[SALAH] Alfamart Bagi-bagi Voucher Jutaan Rupiah

Debunk ini berisi informasi yang beredar di media sosial yang menyebutkan bahwa Alfamart membagi-bagikan voucher belanja senilai jutaan rupiah jika berhasil menjawab pertanyaan pada situs https://nextpromo.club/id-alfa. Setelah ditelusuri, informasi tersebut adalah hoax setelah dikonfirmasi oleh pihak Alfamart lewat akun instagramnya.

======

[KATEGORI]: HOAX

======

[SUMBER]: MEDIA SOSIAL

======

[PENJELASAN]:

Belum lama ini, beredar sebuah pesan berantai yang membagikan link https://nextpromo.club/id-alfa. Dalam link tersebut berisi bahwa Alfamart untuk hari peringatannya memberi voucher gratis total Rp 3.000.000. Cepat, yang bagus terbatas. Saya baru saja mendapatkan di https://nextpromo.club/id-alfa.”

Inilah pesan berantai yang kembali beredar melalui aplikasi WhatsApp (WA). Setelah link web tersebut diklik, akan muncul tulisan lagi.

Pesan berantai yang janggal dan aneh ini, dipastikan hoax oleh manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Pasalnya, dalam website resminya, Alfamart tidak pernah membuat kuis voucher gratis seperti ini.

Dalam akun instagram resminya juga Alfamart membantah informasi yang beredar luas di media sosial tersebut.

“Kami mohon masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah atau voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami,” ujar Ivan Hermawan, Corporate Communication GM Alfamart.

Perusahaan Alfamart telah melaporkan hoax ini melalui surat elektronik kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Tujuannya, untuk memblokir situs tersebut dan menyatakan bahwa situs tersebut hoax yang dapat merugikan dan menyesatkan masyarakat secara luas.

Alfamart memastikan bahwa perusahaan tidak menyelenggarakan survey secara online, terlebih dengan iming-iming memenangkan voucher senilai tersebut.

Masyarakat juga diharapkan waspada apabila mendapatkan tawaran seperti ini. Sebab, semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com, akun media sosial Facebook www.facebook.com/alfamartku, Instagram www.instagram.com/afamart dan Twitter www.twitter.com/alfamart.

======

REFERENSI:

https://www.malang-post.com/…/hoax-alfamart-bagi-voucher-ju…