[SALAH] Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah KH Abd Rohman Qomari Meninggal Dunia

Kabar yang beredar di media pesan Whatsapp mengenai telah meninggalnya KH Abd Rohman Qomari, pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah di Kota Malang, adalah tidak benar. Dilansir dari malang-post.com dan timesindonesia.co.id, Sekretaris Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Malang Asif Budairi mengatakan, pihak PCNU Kota Malang sudah melakukan pengecekan langsung ke pesantren Darul Falah dan menemui KH Abd Rohman Qomari masih sehat. “Alhamdulillah beliau sehat wa afiat. Pengurus PCNU dan pengurus MWC NU Blimbing sudah bertemu kiai. Beliau sehat. Bahkan saat pengurus NU datang, kiai sedang santai di teras rumah beliau,” ungkapnya.

 

=====

 

Kategori: Hoaks

 

=====

 

Sumber: Pesan Berantai Media Pesan Whatsapp

 

=====

 

Narasi:

 

Assalamualaikum wr.wb.

BERITA DUKA

اِنَّالِلّهِ وَاِنَّااِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ

Telah meninggal dunia guru kita Romo Yai Abd. Rohman pengasuh PP DARUL FALAH Kenongo, Blimbing, Malang.

Semoga diberi ketabahan bagi keluarga yang ditinggaalkan.

أمين

 

=====

 

Isi Penjelasan Lengkap:

 

Pesan berantai beredar melalui media pesan Whatsapp menyebutkan kalau KH Abd Rohman Qomari, pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah, Plaosan, Kecamatan  Blimbing, Kota Malang telah meninggal dunia. Atas beredarnya pesan tersebut, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Kota Malang melakukan pengecekan dengan mendatangi langsung pesantren Darul Falah dan diketahui bahwa informasi tersebut adalah hoaks atau kabar bohong.

 

Dilansir dari malang-post.com dan timesindonesia.co.id, Sekretaris PCNU Kota Malang Asif Budairi mengatakan, pihak PCNU Kota Malang sudah melakukan pengecekan langsung ke pesantren Darul Falah dan menemui KH Abd Rohman Qomari masih sehat.

 

“Alhamdulillah beliau sehat wa afiat. Pengurus PCNU dan pengurus MWC NU Blimbing sudah bertemu kiai. Beliau sehat. Bahkan saat pengurus NU datang, kiai sedang santai di teras rumah beliau,” ungkapnya.

 

Atas beredarnya kabar tersebut PCNU Kota Malang membuat pengumuman terbuka. Berikut kutipan penguman terbuka tersebut:

 

[…] Kabar Hoax KH Abd Rohman Qomari Wafat

 

_Sehubungan beredarnya kabar bahwa KH Abd Rohman Qomari, pengasuh PP Darul Falah Jl Teluk Grajakan Blimbing Kota Malang, meninggal, PCNU Kota Malang memastika  kabar tersebut palsu alias hoax. Pengurus PCNU dan MWC Blimbing telah bertemu Kiai dan beliau dalam keadaan sehat wal afiat.

Demikian informasi ini disampaikan pada nahdliyin dan masyarakat pada umumnya._

 

Malang, 4 Juli 2018

 

Ttd

PCNU Kota Malang […]

 

Dibuatnya pengumuman terbuka tersebut, menurut Asif, untuk menenangkan masyarakat dari kabar bohong yang beredar. “Pengumuman ini kami sampaikan agar masyarakat tidak resah dengan kabar bohong yang beredar,” ucap Asif.

 

=====

 

Referensi:

 

https://www.malang-post.com/ragam/fakta/hoax-pengasuh-ponpes-darul-falah-dikabarkan-meninggal

https://www.timesindonesia.co.id/read/175531/20180704/181010/hoaks-beredar-kabar-kiai-abd-rohman-qomari-wafat/