[BENAR] “Kepolisian Bantah Telah Menangkap Pelaku Jambret di Cempaka Putih”

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Komisaris Besar (Kombes), Roma Hutajulu dan Kapolsek Cempaka Putih, Komisaris Rosiana membantah informasi dari media sosial Instagram yang mengatakan pelaku jambret Cempaka Putih telah ditangkap. Keduanya menegaskan kabar itu bohong atau hoaks dan pihaknya telah menggiatkan operasi preman untuk menangkap pelaku.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
1. “Hoax itu. Sabar dan doakan saja,” ujar Kombes Roma, Rabu (4/7).

2. “Iya identitas sudah dikantongi, kami masih lakukan penyelidikan mas,” kata Komisaris Rosiana, Rabu (4/7).

=====

Penjelasan:
Penjambretan di Cempaka Putih yang memakan korban nyawa Warsilah (37) tak lepas dari kabar bohong atau hoaks. Disebutkan akun Instagram @jakarta_terkini bahwa penjambret Warsilah telah tertangkap melalui postingan, Minggu (1/7).

Foto yang diposting oleh @jakarta_terkini yang menggambarkan seseorang ditelanjangi dengan dikelilingi beberpa ojek online, diberi keterangan sebagai berikut;

‘Pelaku penjambretan Cempaka Putih berhasil ditangkap. Pelaku berhasil ditangkap di sekitar Matraman, pelaku saat ini diamankan di Polsek Kayu Manis Jakarta Timur, untuk data diri pelaku saat ini masih dalam penyelidikan kepolisian dan menunggu rilis resmi dari Polda Metro.’

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Roma Hutajulu angkat bicara terkait informasi. Ia menyatakan kabar tersebut tidak benar atau bohong.

“Hoax itu, sabar dan doakan saja,” ujar Kombes Roma, Rabu (4/7).

Meski begitu, Kapolsek Cempaka Putih, Komisaris Rosiana menerangkan bahwa pihaknya telah memegang identitas pelaku jambret di Cempaka Putih. “Iya identitas sudah dikantongi, kami masih lakukan penyelidikan Mas,” imbuhnya.

Lebih lanjut Komisaris Rosiana menargetkan dapat menangkap pelaku penjambretan sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018. Terkait ini Kapolda Metro Jaya pun telah memberikan instruksi untuk menggelar operasi preman, terhitung sejak tanggal 3 Juli hingga 3 Agustus 2018.

“Operasinya baru digelar tadi malam,” kata Komisaris Rosiana.

“Giat itu sudah merupakan suatu wujud bahwa kita benar-benar untuk mengatasi kejahatan jalanan ini. Mohon doa restunya agar tersangka bisa kita tangkap secepatnya,” tutur Komisaris Rosiana.

=====
Referensi:
1. http://wartakota.tribunnews.com/…/beredar-info-penjambret-s…
2. https://kriminologi.id/…/polisi-pasang-target-tangkap-penja…
3. https://www.liputan6.com/…/warganet-kutuk-aksi-penjambretan…