[BENAR] “Soda Susu Tak Dapat Bersihkan Paru – paru Perokok”

Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB menyatakan informasi bahwa soda susu dapat membersihkan paru – paru perokok adalah tidak benar adanya. “Mitos,” katanya, Kamis (12/7).

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :

“Mitos,” kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, Kamis (12/7).

=====

Penjelasan:

Informasi yang mengatakan soda susu dapat membersihkan paru – paru perokok sudah beredar sejak lama. Namun, isu tersebut kini muncul kembali.

Menanggapi itu, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB. menyatakan hal tersebut hanya,” mitos,” katanya, Kamis (12/7).

Dr. Ari menambahkan jika mengonsumsi soda berlebihan, dapat membahayakan mereka yang menderita sakit lambung.

Ia pun menyatakan bahwa dalam dunia medis, sesungguhnya tidak ada istilah paru – paru bersih dan paru – paru kotor. “Ya, kalau paru-parunya berlendir dan bermasalah, tentu akan menimbulkan dampak pada orang tersebut dan tentunya dia diminta untuk memeriksakan lebih lanjut ke tenaga medis. Jadi, stop percaya adanya istilah paru-paru kotor maupun paru-paru bersih,” tegas Dr. Ari.

Lebih lanjut Dr. Ari menjelaskan bahwa pola hidup yang sehat dengan tidak merokok, berada jauh dari sumber polusi, pun juga rutin berolahraga menjadi cara yang bisa dilakukan semua orang untuk mempunyai paru – paru yang baik. “Olahraga yang rutin dan mengonsumsi makanan yang sehat menjadi cara supaya Anda mendapatkan paru-paru yang sehat,” sarannya.

Terakhir, Dr. Ari pun meminta mulai dari sekarang sudah jangan percaya lagi dengan hoaks soda susu dan rokok. “Sudah, tidak ada lagi tawar-menawar mengenai hoax seperti ini,” imbuh.

=====

Referensi:
1. https://lifestyle.okezone.com/…/minum-soda-susu-bisa-bersih…
2. https://health.detik.com/…/minum-soda-susu-bisa-bersihkan-p…
3. http://www.metropolitan.id/2017/04/176221/