[BENAR] “Polri Bantah Kerahkan Sniper untuk Menjaga Veneu Asian Games”

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal membantah isu yang mengatakan kepolisian akan mengerahkan penembak jitu atau sniper untuk menjaga keamanan venue atau arena Asian Games 2018. “Kata siapa (menerjukan, – red) sniper? Nggak ada,” ujarnya,, Kamis (19/7).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
“Kata siapa (menerjukan, – red) sniper? Nggak ada,” ujar Brigjen Pol Mohammad Iqbal di Jakarta, Kamis (19/7).

=====

Penjelasan:
Menjelang pelaksanaan Asian Games yang kurang lebih sebulan lagi, terdapat isu yang menerpa Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Kali ini tersebar isu di media sosial yang mengatakan kepolisian akan mengerahkan penembak jitu atau sniper untuk menjaga keamanan venue atau arena Asian Games 2018.

Menanggapi hal ini Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Mohammad Iqbal membantah isu tersebut. “Kata siapa (menerjukan, – red) sniper? Nggak ada,” ujarnya, Kamis (19/7).

Ia pun menjelaskan pengamanan menggunakan tim sniper hanya dipergunakan apabila situasi sudah sangat genting.

Menurutnya karena situasi keamanan jelang gelaran Asian Games 2018 masih dinilai kondusif, maka tim sniper tidak diterjunkan.

“Polri memang akan mengerahkan tim pengamanan Asian Games 2018. Namun, pengamanan dilakukan dengan tidak berlebihan seperti menurunkan sniper,” tegas Iqbal.

Sebelumnya Kapolri Tito Karnavian menyatakan ada tiga ancaman dalam kegiatan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Hal itu disampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi III di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/7).

Tito mengatakan ketiga ancaman tersebut adalah terorisme, kejahatan jalanan, dan kemacetan lalu lintas. “Mengahadapi Asian Games ini memang ancaman utama yang paling kami utamakan adalah terorisme. Kedua adalah masalah kejahatan jalanan, dan ketiga adalah kemacetan lalu lintas,” kata Tito.

=====

Referensi:
1. http://www.tribunnews.com/…/polri-bantah-terjunkan-sniper-u…
2. https://news.okezone.com/…/polri-tak-kerahkan-sniper-saat-a…
3. https://www.cnnindonesia.com/…/kapolri-sebut-tiga-ancaman-s…