[BENAR] Polisi Membubarkan Parade LGBT di Istanbul, Turki

Berdasarkan berita di media dan verifikasi lokasi, acara tersebut memang benar berlangsung di Instanbul. Selengkapnya di bagian REFERENSI.

======

KATEGORI

Klarifikasi.

======

SUMBER

Pertanyaan dari salah satu anggota FAFHH.

======

REFERENSI

(1) telegraph.co.uk: “Pawai kebanggaan gay Istanbul dipukul dengan gas air mata saat polisi Turki mencoba memberlakukan larangan

(video)

by Agence France-Presse
2 JULI 2018 • 2:00 PAGI

Kelompok hak asasi manusia dan aktivis mendesak maju dengan parade Istanbul Pride pada hari Minggu meskipun pemerintah Turki melarang acara tersebut untuk tahun keempat dalam satu tahun .

Sekitar 1.000 orang berkumpul di dekat Istiklal Avenue dan Taksim Square yang terkenal di kota itu, tempat penyelenggara ingin awalnya mengadakan pawai.

Para aktivis membuka bendera pelangi besar sementara pernyataan pers dibacakan di tengah pengamanan ketat di daerah itu.

Namun polisi kemudian memperingatkan para aktivis untuk membubarkan dan menggunakan peluru karet terhadap beberapa orang yang mencoba mengakses Istiklal Avenue.

Amnesty International di Turki kemudian mengatakan di Twitter bahwa 11 orang telah ditahan karena meminta polisi untuk “segera” membebaskan mereka. Kelompok hak asasi manusia juga mengatakan gas air mata telah digunakan terhadap beberapa aktivis.

(foto)
Aktivis hak LGBTI berjalan saat orang-orang berbaris pada hari Minggu di Istanbul CREDIT: AFP

Gubernuran Istanbul mengatakan penyelenggara bahwa pejabat “tidak bisa mengambil langkah-langkah untuk mengamankan keselamatan mereka dan tidak menemukan yang tepat untuk Kebanggaan Walk berlangsung”, menurut sebuah pernyataan dari Istanbul LGBT + Kebanggaan Minggu di Facebook Jumat.

Kantor gubernur Istanbul tidak mengeluarkan pernyataan publik tentang acara tersebut.

“Gubernur mengutip alasan keamanan dalam keputusannya untuk melarang pawai dan dalam satu kata, ini lucu. Pawai kami berlangsung dengan damai tanpa dilarang selama 13 tahun,” kata penyelenggara dalam sebuah pernyataan pers di Facebook beberapa jam sebelum pawai.

(foto)
Para pendukung LGBT lari dari polisi di Istanbul CREDIT: GETTY

“Kami LGBTI + (lesbian, gay, biseksual, transgender, interseks) berada di sini dengan kebanggaan kami meskipun semua upaya sia-sia untuk mencegah kami dan kami tidak mengenali larangan ini,” tambah mereka.

“Orang-orang tidak takut, penjaga toko tidak takut. Namun, gubernur takut, polisi takut. Mereka berpikir bahwa mereka dapat menahan kebebasan dengan barikade yang mereka pasang dan gas air mata,” kata seorang aktivis di pawai itu kepada AFP.

Reli tahunan adalah acara LGBT yang paling penting dalam sebuah negara Muslim di wilayah tersebut.

(foto)
Polisi anti huru hara Turki bentrok dengan aktivis hak LGBT, CREDIT: AFP

Gubernuran Ankara, pada hari Kamis melarang pemutaran 2014 Film “Kebanggaan” yang diselenggarakan oleh kelompok komunis LGBT, mengatakan acara seperti itu bisa “menghasut kebencian dan permusuhan”.

Kantor gubernur menambahkan bahwa mungkin ada “bahaya terhadap keselamatan publik”.

Pemerintahan ibukota pada November mengeluarkan larangan untuk acara LGBT tetapi kelompok-kelompok hak gay mengatakan mereka akan mengambil tindakan hukum terhadap perintah tersebut.

Meskipun homoseksualitas adalah legal di Turki, individu LGBT sering mengutip pelecehan dan pelecehan.”

Google Translate Chrome plugin, tautan ke laman dengan bahasa asli (English): http://bit.ly/2NxlSRu.

——

(2) http://bit.ly/2u0JKVj, @MikiTakesPhotos: “Photos from today’s pride march in Istanbul, despite being banned by the government. #OnurYürüyüşü #Pride”.

——

(3) http://bit.ly/2zfrTyY, @allout: “On 29 June 2018, #IstanbulPride was banned for the fourth year in a row.

On Sunday, 1 July, organisers were allowed to gather in public for a rare and precious moment of strength and solidarity.

These #IstanbulPride pictures were taken moments before police
stormed the march.”

——

(4) http://bit.ly/2KTtJXG, Google Street View: “14 Mis Sk. Istanbul” (Bar Rasputin).

——

(5) http://bit.ly/2lZ8HMg, @andrewegardner: “Despite the ban and 100s of police with dogs and tear gas chasing spontaneous assemblies, crowds came out to celebrate the #IstanbulPride 2018 and outwitted the authorities. The 11 detained should be released immediately.”

——

(6) http://bit.ly/2KE2Uuz, @ChristensenLene: “🌈🌈🌈 flags raised in Mis street during #Istanbulpride right now. People are cheering of joy and dansing in the street. #OnurYürüyüşü #pride”.

——

(7) http://bit.ly/2tV0PQz, Google Street View: “18 Mis Sk. Istanbul” (ADDRESS restaurant cafe & bar).

======

Sumber: https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/680718455594026/