[BERITA] “Insinyur Google dipukuli sampai tewas, 3 kritis dalam serangan penghakiman massa di India yang didorong oleh rumor ‘penculikan’

Waktu publikasi: 16 Juli 2018 02:18
Waktu sunting: 16 Jul, 2018 08:06

(foto)
FILE PHOTO © Ajay Verma / Reuters

Satu orang tewas dan tiga orang kritis setelah massa yang marah sejumlah 200 orang memukuli mereka dengan kejam, menanggapi panggilan publik untuk “bantuan” di mana kelompok orang itu salah diidentifikasi sebagai orang yang dicurigai sebagai penculik anak.
Insinyur perangkat lunak Google, Mohammad Azam, dipukuli hingga tewas sementara tiga lainnya, termasuk seorang warga Qatar, terluka parah oleh massa dengan jumlah besar atas rumor yang terinspirasi oleh WhatsApp yang memberi label kepada mereka “penculik anak.”

Tragedi ini terjadi pada hari Jumat, ketika Azam, bersama dengan tiga temannya, Mohammed Salman, Mohammed Salham-eid-al-Kubaisi dan Noor Mohammed, berhenti di sebuah toko dekat Balkut Tanda dalam perjalanan mereka ke Hyderabad. Melihat anak-anak provinsi berkeliaran, para pria itu tampaknya menawarkan cokelat ke mereka.

(video)

Namun, dengan desas-desus yang sedang berlangsung tentang geng penculik anak yang beroperasi di wilayah tersebut, penduduk setempat berasumsi bahwa orang-orang itu berusaha memancing anak-anak. Untuk mencegah apa yang mereka yakini sebagai upaya penculikan, pasukan bersenjata yang dibentuk secara buru-buru menyerang para pria tersebut.

Meskipun keempatnya berhasil lolos dari kekerasan awal, pesan WhatsApp dari serangan itu memicu tanggapan besar-besaran yang lebih lanjut. Orang-orang dari desa-desa sekitarnya langsung mengejar mobil empat orang itu dengan sepeda motor. Selama pengejaran, mobil itu keluar dari jalan dan jatuh ke sebuah gorong-gorong di luar desa Murki.

Massa mengepung kendaraan, menyeret empat orang ke tanah. Massa memukuli mereka dengan sangat keras menggunakan tinju, kaki mereka, batu dan tongkat, bahkan polisi yang datang untuk menyelamatkan tidak dapat meyakinkan kerumunan 200 orang untuk membubarkan diri. Setidaknya tiga petugas penegak hukum terluka dalam bentrokan itu.

Begitu kekerasan akhirnya berhenti, Azam menyerah pada lukanya saat dilarikan ke rumah sakit. Yang lain berjuang untuk hidup mereka di rumah sakit Hyderabad. Polisi menahan setidaknya 32 orang sehubungan dengan tindakan main hakim sendiri, 28 di antaranya ditangkap, menurut Inspektur Polisi D. Devaraja. Administrator grup WhatsApp, yang mengedarkan pesan ‘panggilan untuk bantuan’, termasuk di antara mereka yang ditempatkan dalam tahanan. Keluarga Azam sekarang menyerukan orang yang bersalah untuk menghadapi hukuman.

“Dia adalah seorang insinyur perangkat lunak yang bekerja dengan Google. Dia tampak sangat canggih dan terpoles dalam perilakunya. Bagaimana orang bisa mencurigainya menjadi penculik anak-anak? Jelas, bukan itu yang menjadi alasannya,” kata saudara Azam, Mohammad Akram. “Orang yang bersalah harus dihukum sehingga tidak ada orang lain yang tidak bersalah kehilangan nyawanya dengan cara ini.”

Dalam beberapa bulan terakhir, India telah menyaksikan sejumlah insiden ‘massa menghakimi’ yang dipicu oleh desas-desus media sosial mengenai sel-sel penculikan anak yang beroperasi di bagian-bagian tertentu negara itu. Di tengah pecahnya kekerasan seperti itu, pemerintah mendesak platform media sosial untuk menekan penyebaran pesan-pesan tersebut.”

(Google Translate Chrome extension, dengan penyesuaian seperlunya).

https://on.rt.com/9ac1