[SALAH] Meme “Ustadz Abdul Somad Dukung Jokowi”

“”Mereka yang menyebarkan ‘hoax’ seperti ini, suruh mereka cari: • Di video yang mana UAS menyatakan demikian • Pada menit ke berapa • Kirimkan link sumber videonya,” ungkap Ustaz Abdul Somad.”, selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Disinformasi.

======

SUMBER

(1) http://bit.ly/2LknY95, post-post di Facebook (public posts, gabungan disinformasi dan klarifikasi).

——

(2) http://bit.ly/2uDtVEl, cuitan-cuitan di Twitter (gabungan disinformasi dan klarifikasi).

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC, firsdraftnews.org: “Konten yang Salah

Ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah”

(Meme menggunakan bahan foto-foto yang sebelumnya sudah beredar, lalu ditambahkan narasi).

——

(2) @ustadzabdulsomad: “Mereka yang menyebarkan ‘hoax’ seperti ini, suruh mereka cari: • Di video yang mana UAS menyatakan demikian • Pada menit ke berapa • Kirimkan link sumber videonya.”, selengkapnya di (1) bagian REFERENSI.

——

(3) detik.com: “Ustaz Abdul Somad soal Meme Dukung Jokowi 2 Periode: Itu Hoax”, selengkapnya di (2) bagian REFERENSI.

======

REFERENSI

(1) http://bit.ly/2L8oZl2, akun terverifikasi Instagram @ustadzabdulsomad: “”Ustadz Abdul Somad tidak pernah memberikan pernyataan apa-apa. Yang menyebarkan info ‘hoax’ suruh mereka carikan bukti”

Setiap ada penggalan pernyataan UAS yang dibuat dalam bentuk ‘meme’, -kalau itu benar- pasti bisa ditemukan buktinya dalam bentuk video. Ada ribuan video UAS di Youtube yang bisa membuktikannya.

Mereka yang menyebarkan ‘hoax’ seperti ini, suruh mereka cari: • Di video yang mana UAS menyatakan demikian • Pada menit ke berapa • Kirimkan link sumber videonya.”

——

(2) http://bit.ly/2mxgAZT, detik.com: “Jumat 20 Juli 2018, 14:30 WIB

Ustaz Abdul Somad soal Meme Dukung Jokowi 2 Periode: Itu Hoax

Indah Mutiara Kami – detikNews

(foto)
Meme hoax Ustaz Abdul Somad Dukung Jokowi (Instagram Ustaz Abdul Somad)

Jakarta – Ustaz Abdul Somad mengunggah sejumlah meme yang menyebutkan dia mendukung Joko Widodo untuk 2 periode. Dia menyatakan meme itu hoax.

Ada 4 meme yang diunggah oleh Ustaz Abdul Somad dan keempatnya sudah diberi cap ‘hoax’. Ada meme yang menampilkan wajah Ustaz Abdul Somad sendiri, ada juga yang menampilkan fotonya bersama TGB.

Meme itu bertulisan kalimat ‘Hari ini saya sampaikan kepada masyarakat Indonesia, saya beralih dan mendukung Bapak Joko Widodo menjadi Presiden 2 periode. Dukungan saya ini bersifat personal, saya mendukung karena saya melihat kinerja Bapak Jokowi selama ini menjabat Presiden itu sangat baik’.

(tautan ke post Instagram @ustadzabdulsomad)

Ustaz Abdul Somad mengaku tidak pernah memberi pernyataan itu. Dia meminta penyebar hoax memberikan bukti.

“Ustadz Abdul Somad tidak pernah memberikan pernyataan apa-apa. Yang menyebarkan info ‘hoax’ suruh mereka carikan bukti,” tulis Ustaz Abdul Somad lewat Instagram, Jumat (20/7/2018).

Ustaz Abdul Somad mengatakan, apabila pernyataannya yang dijadikan meme itu benar, berarti bisa ditemukan dalam video. Bila tidak ada, berarti itu hoax.

“Mereka yang menyebarkan ‘hoax’ seperti ini, suruh mereka cari: • Di video yang mana UAS menyatakan demikian • Pada menit ke berapa • Kirimkan link sumber videonya,” ungkap Ustaz Abdul Somad.
(imk/tor)”

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/695270750805463/