[BENAR] “Video Transmart Bocor dengan Kucuran Air yang Deras dan Banjir Kecoklatan bukan di Yasmin dan Duta Mall”

Pihak Transmart Yasmin, Bogor dan Duta Mall, Banjarmasin membantah video peristiwa bocor dengan kucuran air yang deras dan banjir kecoklatan. Faktanya video yang beredar melalui pesan berantai Whatsapp dan Youtube tersebut terjadi di Transmart Jakarta Barat.

=====

Sumber: Media Daring

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Narasi :
1. “Itu bukan di kami, itu hoax, di kami ada juga kejadian pada hari minggu tapi tidak sperti yang di dalam video itu, tidak ada air sebesar itu dan genangan air,” ujar Corporate Communications GM Transmart Carrefour Tajur, Satria Hamid,” Selasa (26/6).

2. “Tempatnya itu beda, bukan di Banjarmasin. Dilihat dari tiangnya aja beda. Kalau di Transmart Banjarmasin ini kan baru aja dibuka, jadi tiangnya masih polos. Kalau di video itu tiangnya bentuk kotak, dan sudah banyak ada stiker tulisan,” ujar Security yang berjaga di lantai 1 Transmart Duta Mall, Vijali,” Kamis (28/6).

=====

Penjelasan:
Beredar video pusat perbelanjaan Transmart mengalami bocor yang deras dan banjir kecoklatan yang beredar melalui pesan berantai Whatsapp dan Youtube. Peristiwa dalam video disebutkan terjadi di Transmart Yasmin, Bogor dan Transmart Duta Mall, Banjarmasin.

Namun faktanya, kabar yang mengatakan bocor dan banjir di dua Transmart tersebut adalah tidak benar. Pihak Transmart Yasmin dan Duta Mall telah membantahnya.

Corporate Communications GM Transmart Carrefour Tajur, Satria Hamid mengatakan bahwa video tersebut tidak benar atau hoaks. “Itu bukan di kami, itu hoax, di kami ada juga kejadian pada hari minggu tapi tidak seperti yang di dalam video itu, tidak ada air sebesar itu dan genangan air,” ujar Corporate Communications GM Transmart Carrefour Tajur, Satria Hamid,” Selasa (26/6).

Satria menambahkan bahwa kejadian di Transmart Yasmin hanya ada kucuran air dan tidak mengenai pengunjung. “Di kami itu kejadian hari minggu saat hujan besar, sudah lama tidak hujan besar kan itu hujan besar sekali, dan tidak ada kocoran seperti air terjun atau genangan air seperti penuh itu, jadi pas ada kucuran air itu langsung kita tangani dan semua sudah normal, Alhamdulillah tidak ada complain juga karena tidak ada korban juga dari pengunjung dan pengunjung juga langsung berbelanja kembali,” kata Satria.

“Iya itu karena hujan besar disaluran utama ada sedikit sumbatan tapi langsung kita tangani dan sekarang semua sudah selesai tidak ada masalah, pengunjung juga sudah kembali berdatangan,” tambah Satria.

Sementara pihak Security Transmart Duta Mall, Vijali membantah kalau video itu terjadi di tempatnya bekerja. “Tempatnya itu beda, bukan di Banjarmasin. Dilihat dari tiangnya aja beda. Kalau di Transmart Banjarmasin ini kan baru aja dibuka, jadi tiangnya masih polos. Kalau di video itu tiangnya bentuk kotak, dan sudah banyak ada stiker tulisan,” ujar Vijali, Kamis (28/6).

Vijali pun menjelaskan, video Transmart mengalami kucuran air yang deras dan banjir kecoklatan itu juga beredar di grup Whatsaap pihak Transmart Duta Mall. Namun Ia menyatakan bentuk atapnya memang agak sama.

“Di grup WA kami juga ada beredar video itu, tapi kami juga belum itu di daerah mana. Bentuk atap Transmart memang agak mirip dimana aja,” kata Vijali.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata Transmart yang mengali kebocoran dengan kucuran air yang deras dan banjir kecoklatan terjadi di Transmart, Jakarta Barat.

=====

Referensi:
1. https://www.youtube.com/watch?v=vnfn27YJjfM
2. https://www.youtube.com/watch?v=jEDEtBN5K4M
3. https://www.youtube.com/watch?v=N90mGu8Dyg8
4. http://bogor.tribunnews.com/…/beredar-video-banjir-di-dalam…
5. http://banjarmasin.tribunnews.com/…/beredar-video-di-medsos…
6. http://www.radarbogor.id/…/viral-video-transmart-yasmin-bo…/
7. https://bogor.pojoksatu.id/…/saluran-talang-transmart-yasmi…