[SALAH] “KAHMI Menyelenggarakan Deklarasi Dukungan untuk Anies Baswedan sebagai Capres 2019 ”

Anggota Presidium KAHMI JAYA, Naufan Firman Yusrak membantah meme yang berisi informasi bahwa KAHMI akan mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2019. “Terkait beredarnya meme yang bertuliskan Deklarasi KAHMI di Balai Kota untuk Mas Anies sebagai calon presiden, saya pastikan itu adalah kabar bohong alias HOAX,” tulis Naufal di akun Twitternya seperti dikutip kumparan, Rabu (11/7).

=====

Sumber: Media Sosial

=====

Kategori: Hoaks

=====
Narasi :
UNDANGAN DEKLARASI DUKUNGAN KAHMI UNTUK CALON PRESIDEN ANIES Baswedan

KAMIS
12 JULI 2018
19.00-22.00 WIB
Bale Agung Balaikota DKI Jakarta
Jalan Medan Merdeka Selatan No.8-9
Jakarta Pusat

Hormat Kami
Majelis Nasional

Prof. Dr. R. Siti Zuhro, MA
Presidium

Drs. Manimbang Kahairady
Sekretaris Jenderal

=====

Penjelasan:
Beredar di media sosial Facebook dan Twitter, meme yang berupa undangan dari Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) terkait kegiatan deklarasi dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2019.

Undangan yang mengatasnamakan Presidium dan Sekretaris Jenderal KAHMI, Situ Zuhro dan Manimbang Kahairady segera dibantah oleh anggota Presiduim KAHMI Jakarta Raya (JAYA), Naufal Firman Yusrak. Menurutnya informasi yang disebarkan meme tersebut adalah bohong.

“Terkait beredarnya meme yang bertuliskan Deklarasi KAHMI di Balai Kota untuk Mas Anies sebagai calon presiden, saya pastikan itu adalah kabar bohong alias HOAX,” tulis Naufal di akun Twitternya seperti dikutip kumparan, Rabu (11/7).

Sebelumnya, Presidium KAHMI, Siti Zuhro pernah menyatakan bahwa KAHMI tidak berpolitik praktis. Meskipun demikian, sebagai warga negara dan insan cendekia, KAHMI memiliki kewajiban untuk turut membangun bangsa dan negara.

“KAHMI berkewajiban untuk menjaga dan merawat NKRI. Sebagai Muslim, KAHMI berkewajiban menegakkan amal makruf nahi munkar, termasuk dalam politik. Tetapi, politik KAHMI bukan politik praktis, melainkan politik moral yang menekankan pada nilai,” tegas Siti, Minggu (11/3).

=====
Referensi:
1. https://www.facebook.com/…/deklarasi+dukung…/keywords_search
2. https://twitter.com/search?q=deklarasi dukungan kahmi&src=typd
3. https://twitter.com/firmanyursak/status/1016724693707976704
4. https://kumparan.com/…/hoaxbuster-tidak-benar-kahmi-deklara…
5. https://nusantaranews.co/siti-zuhro-politik-kahmi-bukan-po…/