[SALAH] Robohnya Salah Satu Bangunan Cagar Budaya Kota Tua Jakarta

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan bangunan yang roboh bukan bagian dari cagar budaya. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Asiantoro juga menyatakan hal yang sama. “Tidak masuk SK 475 tahun 93 tentang penetapan bangunan bangunan bersejarah,” kata Asiantoro, Selasa (17/7/2018).

======

 

Kategori : MISINFORMASI

 

======

 

Sumber : Media Sosial Twitter https://twitter.com/arifinpribadi/status/1018717304710823936?ref_src=twsrc%5Etfw%7Ctwcamp%5Etweetembed%7Ctwterm%5E1018717304710823936&ref_url=https%3A%2F%2Fwww.liputan6.com%2Fcek-fakta%2Fread%2F3590580%2Fcek-fakta-kabar-robohnya-bangunan-cagar-budaya-di-kota-tua

 

Narasi :

 

@sandiuno @aniesbaswedan @SuaraAnies ini kalian ngapain aja ya , bangunan cagar budaya kota tua bisa lenyap ….entah aset apa yg akan lenyap di tangan kalian 4 tahun ke depan”

 

======

 

Penjelasan :

 

Sejumlah media nasional memberitakan perihal robohnya salah satu bangunan di area Kota Tua Jakarta. Bangunan yang roboh itu berlokasi di antara restoran Galangan Kapal VOC dengan Restoran Raja Kuring di Jalan Tongkol, Penjaringan Jakarta Utara.

 

Kabar tersebut membuat warganet berpikir dan berkomentar negatif terhadap kinerja pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, yang dianggap tidak mampu merawat cagar budaya yang terdapat di Jakarta.

 

Dalam foto yang beredar di media sosial, tampak lokasi tempat berdirinya bangunan di Kota Tua Jakarta rata dengan tanah.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno memastikan bangunan yang roboh bukan bagian dari cagar budaya.

 

“Itu tidak bagian dari cagar budaya, sekarang lagi diteliti itu bagian dari gedung di antara cagar budaya,” kata Sandi di kawasan Koja, Jakarta Utara, Minggu (15/7/2018).

 

Sandiaga mengatakan, timnya masih meneliti penyebab robohnya gudang itu. Namun, hasil penelitian sementara bangunan itu roboh karena faktor usia dan kurangnnya perawatan.

 

“Jadi sekarang tim ahli sedang menekuni karena rubuhnya diakibatkan tentunya usia juga perawatan, kita harapkan jangan mengubah tekstur dan kontur Kota Tua, karena ini yang sedang ingin kita revitalisasi ke depan,” jelas Sandi.

 

Dia memastikan robohnya gedung itu bukan karena kesengajaan atau dirobohkan.

 

“Bukan dirobohkan memang keadaannya roboh karena usia dan perawatan,” Sandi menegaskan.

 

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Asiantoro juga menyatakan hal yang sama.

 

“Tidak masuk SK 475 tahun 93 tentang penetapan bangunan bangunan bersejarah,” kata Asiantoro, Selasa (17/7/2018).

 

Beberapa syarat bangunan berhak menjadi cagar budaya adalah berusia minimal 50 tahun, memiliki nilai arsitektur, sejarah dan budaya. Menurut tim sidang pemugaran, bangunan itu tidak memiliki salah satu dari syarat tersebut.

 

“Karena enggak masuk syarat (cagar budaya). Hasil peninjauan memang gudang, yang dan mungkin dulu untuk kantor ya,” katanya

Sedangkan dua gedung di kanan-kirinya adalah cagar budaya karena masuk dalam syarat. Keduanya berasal dari periode abad 17-18 dan beberapa bagian masih berupa kayu.

 

“Yang (dibongkar) ini dari abad 19, sudah beton. Memang beda periode (dengan gedung di sampingnya) makanya tim sidang memutuskan boleh dibongkar karena beda periode,” ucapnya.

 

Selama kurang lebih empat bulan, pemilik mengajukan izin pemulihan gedung di Kawasan Kota Tua itu, namun lanjut Asiantoro, izin pembongkaran baru dikeluarkan usai tim sidang pemugaran memastikan gudang itu bukanlah cagar budaya.

 

Sedangkan untuk bangunan baru di bekas lokasi gudang tersebut, Asiantoro menyebut pemilik tidak boleh asal memilih desain. Bangunan baru nantinya harus serasi dengan lingkungan sekitar yakni kawasan cagar budaya.

 

“Mereka (pemilik) sudah punya desain, tapi kan desain harus serasi lingkungan. Tadinya desainnya semaunya nih minimalis, tapi tim pemugar bilang walau boleh bongkar tapi bangunan baru harus serasi lingkungan,” katanya.

Fact Checker : Levy Nasution

 

Referensi :

 

https://www.merdeka.com/jakarta/salah-satu-bangunan-roboh-di-kota-tua-dipastikan-bukan-cagar-budaya.html

 

https://megapolitan.kompas.com/read/2018/07/15/15141161/sebuah-bangunan-di-kota-tua-roboh-karena-faktor-usia-dan-tak-terawat

 

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/3590580/cek-fakta-kabar-robohnya-bangunan-cagar-budaya-di-kota-tua

 

About Levy Nasution 331 Articles
Journalist, traveller