[BENAR] Kemendagri Tidak Pernah Mengeluarkan dan Mengedarkan Surat Pembekalan CPNS Tahun 2018

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan klarifikasi atas tersebarnya surat pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mengatasnamakan instansi tersebut. Dilansir dari kemendagri.go.id, indopos.co.id, dan daulat.co, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, menegaskan bahwa surat yang mengatasnamakan panitia pembekalan CPNS Kemendagri adalah palsu. “Itu hoaks. Tidak ada pembekalan CPNS. Apalagi selama lima tahun, Kemendagri tidak menerima CPNS. Surat itu dipastikan hoax, surat palsu. Itu surat untuk modus penipuan. Ini murni modus kriminal tindakan penipuan,” ujar Bahtiar.

=====

Kategori: Klarifikasi

=====

Isi Klarifikasi Lengkap:

Sempat beredar di masyarakat surat mengatasnamakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Isi surat tersebut ialah perihal pembekalan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kemendagri. Atas beredarnya surat tersebut, Kemendagri memberikan klarifikasi bahwa surat tersebut adalah palsu.

Dilansir dari kemendagri.go.id, indopos.co.id, dan daulat.co, Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar, menegaskan bahwa surat yang mengatasnamakan panitia pembekalan CPNS Kemendagri adalah palsu. “Itu hoaks. Tidak ada pembekalan CPNS. Apalagi selama lima tahun, Kemendagri tidak menerima CPNS. Surat itu dipastikan hoax, surat palsu. Itu surat untuk modus penipuan. Ini murni modus kriminal tindakan penipuan,” ujar Bahtiar.

Bahtiar mengatakan, kini pihak kementerian, melalui Biro Hukum Kemendagri, tengah menyiapkan laporan pengaduan ke pihak kepolisian. Adapun, ia mengimbau agar masyarakat jangan percaya berita hoaks seperti itu. Lebih baik, Bahtiar mengatakan, jika memang ada informasi tentang kementerian hendaknya ditanyakan langsung secara resmi.

“Pasti di jawab dan ditindaklanjuti. Surat ini palsu dan tidak benar. Ini akan lacak penyebar surat ini untuk laporkan ke polisi. Karo Adpim sudah buat radiogram ke daerah agar tidak mengindahkan surat tersebut. Itu surat palsu dan bila didatangi oknum segera laporkan polisi,” kata Bahtiar.

Dalam surat yang beredar itu ada hal yang janggal bila diperhatikan, yakni mengatasnamakan Direktorat Jenderal Kepegawaian dan Pemerintahan Umum. Menurut Bahtiar, di Kemendagri tidak ada direktorat tersebut, yang ada adalah Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum. “Ini murni tindakan penipuan,” katanya.

Disebutkan juga dalam surat tersebut permintaan biaya kepada peserta CPNS untuk membayar uang sebesar Rp3,5 juta. Uang tersebut diminta untuk dikirimkan ke rekening atas nama Andi Andriyansah dengan nomor rekening 0350734419 Bank BNI. Selain itu, surat tersebut mencatut nama Sekjen Kemendagri, Hadi Prabowo, untuk lebih meyakinkan.

Bahtiar kembali menegaskan, bahwa surat tersebut murni penipuan karena Kemendagri dalam lima tahun belakangan tidak mengadakan penerimaan CPNS. “Setahu saya, dalam 5 tahun terakhir ini di lingkungan Kemendagri tidak ada penerimaan CPNS,” pungkasnya.

=====

Referensi:

http://www.kemendagri.go.id/news/2018/06/24/surat-pembekalan-cpns-kemendagri-modus-penipuan

Waspada HOAX! Beredar foto surat edaran palsu mengatasnamakan Kemendagri yg melaksanakan pembekalan CPNS dimana peserta…

Posted by Kemendagri_RI on Sunday, June 24, 2018

https://www.indopos.co.id/read/2018/06/24/142091/kemendagri-pastikan-informasi-pembekalan-cpns-hoax

Palsu, Surat Penerimaan CPNS Kemendagri