[BENAR] Pertamina Tidak Bangkrut

Pihak PT Pertamina (Persero) memberikan tanggapannya atas isu yang menyatakan perusahaan tersebut akan bangkrut. Dilansir dari katadata.co.id, liputan6.com, dan medcom.id, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman, menegaskan bahwa Pertamina kondisi keuangan perusahaan hingga saat ini (24/7) dalam kondisi aman dan terkendali, sebab pemerintah masih mendukung Pertamina tetap sehat. Meski begitu, menurut Arief, dengan kondisi saat ini memang ada beberapa proyek yang mengalami keterlambatan dalam penyerapan belanja modal (capital expenditure/capex). “Kami tidak bangkrut. Capital expenditure kan memang terlambat, tapi tidak ada yang kami batalkan,” kata Arief.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Seringnya diterpa isu kebangkrutan, pihak PT Pertamina (Persero) angkat bicara memberikan klarifikasi. Dilansir dari katadata.co.id, liputan6.com, dan medcom.id, Direktur Keuangan Pertamina Arief Budiman, menegaskan bahwa Pertamina kondisi keuangan perusahaan hingga saat ini (24/7) dalam kondisi aman dan terkendali, sebab pemerintah masih mendukung Pertamina tetap sehat.

 

Meski begitu, menurut Arief, dengan kondisi saat ini memang ada beberapa proyek yang mengalami keterlambatan dalam penyerapan belanja modal (capital expenditure/capex). “Kami tidak bangkrut. Capital expenditure kan memang terlambat, tapi tidak ada yang kami batalkan,” kata Arief.

 

Adapun, Arief mengatakan, kondisi keuangan Pertamina yang terkendali lantaran dukungan pemerintah. Jadi, investasi jangka panjang yang direncanakan tidak ada yang dibatalkan.

 

“Keuangan terkendali dukungan pemerintah juga kuat yang pasti jangka panjang investasi enggak ada yang kami batalkan,” ujarnya.

 

Arief mengungkapkan, salah satu program yang masih berjalan ialah peremajaan dan pembangunan kilang. Meskipun demikian, proyek itu mengalami keterlambatan jadwal dan penundaan itu dilakukan karena dianggap belum tentu terlalu mendesak.

 

“Kilang kan hanya beberapa yang delay. Tapi kan tidak ada yang urgent, semoga tahun ini sudah mula,” kata Arief.

 

Selain itu, Arief memastikan, proyek peremajaan kilang akan tetap berjalan meskipun tidak ada mitra. “Ada mitra atau tidak kami tetap jalan. Yang pasti jangka panjang investasi tidak ada yang kami batalkan,” ungkapnya.

 

=====

 

Referensi:

 

https://katadata.co.id/berita/2018/07/24/diterpa-isu-kebangkrutan-pertamina-jamin-tak-ada-pembatalan-proyek

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3599178/dirkeu-pertamina-kami-tak-bangkrut

https://www.medcom.id/ekonomi/energi/Zke0OwZb-pertamina-tidak-bangkrut