“Pemprov DKI Jakarta Menggratiskan Masuk Tempat Wisata dan Beberapa Pelayanan Publik dalam Rangka Memperingati Hari Jadinya”

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno membantah kabar yang mengatakan pihaknya akan menggratiskan biaya masuk beberapa tempat wisata dan pelayanan publik mulai 20 hingga 24 Juni mendatang dalam rangka menyemarakan HUT ke-491 Kota Jakarta. “Itu hoax ya,” tegas Sandiaga, Rabu (20/6).

=====

Sumber: Pesan Berantai Whatsapp dan Media Sosial Facebook

=====

Kategori: Hoaks

=====
Narasi :

“Menyemarakkan HUT ke-491 Kota Jakarta, Pemerintah Provinsi (Pemprov DKI)

menggelar program “Jakarta Tersenyum”. Tempat rekreasi atau wisata seperti Ancol,Tmii Monas, dan Ragunan digratiskan mulai 20-24 Juni 2018 mendatang.

Kepala Bidang Informasi Publik, Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta, masuk gratis ke sejumlah tempat wisata seperti Ancol, Ragunan.Tmii dan Monas. “Beberapa tempat wisata dan pelayanan publik akan digratiskan selama satu pekan,

Dikatakan Cucu, tanggal 20 Juni 2018, pihaknya akan menggratiskan masuk kolam renang yang ada di seluruh gelanggang remaja di Jakarta. Lalu, pada 21 Juni 2018 pihaknya menggratiskan warga untuk masuk ke kawasan wisata Monas. “Tepat di tanggal 22 Juni atau bersamaan dengan hari ulang tahun Kota Jakarta, kami menggratiskan warga Jakarta masuk Ancol,” sambungnya
Layanan Transjakarta gratis di seluruh koridor yang ada.

Bukan itu saja, pelayanan gratis juga saat mengurus akta kelahiran bagi bayi yang lahir pada 18 Juni. Sedangkan pemeriksaan gula darah gratis di seluruh RSUD di Jakarta akan dilangsungkan pada 19 Juni. Masih di hari yang sama, warga juga dapat menikmati layanan cabut gigi gratis di 44 puskesmas tingkat kecamatan.”

=====
Penjelasan:

Jelang HUT DKI Jakarta ke – 491 yang jatuh pada 22 Juni nanti tentu akan banyak agenda yang diselenggarakan oleh Pemprov terkait. Namun mirisnya, momentum ini diciderai oleh penyebaran berita bohong atau hoaks yang berpotensi merugikan banyak pihak.

Pada kali ini tersebar hokas bahwa Pemprov akan menggelar program ‘Jakarta Tersenyum’. Dengan menyatut nama Institusi Dinas Komunikasi Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta, dalam hoaks tersebut dikatakan terdapat program masuk gratis ke tempat wisata, seperti Ancol, Ragunan, TMII dan Monas pada 20 hingga 24 Juni mendatang.

Bukan itu saja, dalam hoaks tersebut juga dijelaskan akan menggratiskan masuk kolam renang di seluruh gelanggang remaja di Jakarta. Kemudian menggratiskan layanan Transjakarta di semua koridor, juga gratis pengurusan akte kelahiran bagi bayi yang lahir pada 18 Juni. Ditambah lagi gratis pemeriksaan gula darah di seluruh RSUD dan layanan cabut gigi gratis di 44 puskesmas tingkat kecamatan.

Menyikapi kabar hoaks yang terus berkembang dan meresahkan masyarakat DKI Jakarta ini, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, dan Statistika, Dian Ekowati telah memberikan bantahannya. Menurutnya informasi hoaks tersbut adalah daur ulang dari berita tahun 2012.

“Itu berita copas (copy-paste) dari berita tahun 2012 di Pos Kota,” ujar Dian, Selasa (19/6).

Pernyataan Dian ini pun diperkuat oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno. “Itu hoax ya,” tegas Sandiaga, Rabu (20/6).

Senada, pengelola ragunan melalui akun Twitter resminya @ragunanzoo juga membantah kabar penggratisan masuk tempat wisata yang ada dibilangan Jakarta Selatan itu. “Diberitahukan kepada Masyarakat / Pengunjung bahwa, terkait adanya pemberitaan MASUK GRATIS ke Taman Margasatwa Ragunan tanggal 20 s.d 24 juni 2018 bahwa Berita tersebut TIDAK BENAR. Pengelola TMR tetap mengenakan tarif masuk sebagaimana biasa.”,
tulis pengelola dalam cuitannya, Selasa (19/6).

=====
Referensi:
1. https://megapolitan.kompas.com/…/hoaks-tempat-wisata-dan-tr…
2. http://jakarta.tribunnews.com/…/sejumlah-tempat-wisata-dika…
3. https://twitter.com/ragunanzoo/status/1008993239922143234
4. https://www.cnnindonesia.com/…/ragunan-bantah-hoax-tiket-gr…
5. https://www.facebook.com/lidya.puji.146/posts/397251124126613