratorium dari agen patogenik yang asli. Oleh karena itu, vaksin ini menghasilkan tanggapan seluler dan antibodi yang kuat dan biasanya menghasilkan kekebalan jangka panjang dengan hanya satu hingga dua dosis vaksin. Biasanya, lebih mudah untuk membuat vaksin hidup, dilemahkan dengan virus daripada bakteri karena virus memiliki gen yang lebih sedikit sehingga lebih mudah untuk mengendalikan karakteristik virus. Namun, karena vaksin ini mengandung mikroorganisme hidup, pendinginan diperlukan untuk menjaga potensi; dan, ada kemungkinan kembali ke bentuk virulen asli dari agen patogen. Selain itu, vaksin hidup tidak dapat diberikan kepada individu dengan sistem kekebalan yang lemah karena vaksin tersebut menghasilkan penyakit yang sebenarnya.

Vaksin inaktif seperti yang dicontohkan oleh vaksin influenza yang tidak aktif diproduksi dengan menghancurkan agen patogen dengan bahan kimia, panas, atau radiasi. Inaktivasi mikroorganisme ini membuat vaksin lebih stabil. Vaksin ini tidak memerlukan pendinginan dan dapat dibekukan untuk transportasi. Namun, vaksin ini menghasilkan tanggapan kekebalan yang lebih lemah sehingga diperlukan suntikan tambahan untuk mempertahankan kekebalan. [ 12 ]

Dalam percobaan dengan tikus oleh Raz dkk ., Vaksin yang dibuat dari bakteri Listeria monocytogenes yang diiradiasi , daripada bakteri yang mati karena panas, menunjukkan perlindungan terhadap tantangan dengan Listeria hidup . Vaksin yang diradiasi juga menstimulasi respon protektif dari sel-sel T yang sebelumnya hanya terbukti terjadi dengan vaksin yang terbuat dari bakteri Listeria yang hidup dan lemah . [ 11 ]

Vaksin subunit seperti yang dicontohkan oleh vaksin hepatitis B rekombinan hanya mencakup epitop (bagian spesifik dari antigen yang antibodi atau sel-T mengenali dan mengikat) yang paling mudah merangsang sistem kekebalan tubuh. Karena vaksin ini hanya menggunakan beberapa antigen spesifik, ini mengurangi kemungkinan reaksi yang merugikan; Namun, kekhususan ini meningkatkan kesulitan menentukan antigen yang harus dimasukkan dalam vaksin.

Vaksin tokso sebagaimana dicontohkan oleh vaksin difteri dan tetanus diproduksi dengan menginaktivasi racun bakteri dengan formalin. Toksoid ini menstimulasi respon imun terhadap racun bakteri.

Vaksin konjugasi seperti yang dicontohkan oleh vaksin Haemophilus influenzae tipe B (Hib) adalah jenis khusus dari subunit vaksin. Dalam vaksin konjugat, antigen atau toksoid dari mikroba terkait dengan polisakarida dari lapisan luar mikroba tersebut untuk merangsang kekebalan (terutama pada bayi).

Vaksin DNA telanjang masih dalam tahap pengembangan eksperimental. Vaksin-vaksin ini akan menggunakan DNA spesifik untuk antigen mikroba untuk merangsang kekebalan. DNA ini akan diberikan dengan suntikan dan kemudian sel-sel tubuh akan mengambil DNA.

Sel-sel tubuh ini kemudian akan mulai memproduksi antigen dan menampilkannya di permukaan mereka yang kemudian akan merangsang sistem kekebalan tubuh. Vaksin ini akan menghasilkan respon antibodi yang kuat terhadap antigen bebas dan respon seluler yang kuat terhadap antigen mikroba yang ditampilkan pada permukaan sel. Vaksin ini juga dianggap relatif mudah dan murah untuk dibuat dan diproduksi. Vaksin DNA telanjang untuk influenza dan herpes masih dalam tahap perkembangan. [ 12 ]

Vaksin vektor rekombinan adalah vaksin eksperimental yang menggunakan virus yang dilemahkan atau mikroba untuk memperkenalkan DNA mikroba ke dalam sel tubuh. Vaksin viral ini akan siap meniru infeksi alami sehingga merangsang sistem kekebalan tubuh.

Bakteri yang dilemahkan juga bisa memiliki materi genetik untuk antigen dari mikroba patogen yang dimasukkan. Antigen-antigen ini dari mikroba patogenik kemudian akan ditampilkan pada mikroba yang tidak berbahaya yang meniru patogen dan menstimulasi sistem kekebalan. Vaksin rekombinan baik yang berbasis bakteri maupun virus, untuk HIV, rabies, dan campak berada dalam tahap percobaan. [ 12 ]

Selain vaksin ini, ada penelitian yang meneliti kemungkinan meningkatkan adjuvan vaksin yang akan menargetkan sistem kekebalan tubuh bawaan. Adjuvant ini akan jatuh ke dalam dua kelas, baik sistem pengiriman (seperti mikropartikel kationik) atau potensiator imun (seperti sitokin atau PRR). Sistem pengiriman mungkin akan digunakan untuk berkonsentrasi dan menampilkan antigen dalam pola berulang, untuk membantu melokalisasi antigen dan potensiator imun, dan untuk menargetkan antigen dalam vaksin ke sel-sel yang menyajikan antigen. Sementara, potensiator imun akan digunakan untuk mengaktifkan sistem imun bawaan secara langsung. [ 6 ]

RINGKASAN
Baik subsistem imun bawaan dan adaptif diperlukan untuk memberikan respon imun yang efektif apakah untuk agen patogen yang sebenarnya atau untuk imunisasi. Selanjutnya, imunisasi yang efektif harus menginduksi stimulasi jangka panjang dari kedua lengan humoral dan sel-mediated dari sistem adaptif oleh produksi sel efektor untuk infeksi saat ini dan sel-sel memori untuk infeksi masa depan dengan agen patogen. Setidaknya ada tujuh jenis vaksin yang saat ini digunakan atau dalam perkembangan yang menghasilkan kekebalan yang efektif ini dan telah berkontribusi besar terhadap pencegahan penyakit menular di seluruh dunia.

Catatan kaki
Sumber Dukungan: Nil.
Konflik Kepentingan: Tidak ada yang dinyatakan.

REFERENSI
1. Goldsby RA, Kindt TJ, Osborne BA, Kuby J. New York: Freeman. 2003
2. Hartshorn KL, White MR, Crouch EC. Kontribusi domain N- dan C-terminal protein surfaktan D terhadap pengikatan, agregasi, dan ambilan fagositik bakteri. Menginfeksi Immun. 2002; 70 : 6129–39. [ Artikel gratis PMC ] [ PubMed ]
3. Perpustakaan Medis Online Merck Manuals. 2008. Sistem Pelengkap. [Terakhir dikutip pada 2009 22 November]. Tersedia dari: http://www.merck.com/mmpe/sec13/ch163/ch163d.html .
4. Margolick JB, Markham RB, Scott AL. Epidemiologi Penyakit Menular: Teori dan Praktik. Bab 10. Di: Nelson KE, Master CF, editor. Sistem kekebalan tubuh dan pertahanan tuan rumah terhadap infeksi. Boston: Jones dan Bartlett; 2006. hlm. 317–43.
5. Janssens S, Beyaert R. Peran reseptor tol-seperti dalam pengakuan patogen. Clin Microbiol Rev. 2003; 16 : 637–46. [ Artikel gratis PMC ] [ PubMed ]
6. Pashine A, Valiante NM, Ulmer JB. Menargetkan respon imun bawaan dengan adjuvant vaksin yang lebih baik. Nat Med. 2005; 11 : S63–8. [ PubMed ]
7. Perpustakaan Medis Online Merck Manuals. 2008. Komponen Sistem Kekebalan Tubuh. [Terakhir dikutip pada 2009 26 November]. Tersedia dari: http://www.merck.com/mmpe/sec13/ch163/ch163b.html .
8. Panduan Medis Online Merck Library.2008. Imunisasi Pasif. [Terakhir dikutip pada 2009 Desember 5]. Tersedia dari: http://www.merck.com/mmpe/sec14/ch169/ch169c.html .
9. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit. 2009. Jenis Kekebalan. [Terakhir dikutip pada 2009 Des 20]. Tersedia dari: http://www.cdc.gov/vaccines/vac-gen/immunity-types.htm .
10. Schijns VE. (2001). Aktivasi dan pemrograman respon imun adaptif oleh adjuvant vaksin. [Terakhir dikutip pada 2010 7 Januari]. Tersedia dari: http://www.vetscite.org/publish/articles/000027/index.html .
11. Berita NIH. 2006. vaksin bakteri yang membunuh radiasi menginduksi respon imun yang luas pada tikus. [Terakhir dikutip pada 2010 7 Januari]. Tersedia dari: http://www3.niaid.nih.gov/news/newsreleases/2006/raz_listeria.htm .
12. Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular. 2009. Jenis Vaksin. [Terakhir dikutip pada 2009 Des 22]. Tersedia dari: http://www3.niaid.nih.gov/topics/vaccines/

Artikel dari Journal of Global Infectious Diseases disediakan di sini milik Wolters Kluwer – Medknow Publications”.

(Google Translate Chrome extension, tautan ke laman dengan bahasa asli (English) di http://bit.ly/2vlcJDX).

——

(4) Web MD: “Imunisasi dan Vaksin

Imunisasi , atau dikenal juga sebagai vaksin, aman dan efektif menggunakan sejumlah kecil virus atau bakteri yang dilemahkan atau dibunuh atau sedikit protein buatan lab yang meniru virus untuk mencegah infeksi oleh virus atau bakteri yang sama.

Ketika Anda mendapatkan imunisasi , Anda disuntik dengan bentuk lemah (atau sebuah fragmen) suatu penyakit. Ini memicu respons kekebalan tubuh Anda, menyebabkannya menghasilkan antibodi terhadap penyakit tertentu atau mendorong proses lain yang meningkatkan kekebalan.

Kemudian, jika Anda pernah lagi terkena organisme penyebab penyakit yang sebenarnya, sistem kekebalan Anda siap untuk melawan infeksi. Vaksin biasanya akan mencegah timbulnya penyakit atau mengurangi keparahannya.

Mengapa Seseorang Harus Mendapatkan Imunisasi?

Tujuan kesehatan masyarakat adalah mencegah penyakit. Jauh lebih mudah dan lebih hemat biaya untuk mencegah penyakit daripada mengobatinya. Itulah yang ingin dilakukan oleh imunisasi.

Imunisasi melindungi kita dari penyakit serius dan juga mencegah penyebaran penyakit-penyakit itu kepada orang lain. Selama bertahun-tahun imunisasi telah menggagalkan epidemi penyakit infeksi umum seperti campak , gondong , dan batuk rejan . Dan karena imunisasi kami telah melihat pemberantasan orang lain, seperti polio dan cacar .

Beberapa vaksin hanya perlu diberikan sekali; yang lain memerlukan pembaruan atau “penguat” untuk mempertahankan keberhasilan imunisasi dan perlindungan lanjutan terhadap penyakit.

Imunisasi Mana yang Dibutuhkan Anak-Anakku?
Karena bukti imunisasi sering merupakan prasyarat untuk pendaftaran di sekolah atau penitipan anak , penting untuk menjaga anak-anak Anda tetap up to date pada vaksin mereka. Keuntungannya adalah anak-anak Anda akan terlindung dari penyakit yang dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. Imunisasi yang direkomendasikan untuk anak-anak usia 0-6 tahun meliputi:

* Hepatitis B
* Rotavirus
* Difteri, tetanus , pertusis
* Haemophilus influenzae tipe B
* Pneumokokus
* Virus polio
* Influensa
* Campak , gondok , rubella
* Varicella (cacar air)
* Hepatitis A
* Meningokokus (untuk kelompok berisiko tinggi tertentu)

Pada satu waktu atau lainnya, masing-masing penyakit yang ditangani oleh vaksin ini menimbulkan ancaman kesehatan yang serius bagi anak-anak, mengambil hidup mereka dengan ribuan; saat ini sebagian besar penyakit ini berada pada tingkat terendah dalam beberapa dekade, berkat imunisasi.

Penting untuk menjaga imunisasi anak Anda sesuai jadwal dan up to date, tetapi jika anak Anda melewatkan dosis yang dijadwalkan dia dapat “menyusul” nanti. Jadwal imunisasi lengkap lengkap untuk anak-anak usia 0-18 dapat diunduh dari CDC situs web.

Bagaimana Dengan Efek Samping Imunisasi?
Hari ini, vaksin dianggap aman. Seperti obat apa pun , mereka dapat memiliki efek samping. Dalam kebanyakan kasus ini biasanya ringan. Reaksi minor yang paling umum untuk imunisasi adalah:

* Nyeri atau kemerahan di sekitar tempat suntikan
* Demam ringan

Efek samping seperti ini biasanya hilang dalam beberapa hari. Dalam kasus yang sangat langka , demam tinggi , lebih dari 104 F, dapat terjadi dengan vaksin. Demam seperti ini tidak akan membahayakan anak-anak Anda, tetapi mereka dapat membuat mereka tidak nyaman dan kesal.

Anak-anak juga telah diketahui memiliki reaksi alergi yang serius terhadap vaksin. Ini biasanya terjadi segera setelah mendapatkan vaksin, dan kantor dokter dilengkapi dengan baik untuk menangani reaksi seperti itu. Jika Anda berpikir anak Anda memiliki atau mungkin memiliki alergi terhadap komponen apa pun dalam vaksin, pastikan untuk membagikan informasi itu dengan dokter Anda.

Penyedia medis setuju bahwa manfaat pencegahan yang terbukti dari vaksin jauh lebih besar daripada risiko efek samping minimal yang terkait dengannya. Informasi lebih lanjut tentang efek samping dan tindakan pencegahan vaksin dapat ditemukan dalam brosur CDC, Panduan Orang Tua untuk Imunisasi Anak.

Seberapa Efektifkah Imunisasi?

Vaksin sangat efektif untuk mencegah penyakit, tetapi mereka tidak bekerja sepanjang waktu. Sebagian besar imunisasi anak yang direkomendasikan adalah 90% -100% efektif, menurut CDC.

Namun, untuk alasan yang tidak sepenuhnya dipahami, kadang-kadang seorang anak tidak akan sepenuhnya diimunisasi terhadap penyakit setelah menerima vaksin. Ini semua lebih banyak alasan untuk mendapatkan anak-anak divaksinasi. Anak-anak yang vaksinnya 100% efektif melindungi beberapa orang yang belum diimunisasi sepenuhnya – mengurangi kemungkinan orang terkena penyakit ini.

Bahkan dalam kasus di mana vaksin belum memberi kekebalan 100% pada anak Anda, gejalanya – jika anak Anda terkena penyakit menular – biasanya akan tetap lebih ringan daripada jika ia belum diimunisasi sama sekali.

Mitos Vaksin dan Misinformasi

Berikut adalah jawaban penting untuk tiga kesalahpahaman umum tentang vaksin.

Kesalahpahaman # 1: “Kami tidak perlu memvaksinasi penyakit langka.”

Beberapa orang tua hari ini bahkan telah mendengar tentang semua penyakit yang kita vaksinasi, apalagi melihat kasus campak, difteri, atau batuk rejan.

Hal ini menyebabkan sebagian orang bertanya, “Mengapa saya memberi anak saya vaksin terhadap penyakit yang bahkan tidak ada?”

Jawabannya adalah bahwa vaksin yang membuat penyakit ini sangat jarang. Menghindari pemberian imunisasi pada anak Anda karena mitos dan informasi yang salah tentang keamanan vaksin menempatkan anak Anda – dan publik – dalam bahaya. Di masyarakat di mana tingkat vaksin menurun, penyakit infeksi ini dengan cepat kembali.

Kesalahpahaman # 2: “The thimerosal pengawet membuat vaksin berisiko.”

Kekhawatiran lain tentang vaksin melibatkan penggunaan pengawet berbasis merkuri yang disebut thimerosal.

Thimerosal telah digunakan sebagai agen pengawet di beberapa vaksin dan produk lainnya sejak 1930-an. Menurut CDC, tidak ada efek berbahaya yang dilaporkan dari jumlah thimerosal yang digunakan dalam vaksin, selain dari reaksi minor yang diharapkan seperti kemerahan dan pembengkakan di tempat suntikan.

Namun, pada bulan Juli 1999, Badan Layanan Kesehatan Masyarakat (PHS), American Academy of Pediatrics (AAP), dan produsen vaksin sepakat untuk mengurangi atau menghilangkan thimerosal dalam vaksin sebagai tindakan pencegahan.

Penting untuk dicatat bahwa sejak tahun 2001, dengan pengecualian beberapa vaksin flu , tidak ada vaksin AS yang digunakan untuk melindungi anak-anak prasekolah terhadap penyakit menular yang mengandung thimerosal sebagai pengawet. Versi bebas pengawet dari vaksin flu yang tidak aktif (mengandung jumlah jejak thimerosal) tersedia.

Kesalahpahaman # 3: “Vaksin menyebabkan autisme .”

Karena gejala gangguan spektrum autisme , gangguan belajar, biasanya terjadi sekitar waktu yang sama seperti campak pertama, gondok, rubella (MMR) dan imunisasi lainnya pada anak-anak, beberapa orang berasumsi bahwa ada hubungan antara thimerosal dan autisme .

Namun, vaksin MMR tidak pernah mengandung thimerosal, dan tidak memiliki vaksin untuk cacar air atau polio yang tidak aktif. Pada tahun 2004, sebuah laporan Institutes of Medicine menyimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara autisme dan vaksin yang mengandung thimerosal sebagai pengawet.

Penyakit seperti campak, gondok, dan rubella dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, cacat, dan bahkan kematian. Anak-anak Anda menghadapi risiko yang jauh lebih besar dari penyakit menular daripada mereka dari vaksinnya.

Imunisasi dan Bioterorisme
Ketakutan terbaru dari serangan teroris potensial yang menggunakan agen biologis, seperti anthrax atau cacar, telah membuat sebagian orang bertanya-tanya apakah mereka perlu diimunisasi terhadap penyakit-penyakit ini.

Saat ini, CDC percaya bahwa risiko terhadap populasi umum rendah dan belum membuat vaksinasi untuk penyakit ini tersedia untuk umum. CDC, bagaimanapun, merekomendasikan imunisasi terhadap penyakit-penyakit ini untuk individu-individu tertentu yang mungkin berisiko tinggi untuk terpapar, seperti pekerja laboratorium atau anggota militer.

Referensi Medis WebMD diulas oleh Smitha Bhandari, MD pada 20 Mei 2018
Sumber-sumber © 2018 WebMD, LLC. Seluruh hak cipta.”

(Google Translate Chrome extension, tautan ke laman dengan bahasa asli (English) di https://wb.md/2vEndxF).

——

(5) http://bit.ly/2OLcdqT, Detik: “Rabu, 01 Agu 2018 16:35 WIB

Menkes Tegaskan Imunisasi Campak Rubella Tidak Dilarang MUI

Ibnu Munsir – detikHealth

(foto)
Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek merespon polemik imunisasi campak-rubella yang tak mengantongi sertifikat halal dari MUI pusat. Foto: Lamhot Aritonang/detikcom

Makassar – Menteri Kesehatan Nila Djuwita F. Moeloek merespon polemik imunisasi campak-rubella yang tak mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat. Nila menyebut imunisasi campak-rubella diperbolehkan oleh MUI demi kesehatan masyarakat.

“Saya kira tidak ya, MUI tidak menolak. Saya kira fatwa MUI no 4 tahun 2016 mengatakan untuk pengobatan diperbolehkan dan selama ini komunikasi MUI memprosesnya agar memang betul-betul yang patut bisa dipakai untuk masyarakat,” kata Menteri Kesehatan, Nila Djuwita F. Moeloek, di MTS Negeri Makassar, Rabu (1/8/2018).

Nila menyebut tak ada penolakan dari MUI, termasuk MUI Riau yang sebelumnya dikabarkan menolak imunisasi campak-rubella karena dinilai belum mengantongi sertifikasi MUI.

“Saya belum dengar dari Riau, bagi kami di kesehatan kita pakai nomor 4 nomor 2016 diperkenankan kalau tidak merugikan. Tidak ada penolakan dari MUI, MUI tidak menolak dan kami koordinasi dengan Kementerian Agama, (Kementerian -red) Pendidikan artinya kami tetap harus mengobati,” jelasnya.

Sementara terkait imunisasi di sejumlah daerah pelosok Indonesia, Nila menyebut menemukan kendala lantaran harus membawa vaksin dalam keadaan segar untuk pengobatan masyarakat.

“Kita akan datangi semua daerah, cuman ada kendala mungkin, membawa vaksin harus berkualitas dan tetap dingin,” terangnya.

Imunisasi campak-rubella digelar di Makassar, ratusan siswa MTS Negeri Makassar diimunisasi demi kesehatan.

(fds/fds)”.

——

(6) http://bit.ly/2M4rswH, Detik: “Jumat 03 Agustus 2018, 23:10 WIB

MUI: Menkes Tunda Imunisasi MR bagi Masyarakat Muslim

Arief Ikhsanudin – detikNews

(foto)
Foto: Dok. Istimewa

Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek bertemu dengan Ketua Umum MUI Ma’ruf Amin untuk membahas masalah vaksin Measles Rubella (MR). Pada pertemuan tersebut, Kementerian Kesehatan akan menunda pemberian vaksin MR bagi masyarakat muslim.

Penundaan tersebut berkaitan dengan belum diajukannya sertifikasi halal vaksin yang diproduksi oleh Serum Institut of India (SII). Untuk itu, Menkes dan Dirut PT Biofarma sebagai importir akan segera mengajukan sertifikasi halal dan permohonan tentang fatwa imunisasi MR.

“Menkes RI menunda pelaksanaan imunisasi MR bagi masyarakat muslim sampai ada kejelasan hasil pemeriksaan dari produsen dan ditetapkan fatwa MUI. Sementara, untuk masyarakat yang tidak memiliki keterikatan tentang kehalalan/kebolehan secara syari, tetap dilaksanakan,” kata Sekretaris Komisi Fatwa, Asrorun Niam Sholeh, dalam keterangannya, Jumat (3/8/2018).

Pertemuan tersebut dilaksanakan pada siang tadi di kantor MUI, Jalan Proklamasi, Jakarta. Pertemuan tersebut membahas beberapa permasalahan, termasuk adanya penolakan vaksin MR di beberapa lokasi.

“Adanya keresahan masyarakat mengenai kesimpangsiuran informasi tentang kehalalan perlu segera direspons secara bijak dan agar ada kepastian serta ada panduan keagamaan yang tepat,” kata Niam.

Menkes berjanji segera memproses permohonan sertifikat halal. Pemerintah pun akan berkomunikasi dengan SII selaku pembuat vaksin.

“Menkes RI atas nama negara mengirimkan surat ke SII untuk memberikan dokumen terkait bahan-bahan produksi vaksin dan akses untuk auditing guna pemeriksaan halal,” uap Niam.
(aik/bpn)”.

——

(7) http://bit.ly/2KtjLey, Detik: “Rabu 01 Agustus 2018, 18:56 WIB

Soal Vaksin Belum Halal, MUI: Insyaallah Tak Ada Masalah Krusial

Ray Jordan – detikNews

(foto)
Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom

Jakarta – Penggunaan vaksin campak/measles rubella menjadi kontroversi karena belum mengantongi sertifikat halal. Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan pihaknya akan mencari cara agar vaksin bisa digunakan.

Ma’ruf mengatakan saat ini pihaknya tengah membahas penggunaan vaksin tersebut. Menurutnya, sejauh ini tidak ada masalah yang krusial terkait penggunaan vaksin tersebut.

“Ya kita sedang membicarakan. Insyaallah tidak ada masalah-masalah krusial,” kata Ma’ruf Amin saat ditemui di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (1/8/2018).

Ma’ruf mengatakan vaksin campak/measles rubella tersebut memang belum mengantongi sertifikat halal. Namun dia menyadari vaksin tersebut diperlukan untuk kesehatan.

“Kan di MUI itu kalau ada sesuatu obat, vaksin, memang dia tidak halal, tidak ada yang lain, tapi itu diperlukan. Kan ada caranya untuk bisa digunakan,” katanya.

Salah satu upaya pembahasan untuk menghentikan polemik tersebut, kata Ma’ruf Amin, adalah melakukan diskusi dengan pihak Kementerian Kesehatan. Nantinya kedua belah pihak akan mencari solusi terhadap penggunaan vaksin tersebut.

“Ya Kemenkes nanti bertemu dengan MUI. Dan MUI memberikan jalan keluarnya. Selesai,” katanya.
(jor/tor)”.

——

(8) http://bit.ly/2AJQvRk, Detik: “Sabtu, 04 Agu 2018 16:00 WIB

Menkes: Imunisasi MR Dilanjutkan, Sertifikasi Halal Dipercepat

Christantio Utama – detikHealth

(foto)
Kementerian Kesehatan tetap melanjutkan imunisasi MR dan mempercepat proses sertifikasi halal/Foto: thinkstock

Jakarta – Kementerian Kesehatan akan melanjutkan program pemberian vaksin measles and rubella (MR) di luar Jawa sesuai jadwal. Hal ini dilakukan setelah adanya pertemuan dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat.

Dalam rilis yang diterima oleh detikHealth, Kementerian Kesehatan RI akan mengirimkan surat kepada Serum Institute of India (SII) selaku produsen vaksin MR untuk memberikan informasi mengenai bahan vaksin MR. Dengan adanya informasi tersebut, proses percepatan sertifikasi halal dari vaksin MR akan bisa dilakukan.

“Sertifikasi kehalalan (vaksin MR) ini kewenangan MUI. PT Biofarma sebagai importir agar segera (melengkapi) dokumen kepada Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Kami dari Kementerian Kesehatan juga akan menyurati SII untuk menanyakan kembali tentang bahan (vaksin MR),” tutur Menkes Nila Farid Moeloek di Gedung MUI di kawasan Proklamasi, Jakarta Pusat, seperti ditulis Sabtu (4/8/2018).

Dalam pertemuan tersebut Menkes juga menyatakan akan tetap menjalankan kampanye imunisasi MR di luar pulau Jawa dan pemberian vaksin MR pada program imunisasi rutin di Pulau Jawa, sambil terus mempercepat proses sertifikat halal vaksin tersebut.

“Kami tetap menjalankan kampanye imunisasi MR. Dari sisi kesehatan, tentu kami berkewajiban untuk melindungi anak-anak dan masyarakat dari bahayanya penyakit campak dan rubella,” ucapnya.

Berkaitan dengan hal ini, MUI meminta agar Kementerian Kesehatan memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin menunggu atau menunda pemberian imunisasi MR bagi anaknya hingga sertifikat halal dikeluarkan.

“Hal ini sangat terkait dengan ketersediaan informasi yang dibutuhkan, terutama komposisi pembentuk (bahan) vaksin tersebut. Kalau itu tersedia, beberapa hari (fatwa) bisa selesai,” tandas sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Ni’am Sholeh.

Berdasarkan data dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2015 menyebutkan bahwa Indonesia termasuk 10 negara dengan kasus campak terbesar di dunia. Data Kemenkes mencatat jumlah kasus suspek campak dan rubella dalam lima tahun terakhir, sejak 2014 sampai dengan Juli 2018 adalah 57.056 kasus (8.964 positif campak dan 5.737 positif rubella).

Program imunisasi nasional campak dan rubella untuk luar Jawa dilakukan pada bulan Agustus hingga akhir September. Program ini juga telah dilakukan tahun lalu di pulau Jawa.

(hrn/mrs)”.

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/712670385732166/