[BENAR] “Polri Tidak Lakukan Perubahan Pelat Kendaraan Bermotor Menjadi Warna – Warni”

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto membantah kabar yang mengatakan Polri melakukan perubahan pelat kendaraan bermotor menjadi warna – warni. “Pelat yang warna-warni itu hoax,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto Jumat (27/7).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Pelat yang warna-warni itu hoax,” kata Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto Jumat (27/7).

=====

Penjelasan:
Ada isu yang mengatakan terjadi perubahan pelat nomor kendaraan bermotor menjadi warna – warni. Namun, hal ini segerah dibantah oleh Polri.

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto menyatakan jika informasi soal pelat nomor warna-warni yang beredar di media sosial adalah tidak benar adanya atau hoaks. Perubahan pelat nomor kendaraan masih dikaji.

“Pelat yang warna-warni itu hoax,” kata Irjen Setyo, Jumat (27/7).

Meski begitu Karo Penmas Polri, Brigjen M Iqbal tak menampik adanya rencana pergantian pelat nomor kendaraan bermotor nantinya. Langkah ini untuk memudahkan identifikasi kendaraan berbasis IT.

“Nanti pelat nomornya seperti aplikasi face recognition ya. Jadi pelat nomornya itu nanti kalau tersorot CCTV akan langsung terdeteksi (mobil terdaftar) atas milik siapa,” ujar Brigjen M Iqbal.

Brigjen M Iqbal pun menjelaskan rencana dari pergantian pelat nomor kendaraan bermotor dimaksudkan untuk mengurangi kecelakaan dan unsur pidana. Misalnya jika ada yang ngebut polisi langsung bisa menghubungi pengemudi (driver).

“Bisa kita hubungi si driver bahwa Anda melebihi kecepatan di kilometer sekian. Rencananya ini untuk semua kendaraan demi peningkatan pelayanan dan faktor keselamatan dan ketertiban lalu lintas,” pungkas Brigjen M Iqbal.

Selain melalui media daring, klarifikasi terhadap isu pergantian pelat kendaraan bermotor warna – warni terdapat di media sosial twitter @Sosmed_NTMC dan Instagram @multimedia.humaspolri.

@Sosmed_NTMC menulis “HOAX “WARNA- WARNI PELAT NOMOR KENDARAAN DI INDONESIA” #StopPelanggaranStopKecelakaanKeselamatanUntukKemanusiaan,” pada Kamis (26/7).

Dan @multimedia.humaspolri menuliskan “Be Smart Netizen. Telah beredar informasi di media sosial yang mengatasnamakan Korlantas Polri terkait plat nomor kendaraan. Korlantas Polri tidak pernah mengeluarkan informasi tersebut. Konten tersebut adalah HOAX .
Be Smart Netizen #stophoax,” pada Jumat (27/7).

=====

Referensi:
1. http://www.beritasatu.com/…/502977-pelat-nomor-jadi-warnawa…
2. https://twitter.com/Sosmed_NTMC/status/1022494767253319682
3. https://www.instagram.com/p/BluIRk0F26t/…