[BENAR] Tidak Ada Pesawat yang Tenggelam Seperti Terlihat di Google Maps

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) telah memastikan jika anggapan para netizen itu tidak benar. Lewat akun Instagram @SAR_Nasional, Basarnas mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan stakeholder dan membuka riwayat penerbangan, tapi tidak ada pesawat yang jatuh di area tersebut.

 

======

 

Kategori : KLARIFIKASI

 

======

 

Sumber : Media Sosial Facebook https://www.facebook.com/ronaldo.guntara.9/videos/861469404061110/

 

Narasi :

 

“Heboh
Pesawat Mh370 ,Yang Hilang dari tahun 2014
Dengan Penumpang 239 orang
Namun Salah Ada Seseorang Yang Memposting Dan screenshot Penampakan Yang diambil dari Google Maps
Bahwa Pesawat MH _370 itu Berada di Sumatera Barat Yaitu di Pantai Air manis
Silahkan Chek Radar Atau google Maps
Utk Memastikan lebih jelasnya
Mari kita Viralkan Agar pihak terkait Meneliti dan menelusuri .”

 

======

 

Penjelasan :

 

Beredar sebuah gambar badan pesawat yang terlihat di perairan Sumatera Barat dalam aplikasi Google Maps bikin heboh media sosial.

 

Pesawat itu dianggap netizen terjatuh dan sudah menjadi bangkai.

 

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mengklarifikasi hal tersebut.

 

Basarnas telah memastikan jika anggapan para netizen itu tidak benar. Lewat akun Instagram @SAR_Nasional, Basarnas mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan stakeholder dan membuka riwayat penerbangan, tapi tidak ada pesawat yang jatuh di area tersebut.

 

“Picture pesawat yang ada di laut adalah bayangan pesawat yang sedang melintas melewati daerah tersebut, karena wilayah tersebut adalah jalur penerbangan pesawat yang hendak landing di Bandar Udara Minangkabau,” tulis Basarnas.

 

AirNav Indonesia selaku penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan mengatakan, sejauh ini belum ada kejadian pesawat jatuh di koordinat tersebut.

“Kalau dari segi pelayanan, kami lancar semua. Tidak ada kejadian (pesawat jatuh) di perairan tersebut,” kata Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait, Rabu (18/7/2018).

Yohanes kemudian menyebutkan, titik tersebut merupakan jalur atau rute perlintasan pesawat. Dia menduga gambar itu merupakan pesawat melintas yang tertangkap kamera satelit Google.

“Kelihatannya mungkin pas ada pesawat yang lewat,” imbuh Yohanes.

 

Dalam foto yang beredar luas itu, memang ditunjukkan jika ada penampakan pesawat yang masih utuh berada di laut dekat Pulau Pisang, Pantai Air Manis, Padang. Beberapa netizen menyebarkan informasi di media sosial jika foto itu adalah foto bangkai pesawat yang jatuh.

 

Diketahui, memang sudah beberapa kali kamera Google menangkap hal-hal yang menarik. Beberapa waktu lalu misalnya, tertangkap gambar penis raksasa di suatu daerah di Australia yang kemudian menjadi heboh di media sosial.

 

Atau mungkin kamu masih ingat dengan tangkapan kamera Google Street yang menampilkan insiden seorang ibu terjatuh dari motornya di jalan yang sepi.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://kumparan.com/@kumparantech/heboh-pesawat-jatuh-di-google-maps-ini-penjelasan-basarnas-27431110790548564

 

https://news.detik.com/berita/4122838/ada-pesawat-tenggelam-misterius-di-google-maps-ini-kata-airnav

 

https://www.instagram.com/stories/highlights/17849541802272192/?hl=en

About Levy Nasution 309 Articles
Journalist, traveller