[SALAH] Cawagub Jateng Taj Yasin Minta Sumbangan Pesta Rakyat Kemenangan Pasangan Ganjar-Yasin

“Kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah, saya Taj yasin ‘gus yasin’ tidak pernah mengajak masyarakat untuk pesta rakyat dan menggalang dana. Terimakasih. #gusyasin,” kata Yasin disertai tangkapan layar percakapan akun palsu yang meminta sumbangan, Kamis (5/7/2018).

 

======

 

Kategori : HOAKS

 

======

 

Sumber : Media Sosial Facebook https://www.facebook.com/taj.maimoenn

======

 

Penjelasan :

 

Sebuah akun Facebook mengatasnamakan calon wakil gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin berusaha meminta sumbangan melalui pesan Facebook.

 

Akun yang diketahui menggunakan nama “Taj Yasin Maimoenn” itu memang seolah asli walau ada 2 huruf “N” di nama “Maimoen”. Terdapat juga sejumlah foto dan akun itu berteman dengan 114 orang hingga malam tadi.

 

Taj Yasin menegaskan akun tersebut bukan miliknya alias palsu. Lewat akun pribadinya “Taj Yasin Maimoen”, ia melakukan klarifikasi bahwa dirinya tidak pernah mengajak masyarakat menggalang dana untuk pesta rakyat.

“Kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah, saya Taj yasin ‘gus yasin’ tidak pernah mengajak masyarakat untuk pesta rakyat dan menggalang dana. Terimakasih. #gusyasin,” kata Yasin disertai tangkapan layar percakapan akun palsu yang meminta sumbangan, Kamis (5/7/2018).

 

 

“Akun saya yang asli hanya satu, yang mengirim permintaan sumbangan penggalangan dana pesta rakyat itu akun palsu dan saya tidak pernah meminta-minta seperti itu. Kalau ada teman atau siapa pun yang dimintai tolong jangan dipercaya, itu murni pemalsuan,” katanya di Semarang, Jumat (6/7/2018).

 

Putra ulama karismatik Kiai Haji Maimoen Zubaer itu menyayangkan adanya pihak yang merugikan orang lain dan mencari keuntungan pribadi dengan cara menipu sekaligus memalsukan identitas orang lain.

 

Gus Yasin menegaskan segera berkoordinasi dengan tim dan aparat penegak hukum untuk mengungkap pemilik akun palsu tersebut.

 

“Saya kaget saat ada teman menanyakan penggalangan dana untuk pesta kemenangan Ganjar-Yasin, itu tidak benar,” ujar politikus Partai Persatuan Pembangunan itu lagi.

 

Modus penipuan yang digunakan akun palsu itu adalah mengirimkan pesan pada layanan “messenger” kepada sejumlah orang, kemudian meminta sumbangan dana untuk pesta rakyat kemenangan Ganjar-Yasin yang bisa disalurkan melalui beberapa nomor rekening bank.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://news.detik.com/jawatengah/4101024/hati-hati-ada-akun-fb-catut-taj-yasin-minta-sumbangan-palsu

 

http://rilis.id/hati-hati-akun-facebook-taj-yasin-palsu-minta-sumbangan-pesta-rakyat

 

https://www.merdeka.com/peristiwa/akun-facebook-taj-yasin-dipalsukan-untuk-minta-sumbangan-pesta-rakyat.html

 

https://www.suara.com/news/2018/07/06/105508/lewat-fb-akun-taj-yasin-maimoenn-gentayangan-minta-sumbangan

 

About Levy Nasution 385 Articles
Journalist, traveller