[BENAR] Klarifikasi Uang Rp 30 Milyar yang Mengapung di Laut Pasca Musibah Kandasnya Kapal Motor Lestari Maju

“Sekadar klarifikasi, yang mengapung di laut adalah mi instan, bukan uang,” kata Auditor Bank BPD Sulselbar Wahyu seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/7/2018).

 

======

 

Kategori : KLARIFIKASI

 

 

======

 

Sumber : Media Sosial

 

======

 

 

Penjelasan :

 

 

Beredar foto yang memperlihatkan hamburan uang sebesar Rp 30 Miliar yang mengapung di laut di sekitar lokasi kandasnya Kapal Motor (KM) Lestari Maju di perairan Selayar, Makassar, telah viral di media sosial.

 

 

Uang senilai Rp 30 miliar tersebut untuk pembayaran gaji Aparatur Sipil Negara (ASN), yang disimpan di dalam mobil Bank Sulselbar yang ada di KM Lestari Maju saat kapal tenggelam karena kerusakan mesin dalam perjalanan menuju Pelabuhan Pematata Selayar.

 

Auditor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar, Wahyu, dalam keterangan persnya, Rabu (4/7), menyatakan uang tersebut dalam kondisi aman, seperti dikutip dari Antara.

 

“Uang masih tersegel dalam plastik uang dan tersimpan peti dan berada dalam mobil yang tertutup (terkunci),’ ungkapnya.

 

“Sekedar klarifikasi yang mengapung di laut adalah mie instan bukan uang,” katanya.

 

Dia mengatakan saat ini dua petugas yang ditugasi mengantar uang, seorang petugas keamanan dan seorang pengemudi, masih berada di dalam kapal bersama mobil pembawa uang tersebut.

 

Ia menambahkan bahwa uang dan kendaraan untuk mengantar uang itu dalam pertanggungan asuransi.

 

Kepala Divisi Treasury Bank Sulselbar, Irmayanti Sultan mengklarifikasi beberapa foto yang beredar luar di dunia maya itu.

 

Yanti begitu panggilan akrabnya menjelaskan jika foto yang beredar itu hoax. “Fotonya hoax ya. Kalau uang dalam kapal tenggelam KM Lestari Maju benar. Saat ini uang senilai Rp 30 miliar itu masih ada dalam kapal,”ujarnya, dikutp dari Makassar Terkini.

Fact Checker : Levy Nasution

Referensi :

 

https://www.antaranews.com/berita/723937/uang-rp30-miliar-di-km-lestari-maju-selamat

 

https://makassar.terkini.id/beredar-foto-diduga-uang-bank-bpd-mengapung-di-laut-irmayanti-hoax-itu/

 

https://kumparan.com/@kumparannews/benda-merah-yang-mengapung-di-laut-bukan-uang-rp-30-m-tapi-mi-instan-27431110790538180

 

About Levy Nasution 301 Articles
Journalist, traveller