[SALAH] “Cut Pat Kai telah lahir”

Yang disebut “Bayi Babi Hutan” di post sumber adalah patung silikon karya Laira Maganuco, seniman patung dari Itali. Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) Permintaan post oleh salah satu anggota FAFHH.

——

(2) http://bit.ly/2uUqBF3, post oleh akun “OMG ! 😲😅😠😭” (instagram.com/omg.indonesia.id).

======

NARASI

Di dalam foto: “Bayi Babi Hutan, Sangat Mirip Wujud Manusia, Apakah Ini Yang Dinamakan Cut Pat Kai?”

——

Di post: “OMG !😲 Cut Pat Kai telah lahir, siap-siap kutukan jomblo datang kepadamu…😁😁😁
.
Kejadian di Negara Thailand, seorang petani yang pertama kali melihatnya….
.
Jangan lupa tag teman dan sahabatmu…
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Like ❤💕 & Tag Teman kamu biar kita seru-seruan disini guys,
🔹Budayakan Baca Caption
🔹Kualitas anda terlihat dari Komentar anda
#indonesia #jakarta #medan #surabaya #bandung #jogja #makassar
#bali #aceh #papua #kalimantan #sulawesi #komunitas #mahasiswa #sumatera #fakta #dahsyat #unik #luarbiasa #viral #trending #amazing #indovidgram #dagelan #ngakakkocak #memecomicindonesia”

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”.

——

(2) Post oleh Laira Maganuco di facebook.com/laira.maganuco/posts/854569688066398 yang diambil tangkapan layarnya di permintaan post oleh salah satu anggota FAFHH sudah tidak dapat diakses, salah satu yang menyalin post tersebut adalah “Shabir AP” (facebook.com/Shabir2002AP) di http://bit.ly/2uSO49H.

——

(3) http://bit.ly/2vc9iyD, profil Laira Maganuco di Facebook.

——

(4) http://bit.ly/2OkknX3, laman bagian “About” di situs lairamaganuco.com.

——

(5) https://etsy.me/2K5LB0s, toko daring yang menjual produk-produk Laira Maganuco (etsy.com).

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2K5c7Xw, post sebelumya di FAFHH: “[HOAX] Binatang aneh” oleh Michelle Dian Lestari.

——

(2) Berita oleh The Observers tentang post yang sebelumnya: “Film, Verifikasi, Bagikan

(foto)
Orang-orang dari seluruh dunia telah membagikan foto ini, yang mereka percaya menunjukkan bayi werewolf atau makhluk setengah manusia lainnya.

SENI / BRASIL – 10/31/2017

‘Baby werewolf’ menipu pengguna media sosial di seluruh dunia
Menjadi Pengamat

Foto dan video yang menunjukkan makhluk humanoid yang hampir tidak berambut dengan cakar, ekor dan gigi runcing telah menjadi viral – terutama di Indonesia, Malaysia dan Brasil. Selama 10 hari terakhir, orang-orang di media sosial telah memperdebatkan kemungkinan keberadaan “manusia serigala bayi” atau “makhluk setengah manusia, setengah hewan”. Tetapi jawaban yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan hal-hal gaib.

Banyak pengguna media sosial di Indonesia berbagi foto yang termasuk dalam posting di halaman “AKU CINTA ALLAH” (“I love Allah”) Facebook pada 11 Oktober bersama dengan keterangan: “Bayi ini ditemukan. Itu hasil hubungan seksual antara singa betina dan manusia. Ini akan menjadi akhir dari dunia … Ketik amin dan bagikan … ”

Foto itu dibagikan lebih dari 40.000 kali.

Fyant Layuk, salah satu Pengamat Indonesia kami, mengatakan:

“Ini adalah metode klasik yang digunakan untuk mendapatkan klik: Halaman akan memposting foto yang sangat sedih atau mengejutkan, sering menunjukkan bayi atau orang tua. Mereka berharap orang itu bernasib baik dan kemudian di akhir posting, mereka akan meminta orang-orang untuk menyukai pos dan mengetik pesan, seperti “Amin” atau “Keberuntungan” atau “Semoga Anda sehat”, dan berbagi pos. Banyak orang jatuh cinta pada kisah-kisah ini.”

Di Brasil, pengguna media sosial membagikan salah satu foto di Facebook pada 12 Oktober, menulis: “Kasihanilah! Dan saya pikir saya telah melihat semuanya … ”Posnya dibagikan lebih dari 29.000 kali.

Polisi Malaysia bereaksi dengan sebuah pernyataan

Pos yang paling banyak beredar di Malaysia adalah video yang diunggah di halaman YouTube pengguna “Shah R” . Video “baby werewolf” adalah satu-satunya video di halaman.

Judulnya berbunyi: “Makhluk aneh ditemukan di hutan Pahang (catatan Editor: Satu dari 13 negara di Malaysia). Ketika ditemukan, makhluk itu masih hidup. Sekarang di laboratorium rahasia …” Shah R tidak mengutip sumber apa pun atau memberikan bukti apa pun untuk mencadangkan pernyataannya tetapi video itu dibagikan lebih dari 40.000 kali.

Halaman Facebook Malaysia lainnya (contoh di sini dan di sini ) juga membagikan video, dengan penjelasan yang sama.

Gambar-gambar ini dibagikan begitu luas sehingga pihak berwenang merasa perlu untuk bereaksi. Menurut media setempat, kepala polisi di Pahang membuat pernyataan yang menjelaskan bahwa departemennya tidak menerima laporan tentang penemuan makhluk semacam itu.

Kepala kepolisian mendorong orang-orang untuk berhenti berbagi cerita, mempertahankan bahwa foto-foto itu salah, bahwa mereka telah muncul dari kedalaman internet dan secara acak terkait dengan Pahang.

Tokoh silikon buatan Italia

Namun, hanya sedikit riset internet yang cukup untuk mengetahui bahwa makhluk ini sebenarnya adalah patung kecil yang terbuat dari silikon oleh seniman Italia Laira Maganuco. Di halaman Facebook- nya, ia menggambarkan dirinya sebagai “seniman otodidak yang membuat makhluk dan subjek yang sangat realistis dari silikon lunak”. Situs web dan halaman Facebook-nya penuh dengan foto-foto mahluk yang serupa.

Maganuco memposting video dan foto kreasinya sendiri pada tanggal 5 Oktober, mengumumkan bahwa kreasi “platinum silicone baby werewolf” -nya sekarang tersedia untuk dijual.

Video, yang ia posting di halamannya dua kali, telah dilihat lebih dari 5,3 juta kali pada waktu pers.

Pembeli dapat membeli patung itu seharga € 200 di situs Maganuco, yang juga menawarkan makhluk pesanan khusus dan pengiriman di mana saja di dunia.

Maganuco memposting foto pertama patung itu pada tanggal 28 September ketika dia masih mengerjakannya.

“Orang-orang di seluruh dunia mengira itu benda hidup, yang menunjukkan bahwa itu cukup bagus!”

Tim pengamat FRANCE 24 mengulurkan tangan ke Maganuco.

“Pada awalnya, saya benar-benar kesal ketika foto-foto patung saya menjadi viral. Itu membuatku kesal melihat orang-orang panik atas apa-apa. Namun, pada saat yang sama, saya puas bahwa orang-orang di seluruh dunia berpikir bahwa itu adalah makhluk hidup, yang menunjukkan bahwa itu cukup bagus!

Saya sangat bangga bahwa ada begitu banyak minat pada “makhluk” saya karena saya percaya bahwa seni harus mengguncang orang.

Saya bergairah tentang hiper-realisme dan surealisme. Potongan-potongan yang saya buat adalah buah dari imajinasi saya. Saya bekerja dengan bahan yang berbeda, termasuk silikon. Saya bereksperimen dan menciptakan teknik yang berbeda. Semua jenis orang membeli potongan saya dan saya punya permintaan dari galeri yang ingin menunjukkan karya saya.”

Namun, tidak semua orang di media sosial ditipu oleh foto-foto itu. Dalam komentar di bawah gambar yang beredar, banyak orang mengungkapkan keraguan mereka dan mencatat bahwa makhluk itu memiliki ekspresi yang sama di setiap foto. Beberapa halaman Facebook berbagi gambar tetapi menyebutkan bahwa werewolf bayi hanyalah model silikon, termasuk dua pendeta Evangelis yang berbasis di Brasil ( Marcio Santana dan Valdir Soares ).”

(Google Translate: http://bit.ly/2LBgGOn, tautan ke laman dengan bahasa asli (English): http://bit.ly/2AcQzsl).

======

Sumber: https://web.facebook.com/groups/fafhh/permalink/702967050035833/