[BENAR] Pesawat Citilink QG 801 Rute Semarang-Surabaya Tidak Hilang

Informasi yang menyebutkan pesawat Citilink QG 801 rute Semarang-Surabaya hilang dari radar tidak benar. Dilansir dari viva.co.id, merdeka.com, tempo.co, dan liputan6.com, Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman menegaskan, kabar tersebut tidak benar. Menurut dia, sejauh pemantauan manajemen dan hasil koordinasi di lapangan diketahui penerbangan pesawat yang dimaksudkan berjalan secara normal dan sudah mendarat selamat di Bandara Juanda Surabaya. “Manajemen Citilink Indonesia memastikan keselamatan dan keamanan setiap penerbangan, dan hingga hari ini semua penerbangan berjalan secara normal,” ujar Ranty.

 

=====

 

Kategori: Klarifikasi

 

=====

 

Isi Klarifikasi Lengkap:

 

Sempat mengudara informasi yang menyebutkan pesawat Citilink QG 801 rute Semarang-Surabaya hilang dari radat. Informasi tersebut sudah terklarifikasi dari pihak Manajemen Citilink dan sudah dinyatakan tidak benar.

 

Dilansir dari viva.co.id, merdeka.com, tempo.co, dan liputan6.com, Vice President Corporate Secretary & CSR PT Citilink Indonesia, Ranty Astari Rachman menegaskan, kabar tersebut tidak benar. Menurut dia, sejauh pemantauan manajemen dan hasil koordinasi di lapangan diketahui penerbangan pesawat yang dimaksudkan berjalan secara normal dan sudah mendarat selamat di Bandara Juanda Surabaya.

 

“Manajemen Citilink Indonesia memastikan keselamatan dan keamanan setiap penerbangan, dan hingga hari ini semua penerbangan berjalan secara normal,” ujar Ranty.

 

Sama halnya dengan klarifikasi manajemen Citilink, pihak Airnav pun memberikan klarifikasi dan menyatakan kabar pesawat Citilink hilang dari radar tidak benar. Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait menjelaskan, pesawat Citilink yang dimaksudkan tersebut bukanlah hilang melainkan melaporkan sinyal emergency frequensi 121.5Mhz hingga melewati ketinggian 8000ft pada pukul 11.13 WIB kepada Airnav Indonesia Semarang.

 

“Jadi bukan pesawat tersebut yang mengalami emergency, tetapi pesawat menerima sinyal emergency. Sesuai dengan prosedur, penerbang kemudian melaporkan kepada AirNav Indonesia. Pada kesempatan pertama, kami kemudian melaporkan kepada personil SAR Semarang perihal tersebut,” ujarnya.

 

Pada pukul 11.18 WIB, Yohanes melanjutkan, laporan pilot Citilink 801 setelah melewati 10.000ft sudah tidak mendeteksi signal tersebut.

 

“Sekali lagi kami sampaikan bahwa pesawat Citilink tidak mengalami kondisi emergency, namun pesawat menangkap sinyal emergency. Sesuai prosedur hal ini harus dilaporkan, dan kami kemudian meneruskan ke SAR,” tegas Yohanes.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.viva.co.id/berita/bisnis/1055426-citilink-tak-hilang-dari-radar-begini-kronologinya

https://www.merdeka.com/uang/kabar-pesawat-citilink-hilang-kontak-hoaks.html

https://bisnis.tempo.co/read/1108168/citilink-bantah-pesawatnya-hilang-kontak

https://www.liputan6.com/news/read/3592851/airnav-pesawat-citilink-hilang-kontak-tidak-benar