[SALAH] VIDEO SESEORANG MENINGGAL SAAT BANJIR AKIBAT SENGATAN LISTRIK DARI HP

 

Beredar luas informasi dan video melalui pesan berantai serta media sosial yang menunjukkan kejadian seseorang meninggal akibat terkena sengatan listrik. Menurut pesan yang beredar, disebutkan bahwa orang yang meninggal di dalam video tersebut diakibatkan terkena aliran listrik sebuah ponsel genggam. Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, informasi tersebut tidaklah sesuai dengan fakta yang ada.

KATEGORI : DISINFORMASI

===

SUMBER : MEDIA SOSIAL & PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI :

Waspada Jangan gunakan Hand Phone dan segera Matikan Hand Phone anda disaat juan dan berdiri di genangan air atau banjir disekitar tiang listrik, karena anda dapat tersengat aliaran lostrik akibat induksi HP dengan Eenergi Potensial yang bisa merambat kedalam air, walaupun hp anda water proved/tahan air, maka bisa berakibat fatal dan kematian.

Baru baru ini di Hongkong telah terjadi dan jatuh korban beberapa orang meninggal dunia akibat electrica shock.

Sebarkan dan peringatkan kepada seluruh keluarga dan teman teman anda.

===

PENJELASAN : Beredar luas informasi dan video melalui pesan berantai serta media sosial yang menunjukkan kejadian seseorang meninggal akibat terkena sengatan listrik. Menurut pesan yang beredar, disebutkan bahwa orang yang meninggal di dalam video tersebut diakibatkan terkena aliran listrik sebuah ponsel genggam.

Video berdurasi kurang lebih satu menit tersebut menggambarkan warga yang sedang berjalan di tengah hujan sambil bermain ponsel. Selang beberapa lama, warga tersebut jatuh tak sadarkan diri dan dinyatakan meninggal.

Namun setelah dilakukan penelusuran lebih lanjut, diketahui bahwa informasi tersebut tidak sesuai dengan fakta yang ada. Melansir dari malang-post.com, dibenarkan jika dalam video tersebut warga meninggal akibat serangan listrik. Informasi yang tidak benar adalah, bahwa warga meninggal akibat sengatan listrik yang berasal dari ponsel genggam.

Menurut salah seorang Alumnus Fakultas Teknik Elektro, Ade Maulana menjelaskan bahwa sangat kecil kemungkinan jika seseorang meninggal akibat terkena sengatan listrik yang berasal dari ponsel.

“Umumnya baterai HP tegangan maksimalnya 4,3 V minimal 2,8 V bisa saja mengeluarkan listrik, tetapi tidak sampai membuat orang meninggal. Kalau kaget sih iya. Yang bahaya yang lebih dari 20 V AC atau 60 V AC. Baterai HP Tidak sampai 10 V. Jadi itu hoax,” pungkas Ade Maulana.

===

REFERENSI :

https://malang-post.com/ragam/fakta/hoax-video-mati-tersengat-listrik-dari-hp

https://www.facebook.com/rifai.freeman/videos/1507459306025166/