[BENAR]: Kemenhub Mengklarifikasi Kapal Feri Lestari Maju Sengaja Dikandaskan, Bukan Tenggelam

Foto: Tribunnews.com

Debunk ini berisi sebuah pernyataan atau klarifikasi dari Kemenhub Agus H purnomo terkait insiden kapal feri Lestari Maju yang kandas pada 3 juli 2018 kemarin. Laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk dan oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo dalam siaran pers, Selasa.

======

[KATEGORI]: KLARIFIKASI

======

[SUMBER]: MEDIA DARING

======

[PENJELASAN]:

Musibah kapal karam kembali terjadi dan merenggut korban jiwa. Kali ini terjadi di perairan Selayar, Sulawesi selatan pada Selasa (3/7/2018) siang.

Namun, Kemenhub memastikan KM Lestari Maju sengaja dikandaskan dan tidak tenggelam seperti informasi yang beredar di luar. Kapal penyebrangan tersebut dikandaskan di perairan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan pada Selasa (3/7) pukul 14.30 WITA.

“Laporan yang disampaikan dari Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Bulukumba disebutkan bahwa kapal tersebut kemasukan air karena cuaca buruk dan oleh nakhoda kapal sengaja dikandaskan agar tidak tenggelam dan memudahkan evakuasi para penumpangnya,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus H Purnomo dalam siaran pers, Selasa.

Kapal yang dinakhodai Agus Susanto itu membawa 139 orang penumpang dan dikandaskan sekitar 300 meter dari Pantai Pabadilang, Selayar.

Kapal jenis Ro-Ro yang melayani lintas penyeberangan Bira-Pamatata tersebut juga membawa kendaraan roda dua sebanyak 18 unit, kendaraan roda empat sebanyak 14 unit, kendaraan golongan lima sebanyak 8 unit, dan kendaraan golongan enam sebanyak delapan unit dengan jumlah total seluruhnya 48 unit kendaraan.

Selain itu, Uang berjumlah Rp 30 miliar juga ikut tenggelam dalam musibah pelayaran KM Lestari Maju di perairan Selayar. Uang tersebut rencananya akan digunakan oleh pemerintah daerah setempat untuk membayar gaji ke 13 Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat.

Hingga saat ini, Korban meninggal dunia akibat kandasnya kapal KM Lestari Maju di perairan Selayar bertambah menjadi 27 orang. Keluarga korban terus memadati posko yang berada di Pelabuhan Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

======

REFERENSI:

https://regional.kompas.com/read/2018/07/03/18483171/kemenhub-kapal-feri-lestari-maju-sengaja-dikandaskan-bukan-tenggelam

http://aceh.tribunnews.com/2018/07/04/kemenhub-sebut-ini-alasan-km-lestari-maju-sengaja-dikandaskan-oleh-nahkodanya

https://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/07/04/pbbs6s430-nahkoda-km-lestari-maju-menjadi-orang-terakhir-dievakuasi

https://news.detik.com/berita/4096914/korban-meninggal-km-lestari-maju-jadi-27-orang